TikTok Shop Balik ke Indonesia Bareng Tokopedia, Gelar Kampanye Beli Lokal 12.12

0
Beli Lokal
Direktur Eksekutif E-commerce TikTok Indonesia Stephanie Susilo

Gadgetdiva.id — Fitur TikTok Shop resmi kembali ke Tanah Air bersama Tokopedia. Menandai kerja sama tersebut, keduanya menggelar kampanye bertajuk Beli Lokal 12.12 yang jatuh bersamaan dengan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) pada Selasa (12/12).

Pada acara konferensi pers, Direktur Eksekutif E-commerce TikTok Indonesia Stephanie Susilo menyatakan bahwa kampanye Beli Lokal ini dapat dimanfaatkan oleh penjual untuk secara langsung berinteraksi dengan pembelinya.

Dia juga menegaskan bahwa Harbolnas kali ini akan berfokus pada promosi merek dan produk lokal. Tujuannya ialah untuk memberikan eksposur yang lebih bersar terhadap merek lokal di platformnya.

“Kami berharap Harbolnas tahun ini dapat menjadi momen bagi konsumen untuk menikmati promo-promo menarik dan para penjual untuk memperdagangkan produk dalam negeri. Sehingga, pada akhirnya, dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dengan menjaga tingkat konsumsi dalam negeri,” demikian yang disampaikan oleh Stephanie dalam acara konferensi pers yang berlangsung di bilangan Jakarta, hari ini.

Beli Lokal

Kampanye Beli Lokal 12.12

Kampanye Beli Lokal berlangsung pada 12 Desember 2023. Dalam kampanye ini, para pengguna dapat menikmati sejumlah penawaran. Mulai dari diskon hingga Rp. 100 ribu, Flash Sale Rp. 12 ribu, Diskon hingga Rp. 100 ribu dan masih banyak lagi.

Sejatinya, Harbolnas merupakan salah satu program yang dicanangkan pemerintah dengan para pelaku industri digital lokal. Transkasi saat Harbolnas sendiri menembus hingga Rp. 22,7 triliun pada tahun 2022, angka tersebut meningkat sebesar 26% dari tahun sebelumnya.

Di samping itu, tercatat pula pembelian produk lokal meningkat hampir 18 persen dari pembelian pada 2022 silam. Angka tersebut setara dengan nominal Rp. 18 Triliun.

TikTok Shop

Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia Zulkifli Hasan menyampaikan bahwa Harbolnas merupakan kesempatan untuk mengajak seluruh masyarakat agar semakin bangga menggunakan produk lokal. Di samping itu, dirinya juga berharap transaksi selama periode Harbolnas 2023 ini akan meningkat seperti beberapa tahun sebelumnya.

“Kami berharap transaksi pada Harbolnas 2023 ini juga akan meningkat seperti tahun-tahun sebelumnya, tentunya dengan pembelian produk lokal yang juga akan terus meningkat. Para pelaku usaha terutama pelaku usaha lokal dapat memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan penjualannya dan memperluas pasar,” tutup Zulkifli.

Kolaborasi antara TikTok dan Tokopedia ini masih dalam pengawasan pemerintah. Keduanya harus melalui masa uji coba selama 4 bulan ke depan.

Setelah melewati masa uji coba, pemerintah akan melakukan evaluasi apakah kolaborasi antara TikTok Shop dan Tokopedia ini layak untuk dilanjutkan sesuai dengan Pemendag 31 Tahun 2023. Tepatnya, dengan melakukan audit.

Sementara itu, Presiden Tokopedia Melissa Siska Juminto turut membuka suara terkait masa percobaan ini. Dirinya menyatakan bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dengan semua regulator guna menjaga kolaborasi yang dilakukannya ini.

“Karena ini kan baru uji coba ya jadi memang niat kami sih benar2 memikirkan umkm dan fokus dan programnya. Dari hulu ke hilir, beberapa program talenta dan program mendukung produk ke luar negeri,” ujar Melissa.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan