Youtap catat peningkatan transaksi non-tunai selama PSBB transisi

Youtap catat peningkatan transaksi non-tunai selama PSBB transisi
E-Commerce

Youtap catat peningkatan transaksi non-tunai selama PSBB transisi

Youtap catat peningkatan transaksi non-tunai selama PSBB transisi

Youtap catat peningkatan transaksi non-tunai selama PSBB transisi # Sumber : gadgetDiva

Dimasa pandemi Covid-19 ini, warung kaki lima ternyata menjadi usaha yang paling banyak beradaptasi, lho! Pasalnya, Youtap mencatat transaksi non-tunai di ekosistemnya meningkat 4,5 kali lipat selama 100 hari PSBB transisi.

Pada catatan transaksi non-tunai Youtap, sebanyak lebih dari 20 ribu merchant bergabung dalam ekosistem Youtap selama periode Juli hingga pertengahan September 2020.

'Di Rumah Aja Bareng ShopeePay', ShopeePay bantu bisnis lokal bertahan

Tercermin melalui data internal, dalam kurun waktu 100 hari PSBB Transisi (5 Juni-13 September), jumlah merchant yang tergabung dalam ekosistem digital Youtap meningkat 5 kali lipat jika dibandingkan masa PSBB pertama (16 Maret-4 Juni) dan hal ini juga berdampak pada transaksi non tunai yang meningkat 4,5 kali lipat.

“Sebanyak lebih dari 20 ribu merchant bergabung dalam ekosistem Youtap selama periode Juli hingga pertengahan September 2020. Kami melihat lonjakan angka ini dibanding PSBB pertama karena adanya perubahan perilaku konsumen, seperti preferensi konsumen untuk melakukan transaksi non tunai dan memesan layanan atau produk dari rumah yang harus diadaptasi oleh para pelaku UMKM melalui digitalisasi,” ujar Herman Suharto, selaku Chief Executive Officer Youtap Indonesia.

Di masa nirsentuh ini, para pedagang berlomba-lomba untuk memacu penjualan, salah satunya dengan menyediakan pilihan transaksi non tunai sebagai langkah mitigasi risiko penyebaran Covid-19.

Karenanya, usaha mikro seperti warung kaki lima dan pasar tradisional juga menyediakan fasilitas ini agar pelanggan dapat nyaman dan aman berbelanja di tempatnya. Kedepannya diperkirakan tren ini masih akan terus berlanjut, untuk itulah para pelaku UMKM tidak hanya menunggu pandemi berakhir, tetapi langsung bergerak mengikuti perkembangan.

Digunakan oleh lebih dari 50 ribu UMKM yang berdomisili di Jabodetabek, Jawa Barat, dan Jawa Tengah, Youtap merekam bahwa para penggunanya bukan hanya berasal dari kalangan Milenial, tidak sedikit para pedagang pasar dengan rentang usia 50 tahun ke atas juga giat menggunakan teknologi.

“Kami sangat salut melihat semangat juang para pelaku UMKM kita, bukan hanya untuk memastikan kesejahteraan hidup saja, namun mereka juga ingin memanfaatkan momen ini untuk belajar mengembangkan usahanya lebih maju lagi.” kata Herman.

Salah satu faktor lainnya para pedagang menggunakan Youtap adalah layanan 1 pintu untuk berbagai transaksi uang elektronik. “Dengan Youtap, apapun jenis uang elektronik yang dimiliki oleh pelanggan dapat dibayarkan dan masuk ke dalam pembukuan digital Aplikasi Dagang Youtap milik si pedagang,” tambah Herman.

Herman juga melanjutkan bahwa lebih dari sekedar kasir digital, Youtap juga membantu para pedagang ini untuk lebih mampu menganalisa proses dan hasil bisnisnya. Salah satu fitur Youtap yang juga paling digemari adalah analisa penjualan per hari, minggu dan juga bulan.

Edukasi dalam mendukung UMKM Go Digital memang konsisten digalakkan oleh Youtap untuk membantu mendorong perkembangan usaha dari para mitra bisnisnya. Seperti yang baru-baru ini dilakukan, Youtap bersama dengan Dinas UMKM Kota Bandung melakukan webinar yang diikuti oleh ratusan pelaku UMKM dari berbagai kota di wilayah Bandung Raya.

“Dengan memaksimalkan penggunaan teknologi, para pelaku UMKM ini bisa bergerak lebih aktif untuk melebarkan usahanya. Tidak hanya untuk bertahan di masa pandemi saja, tetapi bisa membawa usahanya menjemput kesempatan yang lebih baik di masa yang akan datang.” tutup Herman.

Baca juga, Youtap hari ini kenalkan aplikasi dagang terbarunya


author-img_1

Jihan Nasir

Reporter

Artikel Terkait

Hari Batik Nasional 2020, begini tren penjualan batik di Tokopedia
E-Commerce

Hari Batik Nasional 2020, begini tren penjualan batik di Tokopedia

Hari ini, tepatnya pada perayaan Hari Batik Nasional, Tokopedia membagikan bagaimana tren penjual..

'Di Rumah Aja Bareng ShopeePay', ShopeePay bantu bisnis lokal bertahan
E-Commerce

'Di Rumah Aja Bareng ShopeePay', ShopeePay bantu bisnis lokal bertahan

Kali ini ShopeePay menghadirkan kampanye Di Rumah Aja Bareng ShopeePay untuk mendekatkan para mer..

Visa, Shopee dan Blibli bagikan diskon voucher bagi UKM
E-Commerce

Visa, Shopee dan Blibli bagikan diskon voucher bagi UKM

Penyedia pembayaran digital, Visa berkolaborasi dengan Shopee dan Blibli menawarkan diskon vouche..

Alami kebocoran data, ShopBack lakukan penyelidikan
E-Commerce

Alami kebocoran data, ShopBack lakukan penyelidikan

ShopBack dikabarkan bahwa situs mereka mengalami kebocoran data. Kabarnya saat ini, pihaknya tela..


;