Gadget

Review Samsung Galaxy A04s Cuma Rp2 Jutaan, Andalan Gen Z Bikin Konten

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Review Samsung Galaxy A04s usai menggunakannya selama beberapa pekan. Meski sukses di ranah flagship, Samsung tidak melupakan segmen entry level dengan meluncurkan Galaxy A04s.

Sebelumnya memang ada A04 tanpa s, tapi kini ada banyak peningkatan yang dilakukan di dalam smartphone dengan embel-embel s di belakangnya.

Samsung sepertinya ingin memberikan akses ke lebih banyak Gen Z yang suka berkreasi dengan Galaxy A04s ini. Pasalnya, selain harga yang terjangkau, A04s juga dibekali dengan banyak fitur yang lumayan untuk membuat konten.

Desain warna-warni, layar berkekuatan 90Hz, triple camera dengan resolusi 50 megapiksel, RAM 4GB dan baterai 5000 mAh yang tahan lama, membantu para Gen Z untuk bisa membuat konten yang menarik di sosial media.

Galaxy A04s

Berikut hasil review Gadgetdiva setelah beberapa pekan menggunakan Samsung Galaxy A04s.

Desain Samsung Galaxy A04s

Desain warna-warni merupakan khas Samsung entry level. Pasalnya, desain merupakan salah satu hal yang pertama kali dilihat. Kesan pertama inilah yang ingin dilihat oleh para Gen Z dan membuat mereka tertarik untuk memiliki.

Kebetulan kami mendapatkan desain dengan warna Copper. Yang paling jelas terlihat adalah bodi belakangnya yang dibekali dengan tiga kamera dengan sebuah lampu flash. Desain kamera sekilas mirip dengan Samsung Galaxy Entry Level yang lain, seperti A13, A32, dan beberapa seri lainnya.

Samsung Galaxy A04sSamsung Galaxy A04s

Di samping kiri ada slot untuk dual sim card sedangkan di bagian seberang ada tombol aktivasi yang ditemani volume. Bagian bawah masih tersedia lubang untuk earphone kabel, tapi Samsung tidak menyertakan earphone kabel dalam kemasan. Enam lubang speaker ada di sisi kanan bawah, sedangkan di tengah terdapat port charging USB Type-C. Perlu diingat, masih ada kepala charger disertakan dalam kemasan Galaxy A04s.

Desain bodi belakang A04s cukup mengilap karena ditutup dengan bodi plastik berbahan glossy. Saking mengilapnya, saat dipegang pun licin. Jadi, buat yang tangannya sering berkeringat, ada baiknya menggunakan casing tambahan agar smartphone tidak mudah terpeleset dari tangan. Namun secara keseluruhan, desain A04s cukup menarik dan masih bisa dikantongi di saku baju atau celana.

Layar

Layar berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD Plus dan refresh rate 90Hz. Di bagian tengah atas layar yang telah dilindungi lapisan kaca Gorilla Glass 3 ini, terdapat notch alias “poni” bergaya waterdrop yang memuat kamera selfie 5 MP.

Asal tahu saja, saat kita men-scroll, swipe atau tap, layar butuh waktu untuk merespons dan menampilkan gambar sesuai dengan instruksi yang diberikan. Makin cepat waktu respon, makin nyaman pengguna memakai smartphone. Sebaliknya, makin lama waktu respon, smartphone terasa ngadat dan ini akan sangat mengganggu. Makanya, refresh rate layar sangat penting.

Galaxy A04s

Nah, di Galaxy A04s ini, refresh rate layar sudah 90 Hz. Lebih besar dibanding layar smartphone entry level pada umumnya, yang rata-rata masih 60Hz. Sepertinya, A04s merupakan smartphone entry level yang punya refresh rate 90Hz.

Fitur ini membuat layar lebih smooth saat digunakan untuk scrolling konten-konten di media sosial dan lebih stabil saat streaming lewat YouTube. Kita dibuat nyaman dengan ukuran layar 6,5 inci yang lapang dan resolusi tinggi HD+, jadi bisa puas mendapatkan tampilan utuh saat dan kualitas jernih ketika nonton konten. Ditambah dengan fitur Eye Comfort Shield, mata jadi terasa lebih nyaman saat lama menatap layar smartphone.

Kamera

Nah, ini merupakan fitur penting bagi Gen Z dalam memilih smartphone. Beruntung, Samsung Galaxy A04s memiliki kamera utama dengan resolusi 50 megapiksel. Foto untuk OOTD, hingga mereka dengan resolusi tinggi bisa dilakukan dengan kamera ini.

Samsung Galaxy A04sFoto malam hari
Samsung Galaxy A04sHasil foto Makro
Samsung Galaxy A04sHasil Photo
Samsung Galaxy A04sHasil foto makanan

Untuk mulai menggunakan lensa 50MP, pengguna harus memiliki resolusi yang posisinya ada di atas, nomor dua sebelah kanan. Saat membidik dalam keadaan cahaya kurang atau di dalam ruangan, atur kecerahan objek dengan menaikturunkan garis kuning yang muncul di layar. Kemudian jika sudah dirasa kecerahannya cukup, sentuh logo gembok agar Focus terkunci.

Selain resolusi 50MP, dua kamera lainnya dibekali masing-masing 2 megapiksel, baik untuk lensa makro maupun depth sensor. Sayangnya, tidak ada fitur night mode di A04s namun hasil foto malam hari tetap bisa dilakukan dengan menggunakan pencahayaan yang seadanya.

Samsung Galaxy A04sHasil foto panorama
Samsung Galaxy A04sHasil foto wide angle
Samsung Galaxy A04sHasil foto Selfie di Samsung Galaxy A04s
Samsung Galaxy A04sHasil foto Portrait

Hasil foto di kamera Galaxy A04s akan lebih baik jika diambil di luar ruangan, dengan pencahayaan dari matahari terik. Sangat bagus untuk membuat foto OOTD atau merekam konten hidden gems yang ada di sekitar rumah. Untuk membuat video, kamera A04s bisa merekam video HD maupun FHD dengan 30 frame per second (fps).

Oia, kamera A04s juga bisa digunakan untuk melakukan zoom pada objek. Bisa sampai 10x Zoom. Namun Zoom tidak bisa digunakan saat membuka lensa kamera 50MP.

Hasil foto Zoom 5x
Hasil foto Zoom 10x

Performa Samsung Galaxy A04s

Bisa dibilang, Samsung mulai peduli pada RAM dan ROM yang besar di smartphone entry level. Makanya, A04s dibekali dengan RAM 4GB dan ROM 64GB. Bahkan ROM sebesar itu bisa ditambah sampai 1TB dengan slot memori eksternal. Atau bisa uga mengaktifkan RAM Plus yang bisa menambah memori RAM sampai 8GB. Jadi, kamu bisa menyimpan berbagai foto dan video tanpa khawatir kehabisan memori untuk di-edit dengan lancar. Buka berbagai aplikasi media sosial secara simultan juga tetap smooth, hingga pakai smartphone dalam waktu lama tanpa cepat lemot.

Samsung Galaxy A04s ditenagai dengan chipset yang memiliki prosesor (CPU) delapan inti (octa core). Chipset yang digunakan Samsung A04s adalah chipset Exynos 850 yang sebelumnya terdapat di beberapa ponsel kelas entry-level Samsung, salah satunya adalah Galaxy A13. Untuk aspek software, ponsel ini menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) OneUI 4.

Pada aspek daya, Samsung Galaxy A04s dibekali dengan baterai yang cukup besar di kelasnya, yaitu dengan kapasitas 5.000 mAh. Baterai ini mendukung pengisian cepat berdaya 15 watt via konektor USB-C.

Samsung Galaxy A04S sudah cukup untuk menemani rutinitas kamu sehari-hari. Bahkan, jika untuk pemakaian ringan, smartphone ini sanggup bertahan hingga 24 jam lebih. Bisa juga untuk menemani kamu menonton drama korea saat sedang berada di kereta atau MRT.

Dengan 5000mAh, total untuk pemakaian ringan bisa mencapai 22 jam. Namun untuk dijadikan alat menonton layanan streaming, baik Netflix ataupun YouTube, bisa bertahan sampai 9 jam, apalagi jika digunakan untuk bermain game, daya tahannya bisa lebih kecil lagi.

Pengecasan menggunakan charger 15W bisa dilakukan selama 1 jam 30 menit untuk pengecasan dai 0 persen ke 50 persen. Ini artinya, untuk pengisian dari 0 persen ke 100 persen, diestimasi bisa mencapai 3 jam lebih.

Untuk bermain game, Galaxy A04s juga punya fitur yang bisa memacu untuk bermain game. Selain suara untuk game yang dibekali dengan Dolby Atmos, ada juga namanya Game Booster. Fitur ini mampu membuat nyaman gamers untuk bermain karena bisa melakukan pemblokiran notifikasi, panggilan, atau optimasi performa perangkat sampai baterai saat bermain game.

Dengan semua kelebihan tersebut, Samsung Galaxy A04s dijual dengan harga Rp2.099.000.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Realme GT 6T Debut di India Pakai Snapdragon 7+ Gen 3
Gadget

Realme GT 6T Debut di India Pakai Snapdragon 7+ Gen 3

Salah satu yang menjadi unggulan dari perangkat ini ialah chipsetnya. Realme GT 6T dilaporkan menjal..

Galaxy Unpacked Diprediksi Bakal Berlangsung Pada 10 Juli 2024 di Paris
Gadget

Galaxy Unpacked Diprediksi Bakal Berlangsung Pada 10 Juli 2024 di Paris

Samsung dikabarkan bakal menggelar Galaxy Unpacked pada 10 Juli 2024 mendatang. Gelaran tersebut ber..

Tecno Spark 20 Pro+ Meluncur dengan Varian Warna Terbaru, Berikut Fitur Unggulannya
Gadget

Tecno Spark 20 Pro+ Meluncur dengan Varian Warna Terbaru, Berikut Fitur Unggulannya

Tecno Spark 20 Pro+ menghadirkan warna baru dan fitur-fitur terkini yang memukau pengguna. Lihat keu..

POCO F Series Siap Buka Segmen Pasar Flagship yang Baru
Gadget

POCO F Series Siap Buka Segmen Pasar Flagship yang Baru

POCO kembali menyiapkan gebrakan baru dengan meluncurkan seri terbarunya, POCO F6. Dengan peningkata..

FUJIFILM Luncurkan Dua Kamera Digital Mirrorless dan Dua Lensa Terbaru
Gadget

FUJIFILM Luncurkan Dua Kamera Digital Mirrorless dan Dua Lensa Terbaru

FUJIFILM Indonesia dengan bangga mengumumkan peluncuran dua kamera digital mirrorless terbaru serta ..


;