Fitur Baru One UI 5.0, Ada Peningkatan Kamera di Samsung Galaxy

0
samsung One UI 5.0
Raline Shah menggunakan Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Gadgetdiva.id — Sistem antarmuka pengguna (user interface) kustom besutan Samsung One UI 5.0 kini telah disebar ke seluruh pengguna smartphone Galaxy. Di dalamnya terdapat fitur-fitur baru, termasuk menjaga keamana perangkat dan data pengguna. Namun yang paling menarik adalah peningkatan dari sisi kamera.

Mode kamera Samsung One UI 5.0 sekarang lebih ramah pengguna dengan beberapa tab informasi cepat untuk mode foto dan video Pro. Ikon “i” kecil dapat diketuk dengan panel mengambang yang memberikan ikhtisar singkat tentang apa yang dikontrol atau diubah oleh setiap toggle dan pengaturan dalam video dan foto mode Pro saat disesuaikan.

Watermark dapat ditambahkan atau diaktifkan untuk semua gambar yang diambil dengan kamera Galaxy berkat toggle baru di menu Pengaturan. Ini termasuk kemampuan untuk menambahkan watermark berupa waktu dan tanggal, nomor model perangkat, atau teks watermark khusus yang disesuaikan dengan gaya pengguna di Samsung One UI 5.0.

samsung one ui 5.0
Tampilan Panel Edge di Samsung Galaxy Z Flip4 5G.

Samsung juga telah meningkatkan akselerasi zoom saat menggunakan roda gulir kamera digital. Saat memperbesar atau memperkecil dalam jendela bidik, pengguna akan mencapai titik 100x atau tingkat zoom 0,5x dengan lebih mudah. Ini membuat nyaman pengguna saat ingin memperbesar atau memperkecil dengan cepat dan mengambil snap saat bepergian.

Jika menggunakan Portrait Blur untuk foto, Samsung sekarang bisa menyesuaikan efek blur setelah gambar diambil dari dalam aplikasi Galeri. Fungsi lainnya yang ditambahkan di One UI 5.0 adalah kemampuan untuk memilih, menyalin, dan membagikan teks dari gambar dan video dalam aplikasi Galeri. Jika ada teks dalam gambar, cukup tekan lama, dan perangkat Galaxy akan menganalisis dan mengidentifikasi teks apa pun yang dapat di salin.

Opsi stiker kustom baru memungkinkan kita memilih bagian mana pun dari gambar dan mengubahnya menjadi PNG, yang dapat digunakan sebagai stiker berkat sifat transparan gambar PNG. Deteksi tepi dapat diterima untuk pengeditan dasar tetapi tidak terlalu tepat.

samsung one ui

Alat editing juga telah naik level secara signifikan di One UI 5.0. Sekarang ini menyertakan sejumlah alat yang disempurnakan seperti kemampuan untuk membuat bentuk yang tepat saat menyorot bagian gambar. Ini sederhana, karena kita dapat menggambar bentuk, lalu menahannya dan bentuk tersebut akan diidentifikasi dan diubah menjadi bentuk yang akurat.

Samsung juga telah meningkatkan pilihan stiker default yang dapat diterapkan pada gambar, dengan menambahkan bentuk blok, gelembung ucapan, dan mesin terbang untuk ditambahkan ke gambar. Saat menambahkan teks, penggeser dalam aplikasi baru memungkinkan kita mengontrol ukuran font sepenuhnya dengan presisi.

Fitur-fitur lain yang ada di Samsung One UI 5.0 di antaranya

1. Bixby Text Call

Fitur Bixby Text Call memungkinkan kita dapat menjawab panggilan telepon hanya dengan mengetik pesan. Bixby dapat mengubah teks menjadi audio dan membagikannya langsung dengan penelepon seolah berasal dari pengguna. Bisa juga mengubah apa yang dikatakan penelepon, dari suara menjadi teks.

2. Tampilan layar

One UI 5 juga menawarkan tampilan dan nuansa baru yang membuat pengalaman pengguna lebih ramah dan mulus. Dari ikon aplikasi yang lebih menonjol dan sederhana hingga skema warna yang disederhanakan, Samsung telah memperhatikan detail yang rumit untuk pengalaman seluler yang lebih menarik.

3. Widget di One UI 5.0

Widget di One UI 5 hadir dengan opsi baru yang menarik dan kemampuan untuk menjaga Home screen Anda tetap rapi dengan Stack widget terbaru. Fitur baru ini memungkinkan Anda melakukan drag and drop pada widget di atas satu sama lain dan swipe ke kiri atau ke kanan untuk menggulir setiap widget dengan cepat dan mudah, untuk mengosongkan ruang di Home screen dan menggunakannya dengan lebih efisien.

4. Keamanan

Security and privacy dashboard terbaru ini telah dirancang sesederhana mungkin untuk mempermudah dan memahami status perangkat Anda dengan cepat dan mudah. Untuk memastikan informasi pribadi Anda tetap pribadi, One UI 5 juga memiliki notifikasi di Share Panel terbaru yang memperingatkan Anda jika Anda akan tanpa sengaja membagikan foto yang berisi informasi yang berpotensi sensitif seperti gambar kartu kredit atau debit Anda, SIM, atau paspor.

Terkait dengan Samsung One UI 5.0,  ada One UI Beta Program untuk mengumpulkan masukan pelanggan mengenai pengalaman mobile mereka. Dalam lima generasi pembaruan One UI, sekitar 500.000 pengguna Galaxy telah berpartisipasi dalam program open beta ini–memberikan lebih dari 350.000 feedback yang digunakan untuk menyempurnakan pengalaman Galaxy saat ini secara keseluruhan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini