GadgetDIVA - Semangat anak muda untuk terus berkarya menjadi faktor utama dalam pertumbuhan industri lokal Indonesia. Didukung oleh ekosistem digital, kreativitas mereka melahirkan inovasi yang membuat brand lokal semakin berkembang dan dapat menghadirkan produk yang sesuai dengan tren pasar. Shopee hadir sebagai fasilitator yang memperluas jangkauan pasar dan membantu brand lokal melalui program dan kampanye strategis.
Salah satu contoh keberhasilan brand lokal adalah Khadijah Label (KHDJH), yang didirikan pada tahun 2017 oleh Muhammad Themy Setiawan di usia 20 tahun. KHDJH hadir dengan misi untuk mengisi pasar fashion muslim Indonesia dengan produk berkualitas tinggi yang tetap terjangkau. Awalnya sebagai reseller, Themy melihat peluang besar dalam memproduksi fashion muslim dengan kualitas lebih baik.
Themy mengungkapkan bahwa Shopee memiliki peran penting dalam pertumbuhan KHDJH. Ekosistem Shopee memungkinkan mereka untuk menjangkau pasar yang lebih luas, membangun hubungan dengan konsumen, dan memastikan distribusi produk yang efisien. Kampanye seperti 12.12 juga memberikan dampak signifikan dengan peningkatan penjualan hingga enam kali lipat.
Baca Juga
Advertisement
Pada tahun 2019, Themy memutuskan untuk memproduksi produk sendiri di bawah merek KHDJH. Fokusnya tidak hanya pada pertumbuhan bisnis, tetapi juga menciptakan komunitas yang lebih berdaya dengan membangun rantai produksi lokal. KHDJH mengutamakan bahan baku dalam negeri dan melibatkan tenaga kerja lokal, bahkan memberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan pekerja.
Meski dihadapkan dengan berbagai tantangan seperti deadstock dan kerugian dalam penjualan, Themy tetap berkomitmen pada kualitas produk dan kekompakan tim. Dia mengakui pentingnya memiliki mentor bisnis dan relasi yang tepat untuk sukses dalam dunia bisnis, serta pentingnya keputusan keuangan yang bijak dalam membangun bisnis yang berkelanjutan.
Kini, KHDJH telah berkembang pesat, dengan lebih dari 30 karyawan dan memberdayakan 100 penjahit lokal. Keberhasilan KHDJH tidak hanya terlihat dari pertumbuhan bisnis, tetapi juga dampaknya terhadap komunitas lokal, membuka peluang untuk reseller dan dropshipper di seluruh Indonesia.
Baca Juga
Advertisement
Dengan perilaku konsumen yang semakin mengandalkan belanja online, KHDJH terus memperkuat eksistensi digitalnya melalui fitur interaktif dan program strategis Shopee, seperti Shopee Big Ramadan Sale. Kampanye ini memberi kesempatan bagi KHDJH untuk menghadirkan koleksi eksklusif Ramadan yang mudah diakses oleh konsumen di seluruh Indonesia.
Selain kampanye tematik, KHDJH juga aktif memanfaatkan fitur Shopee Live, yang kini memberikan kontribusi signifikan terhadap omzet mereka. Shopee Live menjadi fitur penting bagi brand untuk beradaptasi dengan tren digital. Shopee juga terus mendukung brand lokal melalui kanal Shopee Pilih Lokal, yang mencatatkan peningkatan penjualan hingga 200%, memberikan dampak ekonomi yang lebih luas bagi UMKM.
Baca Juga
Advertisement
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.