Aplikasi

Fitur Baru di Android 15 Ini Bisa Tingkatkan Waktu Siaga Baterai Hingga 3 Jam

post-img

Source : ZDNET

GadgetDivaGoogle mengenalkan sejumlah fitur baru dalam sistem operasi Android 15. Salah satunya ialah fitur yang dapat mengoptimalkan waktu siaga baterai hingga tiga jam.

Dalam konferensi pengembang Google I/O, perusahaan mengungkap bahwa sistem operasi Android 15 akan mengompitmalkan baterai lewat mode Doze. Yakni, sebuah fitur yang berfungsi membantu menghemat baterai saat ponsel dalam keadaan non aktif.

Pengoptimalan ini akan difokuskan pada percepatan proses ponsel memasuki mode Doze. Google mengklaim bahwa perangkat yang menjalankan sistem operasi Android 15 ini akan mencapai mode Doze 50% lebih cepat dibandingkan dengan Android 14.

Mode Doze sendiri bekerja dengan membatasi aktivitas latar belakang dan akses aplikasi ke sumber daya sistem saat ponsel tak digunakan dalam waktu lama. Artinya, sistem ini dapat mengurangi pengurasan baterai, khususnya untuk aplikasi yang mungkin menjalankan proses latar belakang yang tak perlu.

Menurut hasil pengujian internal yang dilakukan oleh Google, aktivasi mode Doze yang lebih cepat ini dapat menghasilkan waktu siaga tambahan hingga tiga jam pada perangkat tertentu. Dengan catatan, peningkatan yang tepat dapat bervariasi tergantung pada perangkat keras dan pola penggunaan ponsel.

Perubahan ini nantinya akan berlaku untuk semua perangkat yang menerima pembaruan Android 15. Selain itu, fitur ini diharapkan akan turut dibawa untuk Wear OS 6. Kendati, belum diketahui kapan sistem operasi tersebut akan diluncurkan. Demikain laporan yang dikutip dari Gizmochina pada Senin (20/5).

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Netflix Bakal Hapus Aplikasi Windows Bulan Depan

author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Aplikasi X Kenalkan Fitur Baru untuk Komunitas
Aplikasi

Aplikasi X Kenalkan Fitur Baru untuk Komunitas

X telah memperkenalkan versi baru fitur Komunitas, memberikan pengguna platform ini pengalaman yang ..

Netflix Bakal Hapus Aplikasi Windows Bulan Depan
Aplikasi

Netflix Bakal Hapus Aplikasi Windows Bulan Depan

Netlfix bersiap untuk menghapus aplikasi untuk pengguna Windows mulai bulan Juni 2024 mendatang. Pla..

TikTok Bakal Naikkan Durasi Video Jadi 60 Menit
Aplikasi

TikTok Bakal Naikkan Durasi Video Jadi 60 Menit

TikTok dikabarkan sedang menguji opsi unggah video dengan durasi 60 menit. Tentunya hal ini akan sec..

Fitur Ask Photos Google, Cari Foto Pakai Perintah Suara
Aplikasi

Fitur Ask Photos Google, Cari Foto Pakai Perintah Suara

Google meluncurkan berbagai macam produk baru pada Gemini AI dalam gelaran Google I/O yang berlangsu..


;