Transcosmos Ajari UMKM Strategi Pemasaran Digital untuk Pertumbuhan Ekonomi

Sesi 1 on 1 speed mentorship menghadirkan para mentor dari transcosmos Indonesia (TCID)
Sesi 1 on 1 speed mentorship menghadirkan para mentor dari transcosmos Indonesia (TCID)

GadgetDIVA - Ekonomi digital Indonesia dipastikan akan terus berkembang, terutama pasca pandemi Covid-19. Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyebutkan nilai transaksi ekonomi digital Indonesia akan mencapai US$124 miliar atau sekitar Rp1.775 triliun pada tahun 2025. Proyeksi ini menempatkan Indonesia sebagai negara dengan nilai transaksi ekonomi digital terbesar di ASEAN, dengan kontribusi 40,1%.

Dengan pertumbuhan pesat ini, UMKM memegang peranan penting dalam mendukung perekonomian Indonesia. Menyadari pentingnya peran UMKM, perusahaan layanan bisnis digital, transcosmos Indonesia (TCID), secara proaktif mendukung pebisnis UMKM dalam menerapkan strategi pemasaran digital melalui kerja sama dengan komunitas Revolusi Lokal dan platform manajemen toko online Plugo Indonesia.

Raymond Chin, Content Creator dan Founder Revolusi Lokal, menyatakan, “UMKM adalah sektor yang menggerakkan ekonomi Indonesia pada pandemi lalu. Kami percaya potensi tersebut masih dapat lebih dimaksimalkan. Kami berinisiatif membekali para UMKM dengan strategi pemasaran digital yang tepat agar kontribusi mereka terhadap perekonomian nasional semakin besar. Jika UMKM berkembang pesat, ekonomi Indonesia akan kuat.”

Sesi 1 on 1 speed mentorship menghadirkan para mentor dari transcosmos Indonesia (TCID) dan direktur Plugo Indonesia, Izki Aldrin Iswarna, yang memberikan pembekalan kepada pengusaha UMKM di bidang fashion dan beauty tentang digital marketing. Para mentor ini adalah pakar di bidang pemasaran digital, memastikan setiap peserta mendapatkan pengetahuan dan strategi yang diperlukan untuk meningkatkan bisnis mereka.

UMKM yang dipilih untuk program ini diseleksi secara ketat oleh tim Revolusi Lokal dengan kriteria tertentu: bisnis UMKM harus sudah berjalan selama minimal satu tahun, memiliki penghasilan stabil minimal Rp30 juta per bulan, dan memiliki toko online yang aktif dalam enam bulan terakhir. Dari 140 UMKM yang mendaftar, hanya 20 yang berhasil lolos seleksi.

Para mentor dan UMKM

Ardi Sudarto, Vice President Director transcosmos Indonesia, menyatakan, “Kami bangga menjadi partner Revolusi Lokal dan Plugo dalam mengembangkan dan mengoptimalkan potensi pengusaha UMKM. Di era digital ini, pemasaran digital merupakan faktor penting dalam membantu meningkatkan bisnis UMKM. Melihat antusiasme peserta, kami percaya pelaku UMKM dapat terus meningkatkan omzetnya hingga menjadi perusahaan dengan skala yang lebih besar.”

Dalam sesi mentorship, TCID menghadirkan tiga mentor kompeten: Hamdoni sebagai CX Operation Manager, Insan Kurnia sebagai Digital Ads Supervisor, dan Ekke Wulan sebagai Digital Ads Team Leader. Mereka berbagi pengetahuan dan strategi pemasaran digital dengan para peserta, memastikan setiap UMKM mendapatkan panduan yang tepat.

Izki Aldrin Iswarna, Direktur Plugo Indonesia, juga berperan sebagai mentor dalam acara ini. “Acara ini sangat menarik dan sejalan dengan komitmen Plugo untuk membantu UMKM di Indonesia meningkatkan bisnisnya melalui program komunitas Seller Juara,” katanya.

Setiap UMKM terpilih diberi waktu sekitar lima menit untuk bertukar pikiran dengan setiap mentor mengenai strategi dan implementasi pemasaran digital. Diskusi ini diharapkan memberikan wawasan baru dan membantu para pengusaha menerapkan strategi yang efektif untuk pertumbuhan bisnis mereka.

Raymond Chin menutup acara dengan harapan bahwa program ini dapat menginspirasi pihak lain untuk turut mengembangkan UMKM di Indonesia. “Potensi UMKM sangat besar, namun harus diiringi dengan kolaborasi. Kolaborasi inilah yang akan memandu mereka mencapai potensi maksimal,” ujarnya.

Dengan inisiatif ini, transcosmos Indonesia menunjukkan komitmen kuat dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia melalui pengembangan dan pemberdayaan UMKM. Kolaborasi dengan Revolusi Lokal dan Plugo Indonesia menjadi langkah konkret untuk mewujudkan ekonomi yang lebih kuat dan inklusif.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids.