Kategori Home and Living di Tokopedia Meningkat Selama Pandemi

Kategori Home and Living di Tokopedia Meningkat Selama Pandemi
E-Commerce

Kategori Home and Living di Tokopedia Meningkat Selama Pandemi

Kategori Home and Living di Tokopedia Meningkat Selama Pandemi

Kategori Home and Living di Tokopedia Meningkat Selama Pandemi # Sumber : gadgetDiva

Kategori Home and Living di Tokopedia meningkat lebih dari 2x lipat selama pandemi di kuartal I 2021 jika dibanding kuartal I 2020.

“Bantal tidur, alat pel lantai serta peralatan dapur seperti set pisau dan timbangan dapur menjadi beberapa produk paling dicari,” ungkap Strategic Initiatives Senior Lead (Home and Living, Mom and Baby Category) Tokopedia, Rizki Widyastuti.

Transaksi Produk Lokal di Tokopedia Melonjak Lebih Dari 6x Lipat Selama Kampanye BBI

Ia menambahkan, “Kebutuhan tinggi masyarakat akan kategori tersebut mendorong kami terus menggandeng para pegiat usaha termasuk UMKM lokal, yang menjual produk rumah tangga, dapur, furnitur hingga pertukangan, melalui berbagai inisiatif. Salah satunya kampanye Home Living SALEbrations Mid-Year Sale selama Juni 2021.”

Home Living SALEbrations menjadi salah satu panggung bagi para pegiat usaha, khususnya UMKM lokal seperti Sleep Buddy Bedding dan Dekornata, untuk terus beradaptasi di tengah pandemi melalui pemanfaatan teknologi seperti Tokopedia.

Indah Catur Agustin-Sleep Buddy Bedding, Raup Omzet Hampir Milyaran lewat Tokopedia

Setelah mengawali bisnis sebagai reseller, Indah Catur Agustin, akhirnya mendirikan Sleep Buddy Bedding pada 2009 yang menjual beragam produk seprai berkualitas dengan harga terjangkau. Indah mulai memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia pada 2017.

“Kini 80% penjualan kami berasal dari Tokopedia. Transaksi di toko kami juga naik hampir 20x lipat pada Q1 2021 dibanding Q1 2020. Omzet di Tokopedia bisa mencapai lebih dari Rp900 juta,” terang Indah.

Bisnis Indah pun mampu memberdayakan banyak penjahit dari Purwantoro dan Wonogiri. Walau pandemi sempat menerpa semangatnya, Indah cepat bangkit untuk tetap fokus ke usahanya.

Misal dengan berkolaborasi bersama influencer dan mengikut berbagai kampanye di Tokopedia termasuk Home Living SALEbrations. “Lewat Tokopedia, nama Sleep Buddy Bedding sekarang bisa dikenal masyarakat di luar Surabaya,” katanya.

Giovanno Warli-Dekornata, Gandeng Pengrajin Lokal Hadirkan Produk Dekorasi Berkualitas

Didirikan pada 2018 oleh Giovanno Warli, Dekornata merupakan bisnis lokal yang berkolaborasi dengan pengrajin dari Jawa hingga Kalimantan untuk menjual berbagai produk olahan kayu, mebel dan dekorasi rumah.

“Semua produk kami asli buatan pengrajin Indonesia dan hanya menggunakan kayu yang didapatkan secara legal dan ramah lingkungan,” ungkapnya.

Setelah bergabung dengan Tokopedia pada Juni 2018, penjualan Dekornata terus mengalami peningkatan.

“Bahkan selama pandemi, omzet kami pun melonjak hingga 3x lipat,” tambah Giovanno. Giovanno juga membagikan beberapa strategi yang kerap ia lakukan demi meningkatkan penjualan meski di tengah pandemi.

“Selain aktif mengikuti kampanye di Tokopedia, salah satunya Home Living SALEbrations, kami juga rutin berinovasi produk, seperti peralatan makan, pot tanaman hias hingga parsel Ramadan. Juga berinovasi memanfaatkan teknologi AR agar pembeli bisa ‘mencoba’ produk Dekornata tanpa harus keluar rumah,” terangnya.

Selama kampanye Home Living SALEbrations Mid-Year Sale berlangsung (1-30 Juni 2021), masyarakat bisa mendapatkan beragam nilai tambah, seperti Flash Sale serba Rp6.000, diskon hingga 90% setiap hari, cashback hingga Rp200.000, Mystery Box, Tokopedia Play Parade Seru hingga Online Bidding mulai dari Rp10.000.

Baca juga, Intip Tips Wellness from Home (WFH) Ala Tokopedia


author-img_1

Jihan Nasir

Reporter

Artikel Terkait

Selain Resmikan Store Perdananya, OPPO Gelar Program Diskon Khusus OPPO Day
E-Commerce

Selain Resmikan Store Perdananya, OPPO Gelar Program Diskon Khusus OPPO Day

Selain resmi membuka toko online perdananya, OPPO Store untuk konsumen Indonesia, OPPO pada hari ..

Transaksi Produk Lokal di Tokopedia Melonjak Lebih Dari 6x Lipat Selama Kampanye BBI
E-Commerce

Transaksi Produk Lokal di Tokopedia Melonjak Lebih Dari 6x Lipat Selama Kampanye BBI

Selama kampanye Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI) berlangsung yang ditetapkan pemerintah pada 5-..

Gandeng Indomaret, PermataBank Hadirkan Gratis Tarik Tunai Tanpa Kartu
E-Commerce

Gandeng Indomaret, PermataBank Hadirkan Gratis Tarik Tunai Tanpa Kartu

Kali ini PermataBank menggandeng PT. Klik Indomaret Sukses (KIS) untuk mempermudah masyarakat dal..

Tren Live Shopping Tokopedia Play Meningkat Selama Ramadan
E-Commerce

Tren Live Shopping Tokopedia Play Meningkat Selama Ramadan

Tren live shopping pada kanal Tokopedia Play meningkat selama bulan ramadan kemarin. Menurut lapo..


;