Pasar Smartwatch Global Meningkat 30%

0
lato-lato

Gadgetdiva.id — Laporan dari Counterpoint menyatakan bahwa pasar smartwatch global meningkat 30%. India menduduki posisi paling atas.

Sejak awal tahun 2022, pasar smartwatch global telah meningkat lenbih dari 30% setiap tahun. Dengan pertumbuhan tahunan lebih dari 171%, India kini telah menempati posisi teratas, bahkan menjadi pasar smartwatch terbesar di dunia.

Mempertimbangkan laporan tersebut, Counterpoint telah memisahkan kategori smartwatch menjadi dua kelompok. Yakni, basic smartwatch dan HLOS.

Istilah smartwatch HLOS di sini mengacu pada jam tangan kelas atas yang mampu menjalankan aplikasi pihak ketiga dan memiliki sistem operasi kelas atas. Sedangkan, basic smartwatch, di sisi lain, merupakan smartwatch dengan sistem operasi ringan yang ditujukan untuk konsumen dengan budget yang terbatas.

Pasar Smartwatch di India

Analis Riset Woojin Son menyatakan bahwa pengiriman smartwatch HLOS tumbuh sebesar 23% YoY pada Q3 20222. Pengiriman basic smartwatch meningkat lebih dari dua kali lipat YoY, menyumbang 35% dari total pasar.

Pengingatkan ini dapat dikatakan luar biasa dalam pengiriman basic smartwatch menunjukkan bahwa basis pasar tersebut berkembang pesat menuju segemen yang lebih mudah diakses di tengah dorongan agresif dari segi penawaran.

“Namun tetap saja, dalam hal pendapatan, smartwatch HLOS mengungguli basic smartwatch dengan ukuran pasar hampir 10 kali lipat karena harga jual rata-rata yang tinggi,” tutur Woojin Son yang dikutip dari Gizmochina.

Smartwatch
Foto: Gizmochina

Dengan pangsa pasar lebih dari 50% dan peningkatan 48% dari YoY, Apple menjadi pemimpin industri dalam kategori smartwatch HLOS. Samsung, Amazfit, Huawei, Garmin dan merek lainnya adalah yang tersisa dalam daftar.

Pasar smartwatch Samsung meningkat sebesar 62% QoQ, sebagian hasil dari seri Galaxy Watch 5. Namun, pengiriman Samsung hanya meningkat 6% YoY dikarenakan kehilangan pangsa pasar di India, turun di bawah 3%.

Sedangkan, Noise memiliki pangsa pasar sekitar 25%, diikuti oleh Fire-boltt dengan 24%, boAt dengan 16%, Xiaomi dengan 4.2% dan Huawei dengan 3.2%. Noise merupakan perusahaan asal India, naik ke posisi ketiga setelah Apple dan Samsung.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini