Hadir Kembali, TikTok Shop Masih dalam Tahap Diuji Coba Sampai 4 Bulan

0
TikTok Shop

Gadgetdiva.id — Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia Zulkifli Hasan menyatakan bahwa pemerintah akan memberi masa uji coba untuk TikTok Shop dan Tokopedia selama 4 bulan. Dia menjelaskan bahwa kedua platform ini akan beroperasi secara terpisah.

Menurut penjelasan Mendag Zulkifli Hasan, percobaan TikTok Shop ini perlu dilakukan karena membutuhkan teknologi yang tinggi dan penyesuaian. Sehingga, perlu adanya masa trial and error.

“Ini kan teknologinya tinggi perlu mungkin tiga bulanan empat bulanan mereka semacam percobaan, trial and error. Nanti hasilnya seperti apa kolaborasi kerja sama itu, nanti kita nilai mungkin tiga bulan per (empat) bulan mendatang karena perlu penyesuaian,” tutur Mendag Zulkifli Hasan dalam acara konferensi pers yang berlangsung pada Selasa (12/12).

Setelah melewati masa uji coba, pemerintah akan melakukan evaluasi apakah kolaborasi antara TikTok Shop dan Tokopedia ini layak untuk dilanjutkan sesuai dengan Pemendag 31 Tahun 2023. Tepatnya, dengan melakukan audit.

Saat ditanya alasan pemerintah perlu melakukan audit, Mendag Zulkifli Hasan menyebut prosesnya harus seperti televisi. Yang disebutnya sebagai siaran percobaan.

TikTok Shop

“kan seperti TV, siaran percobaan namanya,” imbuh dia.

Pria yang akrab dipanggil Zulhas ini juga menegaskan bahwa nantinya TikTok Shop ini tidak akan berjualan dan berubah menjadi e-commerce. Sehingga, peran tersebut tetap dijalankan oleh Tokopedia.

“E-commercenya tuh Tokopedia (yang) bekerja sama dengan Tiktok. Jadi, Tiktok bukan e-commerce. Yang berjualan adalah Tokopedia,” tegas dia.

Di samping itu, pemerintah juga meminta TikTok Shop untuk mengutamakan mempromosikan produk-produk dan seller lokal. Dia juga turut mengingatkan kepada UMKM untuk jangan sampai mandeg selama masa percobaan ini. Sebab, pihaknya memberi kesempatan untuk berjualan.

“Ya itu nanti kita ingatkan yang paling penting pelaku UMKM ini jangan mandeg. (Kalau nantinya) mandeg gara-gara kita penyesuaian, kemudian orang berhenti berdagang, berhenti berusaha. Kita beri kesempatan,” pungkas dia.

Zulhas berharap bahwa dengan adanya kolaborasi ini, TikTok Shop dan Tokopedia dapat memberi manfaat kepada UMKM. Sehingga, mereka dapat melanjutkan usahanya kembali seperti sediakala.

Sementara itu, TikTok Shop telah kembali beroperasi sejak Senin (11/12) malam dengan menggandeng Tokopedia. Kini, platform tersebut sudah menambahkan bilah Shop dengan tampilan antarmuka bernuansa hijau khas Tokopedia.

Bilah Shop tersebut menawarkan berbagai macam produk jualan dari berbagai UMKM. Kendati demikian, menurut penelusuran Gadgetdiva, pengguna masih tetap dapat melakukan transaksi di dalam aplikasi TikTok.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan