Simak Kisah Inspiratif Para Perempuan Pengusaha Brand Lokal di Tokopedia

Simak Kisah Inspiratif Para Perempuan Pengusaha Brand Lokal di Tokopedia
UMKM

Simak Kisah Inspiratif Para Perempuan Pengusaha Brand Lokal di Tokopedia

Simak Kisah Inspiratif Para Perempuan Pengusaha Brand Lokal di Tokopedia

Simak Kisah Inspiratif Para Perempuan Pengusaha Brand Lokal di Tokopedia # Sumber : gadgetDiva

GADGETDIVA – Berdasarkan informasi dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, jumlah perempuan yang terlibat dalam kewirausahaan terus meningkat setiap tahunnya. Menurut data BPS tahun 2021, perempuan mengelola sekitar 64,5% dari total Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, yang setara dengan sekitar 37 juta UMKM. Diperkirakan pada tahun 2025, nilai total UMKM yang dikelola oleh perempuan mencapai sekitar USD 135 miliar.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, menyampaikan, “Tokopedia mencatat Palembang, Tangerang, Surabaya, Makassar dan Denpasar merupakan beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat selama tahun 2023 jika dibandingkan dengan tahun 2020 saat pandemi lalu.”

Tips UMKM: Tambah Cuan dengan Program Afiliasi

“Sedangkan beberapa subkategori di Tokopedia yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha dalam periode yang sama, yaitu Perawatan Hewan, Buku, Perlengkapan Pesta, Pertukangan serta Perlengkapan Alat Tulis Kantor dan Sekolah,” tambah Rizky.

Tokopedia juga mencatat peningkatan signifikan dalam jumlah pembeli perempuan di beberapa daerah di Indonesia. Daerah-daerah seperti Tangerang, Cirebon, Klaten, Manado, dan Pangkal Pinang mengalami lonjakan lebih dari 22 kali lipat dalam jumlah pembeli perempuan. Kategori-kategori yang paling diminati oleh para pembeli perempuan termasuk Perawatan Hewan, Makanan dan Minuman, serta Perlengkapan Pesta.

Tema yang diusung pada Hari Perempuan Sedunia tahun 2024 adalah ‘Investasi dalam Perempuan: Mendorong Perkembangan Cepat’. Ini menggarisbawahi pentingnya masyarakat global berupaya mencapai kesetaraan gender dan kesejahteraan perempuan dalam semua bidang kehidupan, dengan tujuan menciptakan perekonomian yang makmur dan masa depan yang sehat bagi generasi berikutnya.

“Berangkat dari semangat tersebut, Tokopedia turut konsisten memberi panggung seluas-luasnya bagi perempuan pelaku usaha lokal, agar para perempuan bisa semakin maju sekaligus membantu mendorong pemerataan ekonomi nasional lewat pemanfaatan teknologi digital,” tambah Rizky.

Upaya Tokopedia memberdayakan para perempuan pelaku usaha semakin maju
Salah satu upaya Tokopedia dalam berinvestasi pada perempuan adalah berkolaborasi bersama Pemerintah Daerah dan UMKM lokal mengadakan Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD) untuk memberikan pelatihan digitalisasi UMKM dan literasi keuangan secara digital kepada perempuan pelaku usaha lokal. “Selama tahun 2023, Tokopedia bersama Pemda telah membantu lebih dari 800 perempuan pelaku UMKM dari berbagai daerah meliputi Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, Surakarta, Yogyakarta hingga Bali,” jelas Rizky.

“Selain itu, bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) RI, Tokopedia juga telah meluncurkan Modul Perempuan Maju Digital yang tersedia secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller untuk memberikan pembekalan edukasi dan pendampingan bagi perempuan pelaku usaha. Berbagai topik pembahasan bisa ditemukan di Modul Perempuan Maju Digital, di antaranya ‘Langkah Awal Pemberdayaan Bisnis Usaha Perempuan’,” jelas Rizky.

Agar para pelaku usaha di Indonesia, termasuk perempuan pelaku UMKM lokal, bisa mempersiapkan bisnis dengan lebih baik jelang dan saat bulan Ramadan 2024 mendatang, Tokopedia memiliki kurikulum #SIAPRAMADAN di Pusat Edukasi Seller. Para pelaku usaha pun bisa mempersiapkan dalam rangka menyambut kampanye Ramadan Ekstra Seru yang berlangsung hingga 5 April 2024 melalui aplikasi dan situs Tokopedia serta Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok.

Kisah Anita Hartono membangun Mambucha bersama para karyawan yang 90% didominasi perempuan dan yatim piatu
Mambucha hadir dari keresahan Anita Hartono yang mengalami masalah pencernaan, bahkan pernah menjalani tindakan cuci usus akibat efek samping konsumsi obat-obatan pelangsing.

Ketertarikan Anita terhadap kombucha muncul ketika Anita berhasil merawat scoby atau Symbiotic Culture of Bacteria and Yeasts yang menjadi starter pembuatan kombucha hingga menjadi solusi bagi masalah pencernaannya. Anita mengandalkan teh hijau yang kaya akan antioksidan, dan teh hitam yang memiliki kandungan polifenol paling tinggi untuk merawat scoby.

“Saat pandemi, saya mulai membangun bisnis Mambucha untuk mempertahankan karyawan saya agar tetap dapat bekerja di masa sulit. Hingga akhirnya Mambucha dikenal masyarakat dan saya pun menjadi ibu bagi karyawan yang 90% didominasi perempuan dan yatim piatu. Pada tahun 2023, Mambucha berhasil mengantongi BPOM dan sertifikasi halal untuk mendukung bisnis Mambucha bisa naik kelas,” ujar Anita.

Anita rajin memanfaatkan platform teknologi seperti Tokopedia dan video singkat TikTok untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan manfaat mengonsumsi kombucha terhadap kesehatan. Mambucha aktif memanfaatkan kampanye Tokopedia NYAM! serta kurir yang ada di Tokopedia khusus untuk pengiriman makanan dan minuman. “Selama tahun 2023, penjualan Mambucha di Tokopedia mengalami kenaikan hampir 6 kali lipat dibandingkan 2022. Bahkan, Tokopedia berkontribusi hampir 50% terhadap keseluruhan penjualan Mambucha,” jelas Anita.

Rangkul perempuan perajin lokal, Kumala Home and Kitchen hadirkan keramik buatan tangan
Yenny Kusuma Hendra adalah sosok di balik kesuksesan Kumala Home and Kitchen, bisnis keluarga yang telah berdiri sejak 2003 dan bergerak di bidang peralatan serta perlengkapan rumah tangga dan dapur.

Melihat adanya ketimpangan perhatian masyarakat terhadap produk keramik buatan lokal, Yenny menghadirkan brand ‘Sero’ yang menjual aneka produk rumah tangga dari bahan keramik lokal, di bawah naungan Kumala Home and Kitchen.

“Kami bekerja sama dengan sejumlah pabrik artisan keramik di wilayah Sumatra, Jawa Timur hingga Bali untuk menyediakan produk-produk rumah tangga berbahan keramik lokal di Kumala Home and Kitchen. Semua produk kami semi-handmade, yang dibuat oleh para perajin lokal dimana 70% di antaranya adalah perempuan,” kata Yenny.

Demi memperluas pasar keramik lokal, Kumala Home and Kitchen bergabung dengan Tokopedia pada 2018. Sejumlah kampanye dan fitur, salah satunya TopAds, dimanfaatkan Yenny untuk mengembangkan usahanya. Yenny menambahkan, “Berkat berbagai kemudahan yang dihadirkan Tokopedia, transaksi penjualan online Kumala Home and Kitchen, hampir 70% berasal dari Tokopedia.”

Tekad Felicia Kurniawan membawa brand lokal fesyen pria M231 tetap relevan setelah lebih dari 20 tahun
M231, salah satu brand fesyen lokal yang telah berdiri selama lebih dari 23 tahun, menghadirkan berbagai macam pakaian pria. Dalam mengembangkan usahanya, M231 memberdayakan lebih dari 1.000 penjahit dari Pemalang, Jawa Tengah, bahkan 70% di antaranya adalah perempuan.

Felicia Kurniawan, Pemilik Usaha M231, mengatakan, “Meskipun M231 telah berdiri puluhan tahun, kami menyadari pentingnya mengadopsi platform digital, seperti Tokopedia untuk mengembangkan bisnis. Kami rutin mengikuti kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB), Tokopedia Fashion dan fitur beriklan TopAds di Tokopedia.

“Hasilnya, setelah mengikuti WIB, penjualan kami bisa meningkat hingga 3 kali lipat dibandingkan sebelum mengikuti kampanye tersebut. Sementara berkat TopAds, penjualan M231 naik hingga 5 kali lipat dibandingkan sebelum pakai fitur tersebut,” jelas Felicia.

Meskipun identik dengan fesyen pria, M231 juga menghadirkan inovasi untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Misalnya dengan menghadirkan koleksi Family Set saat bulan Ramadan, yang terdiri dari baju koko dewasa, gamis dan kaftan wanita, serta baju koko anak. “Ramadan menjadi momen penting bagi M231 karena pada saat Ramadan, penjualan kami bisa naik signifikan dibandingkan dengan hari-hari biasa,” ungkap Felicia.


author-img_1

Firda Zahara

Reporter

Artikel Terkait

Tips UMKM: Jangan Sampai WhatsApp Kena Hack Orang Lain
UMKM

Tips UMKM: Jangan Sampai WhatsApp Kena Hack Orang Lain

Gadgetdiva.id — Para pemilik UMKM saat ini memang banyak yang bergantung pada WhatsApp untu..

Tips UMKM: Tambah Cuan dengan Program Afiliasi
UMKM

Tips UMKM: Tambah Cuan dengan Program Afiliasi

Gadgetdiva.id — Dengan perkembangan e-commerce yang pesat di Indonesia, program afiliasi me..

Tips UMKM: Cara Usaha Kuliner Daftar Jadi Merchant GoFood
UMKM

Tips UMKM: Cara Usaha Kuliner Daftar Jadi Merchant GoFood

Gadgetdiva.id — GoFood kini menjadi platform jual beli dan hantar makanan yang disukai oleh..

Jelang Hari Pangan Sedunia, Kisah UMKM Sambal Bu Djui
UMKM

Jelang Hari Pangan Sedunia, Kisah UMKM Sambal Bu Djui

Gadgetdiva.id — Jelang Hari Pangan Sedunia, UMKM lokal terus unjuk gigi, terutama mereka ya..


;