Samsung Masih Rajai Pasar Smartphone Akhir 2022

0
Samsung

Gadgetdiva.id — Sebuah riset menemukan bahwa Samsung masih merajai pasar smartphone selama Q4 2022. Meski, keseluruhan pasar mengalami penurunan.

Dikutip dari SAMMobile, riset Canalys menemukan bahwa Samsung merupakan merek smartphone terbesar di dunia tahun 2022. Merek tersebut berhasil menembus pangsa pasar global sebanyak 22%, angka ini mengalami peningkatan poin sebesar 2% dibanding tahun 2021.

Sedangkan, posisi nomor dua diduduki oleh Apple yang juga mengalami peningkatan pangsa pasar sebesar 2% dari tahun 2021, yakni sebesar 19%. Bahkan Apple sebesar 25% berhasil mengalahkan Samsung di angka 20% pada Q4 2022 berkat iPhone 14 yang meluncur pada kuartal tersebut.

Samsung

Peringkat Pangsa Pasar Smartphone Android, Selain Samsung di Q4 2022

Kendati, perusahaan ponsel China justru mengalami penurunan. Xiaomi menempati peringkat ketiga dengan pangsa pasar 13% menurun 1% dibanding tahun 2021. Sebagain besar masalah ini disebabkan oleh tantangan di India, dimana perusahaan melawan pemerintah dalam kasus terkait penggelapan pajak.

Sementara itu, OPPO dan Vivo menduduki peringkat keempat dan kelima. Masing-masing dengan pangsa pasar 9% di tahun 2022. Pangsa pasar OPPO sebesar 11% pada tahun 2021, sedangkan pasar Vivo sebesar 10% di tahun 2021.

Samsung

Canalys turut membeberkan bahwa pasar smartphone global akan tetap datar selama taun 2023 akibat resesi ekonomi. Perusahaan dilaporkan akan mendekati tahun ini dengan hati-hati dan fokus pada profabilitas dengan mengurangi biaya.

Samsung sendiri menjadwalkan akan meluncurkan seri Galaxy S23 pada Q1 tahun 2023 ini. Tepatnya, pada 1 Februari mendatang.

Sedangkan, perusahaan diperkirakan akan meluncurkan Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 sekitar Q3 2023. Masih harus dilihat seberapa baik kinerja smartphone kelas atas tahun ini.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan