Blibli Gelar Travel & UMKM Fest untuk Akselerasi Transformasi Digital di Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Blibli Gelar Travel & UMKM Fest untuk Akselerasi Transformasi Digital di Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
E-Commerce

Blibli Gelar Travel & UMKM Fest untuk Akselerasi Transformasi Digital di Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Blibli Gelar Travel & UMKM Fest untuk Akselerasi Transformasi Digital di Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Blibli Gelar Travel & UMKM Fest untuk Akselerasi Transformasi Digital di Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif # Sumber : gadgetDiva

Blibli hadirkan program Travel & UMKM Fest untuk mendukung bangkitnya industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Program ini merupakan inovasi yang dilakukan Blibli dengan menghimpun pelaku wisata dan ekonomi kreatif lokal di ekosistem berbasis teknologi Blibli.

Program Blibli Travel & UMKM Fest ini merupakan bentuk dukungan terhadap pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta asosiasi pariwisata yang tengah bergerak memulihkan pariwisata di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi.

Lima tahun berinovasi, Halodoc optimis dapat menyelesaikan tantangan kesehatan di Indonesia

Menurut data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dampak COVID-19 terhadap sektor pariwisata membuat pemerintah perlu menyesuaikan proyeksi kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara tahun ini. Pemerintah pun kian mendorong investasi sektor pariwisata dan memperkuat promosinya dengan memanfaatkan teknolgi digital.

“Saat ini pemerintah tengah melakukan berbagai strategi untuk mendorong kebangkitan industri pariwisata dan ekonomi kreatif, diantaranya melalui program Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja dan Bangga Buatan Indonesia, dimana kolaborasi antar pihak sangat dibutuhkan, termasuk dari platform e-commerce seperti Blibli yang dapat mengakselerasi transformasi digital Indonesia,” tegas Sandiaga Uno, selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam peluncuran yang dilakukan hari ini (22/4). 

Sandiaga juga menyatakan bahwa beberapa upaya masih terus dilakukan pemerintah dalam membangkitkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di dalamnya.

Sementara itu, Kusumo Martanto selaku CEO Blibli juga menjelaskan bahwa sejak pandemi, e-commerce tersebut telah mendukung upaya pemerintah dan asosiasi pariwisata melalui transformasi digital bersama para pelaku wisata dan UMKM di ekosistem Blibli.

‘’Kolaborasi kami dengan asosiasi dan seller pariwisata serta ekonomi kreatif, telah membantu kami untuk mengkurasi pilihan destinasi wisata dan paket wisata yang menarik serta aman bagi pelanggan. Melalui Blibli Travel & UMKM Fest ini pun kami berharap para pelaku di industri pariwisata dan ekonomi kreatif dapat meningkatkan pemanfaatan teknologi demi  menjangkau pasar pelanggan yang lebih luas, yang juga sesuai dengan transformasi digital yang pemerintah inginkan terjadi di setiap industri untuk mengantisipasi Revolusi Industri 4.0, ” ujar Kusumo Martanto selaku CEO Blibli. 

Di tengah pandemi, Blibli menyaksikan bahwa semakin banyak pemain industri tour and travel berpindah ke platform online. Jika dibandingkan dengan performa kuartal 1 2021 dengan periode sama di 2020, jumlah seller meningkat sebesar 50% yang menunjukkan bahwa pemain tour & travel banyak berekspansi ke kanal e-commerce untuk menjangkau pasar.

Masuknya para seller baru ini mendongkrak jumlah produk wisata meningkat sebesar 4 kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Produk wisata yang ditawarkan pun menjadi variatif, seperti Virtual Tour hingga Kupon Perjalanan.

Pertumbuhan ini menunjukkan bahwa semakin banyak pelaku di industri pariwisata yang menyadari pentingnya transformasi digital untuk bertahan di tengah pandemi. Blibli pun turut memberikan wadah bagi para pelaku di industri pariwisata serta ekonomi kreatif lokal dengan hadirnya kategori Galeri Indonesia, di mana kategori ini juga mengalami pertumbuhan 7 kali lipat dibanding tahun sebelumnya. 

Untuk menghadirkan program yang dapat mempromosikan kedua industri ini secara masif, Blibli menyelenggarakan program Blibli Travel & UMKM Fest yang berlangsung tanggal 16 hingga 30 April 2021. Sebanyak lebih dari 90.000 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif berpartisipasi dalam program ini, termasuk asosiasi dan seller di bidang perjalanan wisata, perhotelan dan desa wisata untuk menghadirkan berbagai destinasi dan paket wisata menarik bagi pelanggan.

“Dengan memanfaatkan platform teknologi yang dihadirkan oleh ekosistem e-commerce Blibli, sektor industri pariwisata dan ekonomi kreatif ini dapat memberikan pilihan yang lebih kaya kepada pelanggan, sehingga pertumbuhan kedua industri ini pun dapat terwujud,” lanjut Kusumo.

“Program ini juga menjadi wadah kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan asosiasi pariwisata seperti Asosiasi Travel Agent Indonesia, Astindo dan Asosiasi Experiential Learning Indonesia, AELI, serta industri perhotelan yang tergabung dalam jaringan hotel mancanegara dan hotel seperti TAUZIA Hotels yang menyediakan opsi staycation dengan jaminan penerapan sertifikasi CHSE,” ujar Lay Ridwan Gutama selaku Executive Vice President (EVP) of Digital, Automotive & Travel Category, Blibli. 

Lay juga menyorot paket experiential tourism yang turut hadir di program Blibli Travel & UMKM Fest, yang disediakan oleh sejumlah pelaku UMKM di berbagai desa wisata yang tersebar di seluruh Indonesia. “Paket wisata seperti ini menjadi kesempatan bagi UMKM yang ada di daerah wisata untuk tetap mengeksplorasi berbagai bentuk produk wisata lainnya yang sesuai dengan kebutuhan dan kegemaran pelanggan,” tutup Lay.

Untuk menambah keseruan pelanggan di program Blibli Travel & UMKM Fest, diadakan pula rangkaian promo spesial seperti Flash Deals, exclusive Brand Deals hingga oleh-oleh khas lokal yang telah dikurasi. Untuk memperoleh informasi lebih detil tentang Blibli Travel & UMKM Fest dapat membuka tautan sebagai berikut Blibli.com/trvumkm-fest. 

Kemudahan yang ditawarkan Blibli merupakan perwujudan komitmen Blibli untuk selalu memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan bagi pelanggan, sesuai #KarenaKamuNo1. Hal ini juga sejalan dengan strategi bisnis Blibli, yaitu Customer Satisfaction First. Blibli juga menghadirkan fasilitas dan pelayanan gratis ongkir, pembayaran aman, 100% produk dengan kualitas terdepan, 15 hari retur, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 Customer Care.

Baca juga, Blibli Dukung Gaya Hidup Halal Para Pelangan Indonesia dengan Kategori Baru


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Hari Kartini: Tokopedia dan Market & Museum Bantu Perempuan Pegiat UMKM Lokal Hadapi Pandem
E-Commerce

Hari Kartini: Tokopedia dan Market & Museum Bantu Perempuan Pegiat UMKM Lokal Hadapi Pandem

Tokopedia kembali menghadirkan ‘Market & Museum at Home’ dalam rangka merayahan Hari Kart..

Lima tahun berinovasi, Halodoc optimis dapat menyelesaikan tantangan kesehatan di Indonesia
E-Commerce

Lima tahun berinovasi, Halodoc optimis dapat menyelesaikan tantangan kesehatan di Indonesia

Didukung kemampuan inovasi dan teknologi, Halodoc turut menjawab tantangan kesenjangan akses kese..

DANA Pilih Lima UMKM Perempuan dari Danau Toba
E-Commerce

DANA Pilih Lima UMKM Perempuan dari Danau Toba

Melonjaknya jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam beberapa tahun terakhir juga diras..

ShopeePay Super Online Deals Meriahkan Aktivitas Puasa
E-Commerce

ShopeePay Super Online Deals Meriahkan Aktivitas Puasa

Dalam rangka menemani masyarakat di bulan Ramadan,  ShopeePay menyediakan promo cashback hingga ..


;