BAZNAS Gandeng GoPay, Fasilitasi Zakat Secara Digital

BAZNAS Gandeng GoPay, Fasilitasi Zakat Secara Digital
E-Commerce

BAZNAS Gandeng GoPay, Fasilitasi Zakat Secara Digital

BAZNAS Gandeng GoPay, Fasilitasi Zakat Secara Digital

BAZNAS Gandeng GoPay, Fasilitasi Zakat Secara Digital # Sumber : gadgetDiva

Di Bulan suci Ramadhan ini, GoPay bersama BAZNAS mengajak masyarakat untuk memaksimalkan fasilitas zakat secara digital selama pandemi. Hal ini sebagai bagian dari Gerakan Cinta Zakat yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pekan lalu.

Hari Kartini: Tokopedia dan Market & Museum Bantu Perempuan Pegiat UMKM Lokal Hadapi Pandem

Di tahun 2021, BAZNAS menargetkan untuk mengumpulkan zakat, infak dan sedekah Rp 503 miliar, dengan target 30 persen berasal dari transaksi digital.

Kerjasama antara GoPay dan BAZNAS salah satunya akan berfokus pada aspek edukasi mengenai kemudahan dan keamanan berdonasi digital. Hal ini dilakukan untuk menjawab tantangan masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memanfaatkan metode berdonasi digital karena kurangnya informasi.

Managing Director GoPay, Budi Gandasoebrata mengatakan bahwa transaksi digital terus menjadi pilihan masyarakat di masa pandemi, termasuk untuk beramal.

“GoPay menjadi salah satu pilihan utama bagi masyarakat untuk berdonasi secara digital. Hal ini terlihat dari jumlah pengguna GoPay yang membayarkan zakat melalui fitur GoTagihan di aplikasi Gojek meningkat hampir 3x lipat di tahun 2020 dibanding tahun sebelumnya. Meskipun demikian, edukasi mengenai manfaat pembayaran ZIS secara digital harus tetap ditingkatkan,” lanjutnya.

Budi melanjutkan bahwa bekerjasama dengan BAZNAS, di bulan Ramadan ini pihaknya melakukan sosialisasi Gerakan Cinta Zakat ke berbagai lapisan masyarakat Indonesia, termasuk edukasi kepada jutaan mitra driver dan merchant yang tergabung di ekosistem Gojek.

“Kami berharap upaya ini dapat meningkatkan minat masyarakat untuk dapat berdonasi secara digital, sehingga dapat memaksimalkan penghimpunan zakat yang akan membantu pemulihan ekonomi Indonesia,” tambah Budi.

Dalam lima tahun terakhir, ekosistem donasi Indonesia semakin berkembang. Riset2 melaporkan rerata kenaikan nilai per donasi digital sebesar 72% selama pandemi. GoPay sendiri mencatat, transaksi donasi meningkat 2,5 kali lipat di tahun 2020, dengan total nilai donasi mencapai Rp 136 miliar.

Pengguna GoPay yang ingin membayar zakat cukup membuka fitur GoTagihan yang terdapat di aplikasi Gojek, pilih menu Zakat dan lembaga tujuan, lalu masukkan jumlah yang ingin dibayarkan.

Selain itu, pengguna GoPay dapat berdonasi tanpa tatap muka lewat QRIS ke lebih dari 400 rumah ibadah dan LAZ yang telah bekerja sama dengan GoPay.

Baca juga, Bayar asuransi gadget di GoSure, sekarang bisa pakai GoPay


author-img_1

Jihan Nasir

Reporter

Artikel Terkait

Blibli Gelar Travel & UMKM Fest untuk Akselerasi Transformasi Digital di Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
E-Commerce

Blibli Gelar Travel & UMKM Fest untuk Akselerasi Transformasi Digital di Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Blibli hadirkan program Travel & UMKM Fest untuk mendukung bangkitnya industri pariwisata dan..

Hari Kartini: Tokopedia dan Market & Museum Bantu Perempuan Pegiat UMKM Lokal Hadapi Pandem
E-Commerce

Hari Kartini: Tokopedia dan Market & Museum Bantu Perempuan Pegiat UMKM Lokal Hadapi Pandem

Tokopedia kembali menghadirkan ‘Market & Museum at Home’ dalam rangka merayahan Hari Kart..

Lima tahun berinovasi, Halodoc optimis dapat menyelesaikan tantangan kesehatan di Indonesia
E-Commerce

Lima tahun berinovasi, Halodoc optimis dapat menyelesaikan tantangan kesehatan di Indonesia

Didukung kemampuan inovasi dan teknologi, Halodoc turut menjawab tantangan kesenjangan akses kese..

DANA Pilih Lima UMKM Perempuan dari Danau Toba
E-Commerce

DANA Pilih Lima UMKM Perempuan dari Danau Toba

Melonjaknya jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam beberapa tahun terakhir juga diras..


;