E-Commerce

Saudara JD.ID di Thailand Juga Berhenti Beroperasi

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Saudara JD.ID di Thailand juga ternyata mengalami nasib yang sama, berhenti beroperasi. JD.com, induk JD.ID juga membuka toko online-nya di Thailand dengan alamat JD.co.th atau yang biasa disebut dengan JD Central..

Namun berbeda dengan JD.ID yang berhenti beroperasi pada 31 Maret 2023, JD Central di Thailand akan berhenti beroperasi mulai 3 Maret. Walau di Indonesia dan Thailand, keduanya akan berhenti menerima order atau pesanan pada 15 Februari 2023.

Dalam pernyataan terpisah, JD.com mengatakan akan terus melayani pasar global, termasuk Asia Tenggara, melalui infrastruktur rantai pasokannya atau supply chain.

jd.id

“Kami sedang berkembang di pasar internasional dengan fokus membangun jaringan rantai pasokan lintas batas dengan logistik dan pergudangan sebagai intinya,” tulis perusahaan itu.

Saat ini, perusahaan mengoperasikan atau mengelola gudang atau kawasan industri di Vietnam, Malaysia dan Indonesia.

Isu JD.com akan berhenti beroperasi di beberapa negara memang telah berkembang sejak November lalu. JD.ID sendiri merupakan perusahaan patungan yang dibentuk pada tahun 2015 bersama Provident Capital dan JD Central, yang dibentuk pada tahun 2017 dengan grup konglomerat Central Group yang berbasis di Bangkok.

Alasan JD.ID Berhenti Beroperasi

Raksasa China ini telah berjuang untuk meniru kisah suksesnya di Asia Tenggara, di mana pasarnya sangat kompetitif. Sejauh ini mereka telah menginvestasikan lebih dari 10 miliar yuan untuk mendukung pertumbuhan dua usaha patungan, tetapi masih gagal bersaing dengan pemain yang lebih besar seperti Lazada dari Alibaba Group, Shopee dari Sea Ltd dan Tokopedia dari GoTo Group.

Prospek ekonomi yang suram memaksa perusahaan teknologi China memangkas biaya, dan menurunkan skala bisnis non-inti. Pada akhir November, JD.com mengumumkan akan memangkas gaji eksekutif sebanyak 20 persen, pemotongan gaji besar pertama yang diungkapkan oleh perusahaan internet China sejak pandemi dimulai.

Sedangkan JD.ID merupakan anak perusahaan dari salah satu toko online terbesar di Asia (JD.com). JD. ID menawarkan harga yang kompetitif dari sejumlah produk dalam kategori yang berbeda. Berbagai metode pembayaran dapat dipilih sehingga konsumen dapat menikmati kenyamanan berbelanja dengan lebih mudah.

Toko online tersebut beroperasi untuk pertama kalinya di Indonesia pada November 2015. Dengan mengembang misi Make The Joy Happen, JD.ID berupakan keras untuk membuktikan jika semua barang yang mereka jual adalah ori. Tidak heran jika kemudian mereka juga memiliki tagline 100% Ori.

Ternyata, JD.ID mengikuti jejak induk usahanya yang tidak hanya menyediakan toko penjualan tapi juga jasa pengiriman atau logistik. Kabarnya, jasa pengiriman yang dikelola JD.ID telah menjangkau 365 kota di tanah air.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Erajaya Boyong Trio Produk Baru Dari  NOTHING Ke Indonesia
E-Commerce

Erajaya Boyong Trio Produk Baru Dari NOTHING Ke Indonesia

Erajaya Active Lifestyle telah mengumumkan ketersediaan tiga produk terbaru dari merek Nothing, yakn..

Meriahkan Mei dengan Promo Akhir Bulan dari UniPin
E-Commerce

Meriahkan Mei dengan Promo Akhir Bulan dari UniPin

Menjelang akhir bulan Mei, UniPin, platform penyedia layanan hiburan digital, siap memanjakan penggu..

Simak Ide Kegiatan Akhir Pekan Ramah Tanggal Tua ala Tokopedia
E-Commerce

Simak Ide Kegiatan Akhir Pekan Ramah Tanggal Tua ala Tokopedia

Dalam menyambut akhir pekan yang panjang ini, Tokopedia berbagi ide kegiatan yang dapat dilakukan ta..

Tokopedia Luncurkan Fitur Online Bayar Pajak Daerah
E-Commerce

Tokopedia Luncurkan Fitur Online Bayar Pajak Daerah

Gadgetdiva.id – Tokopedia, sebagai salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia, k..

Tarif Layanan Seller Naik 6 Persen, Ini Kata Tokopedia
E-Commerce

Tarif Layanan Seller Naik 6 Persen, Ini Kata Tokopedia

Gadgetdiva.id — Beberapa waktu lalu, Tokopedia mengumumkan akan menaikkan tarif layanan sel..


;