Menkop UKM Teten Masduki Mau Silaturahmi dengan CEO TikTok Pekan Depan

0
Menkop UKM
Foto: Reuters

Gadgetdiva.id — Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) RI Teten Masduki ungkap rencananya untuk bertemu dengan CEO TikTok Shou Zi Chew pekan depan. Pertemuan ini dilakukan untuk membahas lebih lanjut terkait kelanjutan bisnis platform tersebut di tanah air.

“Mungkin dalam waktu dekat. Suratnya sudah diajukan ke presiden. Ya, paling minggu depanlah,” ungkap Menkop UKM Teten Masduki dalam acara GDP Venture Power Lunch di Kebon Sirih, Jakata pada Selasa (24/10).

Menkop UKM menyatakan bahwa Indonesia terbuka dengan investasi asing termasuk e-commerce. Dirinya kerap menegaskan semua platform yang ingin berbisnis di Indonesia harus mengikuti peraturan yang ada.

Menkop UKM
Menkop UKM Teten Masduki | Foto: Gadgetdiva.id/ Nadhira.

Dimana mereka harus mendapat izin dari pemerintah, membuka kantor di Indonesia. Kemudian, memisahkan platform media sosial dan e-commerce.

Lebih lanjut, Menkop UKM melihat bahwa platform TikTok tidak mungkin akan meninggalkan pasar Indonesia. Sebab, perusahaan sudah meraup keuntungan sebesar Rp 8-9 Triliun per bulan dari platform TikTok Shop sebelum ditutup pada 4 Oktober.

“Kemarin kan Rp. 8 Triliun hingga Rp. 9 Triliun per bulan mereka dapat revenue dari sini. Cukup besarkan? Nggak mungkin mereka pergi,” imbuh Teten.

Jika TikTok ingin melanjutkan bisnisnya di Indonesia, lanjut Teten, maka mereka harus membangun platform terpisah sebagai e-commerce ataupun berinvestasi dengan suatu e-commerce tanah air dengan platform media sosial. Meski begitu, dirinya belum mengetahui langkah apa yang akan diambil oleh TikTok di masa depan.

“Saya nggak tahu apakah TikTok akan investasi sendiri atau bermitra dengan pengusaha lokal,” kata dia.

Bagi perusahaan asing yang ingin membuka platform e-commerce, wajib mendapat izin lewat Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPN), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Sebelumnya, TikTok Indonesia dikabarkan akan kembali membuka bisnis dagang di Indonesia. Kabar tersebut disusul dengan manajemen TikTok yang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi e-commerce TikTok Indonesia di Jakarta.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan