Review Xiaomi Redmi A1, Layar Luas Buat Nge-Youtube Harga Sejutaan

0
Redmi A1

Gadgetdiva.id — Meluncur di Indonesia pada akhir Oktober 2022 lalu, Xiaomi Redmi A1 sudah cukup untuk digunakan pada skenario sehari-hari. Apa aja sih yang dibawanya? Berikut review-nya. 

Xiaomi Redmi A1 merupakan ponsel entry-level di lini harga Rp 1 Jutaan yang berhasil meraih nilai TKDN tertinggi saat peluncurannya. Yakni, sebesar 40.3%.

Dengan nilai TKDN tersebut, artinya Xiaomi Redmi A1 memiliki manufaktur, pengembangan produk software secara lokal serta pengembangan aplikasi yang bekerja sama dengan mitra lokal. Manufaktur tersebut mencakup penyediaan mesin produksi, penggunaan tenaga kerja lokal serta penambahan proses SMT untuk perakitan PCB.

Spesifikasi yang dibawa oleh Redmi A1 ini sendiri juga tak kalah dari smartphone di kelasnya. Berikut dengan desain yang bisa dibilang cocok dipadu-padankan dengan outfit-mu sehari-hari. 

Lantas, apakah Xiaomi Redmi A1 masih relevan untuk dimiliki di tahun 2023? Begini ulasannya. 

Desain Xiaomi Redmi A1

Redmi A1 membawa desain mengotak khas seri Redmi besutan Xiaomi lainnya. Hanya saja, penampang bagian belakannya membawa desain unibody curved. 

Penampang belakangnya mengusung desain leather texture sehingga tak membuat perangkat licin maupun meninggalkan sidik jari saat digenggam. Meski begitu, Gadgetdiva sarankan kamu tetap membeli soft case dan menggunakannya sebagai pelindung karena tidak tersedia dalam paket pembelian. Sedangkan, modul dua kameranya dibuat cembung. 

Di sisi bagian atas perangkat terdapat speaker. Sementara di sisi bagian bawah terdapat microphone, port micro USB dan jack audio 3.5mm.

Kemudian, pada sisi kiri Redmi A1 terdapat slot SIM Cardsisi kanan terdapat tombol volume up and down serta tombol power. 

Redmi A1 hadir dalam warna Biru dan Hitam, kali ini kami kebagian warna Hitam. Menurut Gadgetdiva, pilihan warna biru yang dibawanya lebih lucu dan menggemaskan. Berbeda dengan warna hitamnya yang dibuat dengan kesan lebih anggun dan cocok digunakan untuk segala warna outfit yang kamu gunakan. 

Dengan berat sebesar 192 gram serta ketebalan 9,09 mm membuatnya mudah dibawa kemana-mana bahkan saat dimasukkan ke dalam saku maupun tas kecil. Ketebalannya pun tidak mengganggu sehingga mudah dioperasikan hanya dengan satu tangan. 

Yang menarik dari Redmi A1 ialah box-nya yang dirancang langsung oleh Xiaomi Fans asal Indonesia. Yakni, Sigit Setyp Nugroho yang mengangkat tema Indonesia. Tertuang dalam ilustrasinya yang menghadirkan suasana pedesaan di tanah air. 

Di dalam box pembelian, Paradiva akan mendapatkan adaptor charge 10W, kabel micro USB, SIM ejector kartu garansi. Serta, panduan singkat dan SIM Card Telkomsel. 

Xiaomi Redmi A1

Layar

Beralih ke bagian layar, Redmi A1 mengusung layar berukuran 6,5 inch HD+. Dengan mengusung desain dot drop atau yang dikenal dengan tetes air, sehingga membuatnya berponi.

Dimensi yang dibawanya ialah 1600 x 720 HD+ dengan rasio aspek sebesar 20:9. Cukup luas untuk digunakan sebagai sarana menikmati hiburan.

Xiaomi Redmi A1

Khususnya, saat menonton Youtube maupun scrolling media sosial. Saat digunakan untuk menonton di malam hari pun, kecerahan cahaya tidak mengganggu mata. Hanya saja, layarnya belum dilapisi dengan pelindung bawaan sehingga Paradiva harus membeli tempered glass sendiri. 

Kamera

Xiaomi Redmi A1 membawa kamera belakang dengan sensor utama 8MP serta kamera tambahan lainnya yang resolusinya tak diketahui. Dengan kamera ini, diklaim dapat melakukan perekaman video dengan resolusi 720p dan 1080p dengan kecepatan 30fps. 

Sedangkan, kamera selfienya beresolusi 5MP. Kendati, kamera masih dapat menghasilkan foto selfie yang ciamik jika terpapar cahaya yang terang dan cukup baik untuk digunakan saat melakukan video call.

Xiaomi Redmi A1

Dengan harga satu jutaan, kedua kamera yang dibawa oleh Xiaomi ini sudah membawa kualitas yang cukup bagus. Baik digunakan saat di ruangan indoor maupun outdoor. 

Saat digunakan di ruang outdoor dengan cahaya yang cukup, kamera dapat menghasilkan warna yang cerah dan detail yang jelas. Begitu pula di malam hari, dengan catatan kamu juga harus mendapatkan cahaya yang cukup. 

Berikut adalah hasil potret Redmi A1 yang diambil oleh tim Gadgetdiva. 

 

Xiaomi Redmi A1
Hasil foto kamera depan
Xiaomi Redmi A1
Hasil foto kamera belakang Outdoor

 

 

 

Xiaomi Redmi A1
Hasil foto kamera belakang outdoor
Xiaomi Redmi A1
Hasil foto kamera belakang Indoor
Xiaomi Redmi A1
Hasil foto kamera belakang Indoor
Xiaomi Redmi A1
Hasil foto kamera belakang Indoor

 

Xiaomi Redmi A1
Hasil foto kamera belakang outdoor malam hari
Xiaomi Redmi A1
Hasil foto kamera belakang outdoor malam hari

Baterai

Redmi A1 membawa baterai yang tergolong besar, yakni 5000mAh. Membuat perangkat diklaim dapat digunakan 30 jam untuk menelepon, 746 jam waktu siaga, 22 jam memutar video, 161 jam mendengarkan musik. 

Dengan baterai sebesar ini, Redmi A1 tergologn awet dan aman digunakan untuk penggunaan seharian penuh hingga dua hari penggunaan ringan. Mengingat spesifikasinya yang standar dan chipsetnya yang sudah hemat daya. 

Sayangnya, Redmi A1 masih belum dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat. Dengan teknologi 10W membuat proses pengisian daya akan berlangsung cukup lama.

Xiaomi Redmi A1

Kinerja

Xiaomi Redmi A1 sudah menjalankan chipset MediaTek Helio A22. Chipset tersebut ditemani dengan pilihan RAM 2GB + 32GB dan 3GB + 32GB. 

Perangkat sudah mendukung fiutr ekspansi RAM 2GB serta mendukung penyimpanan tambahan yang dapat ditingkatkan hingga 1TB. Kali ini, Gadgetdiva kedapatan varian  RAM 2GB+32GB. 

Sedangkan di bagian sistem operasi, Redmi A1 menjalankan Android GO Edition. Membuatnya terasa ringan sehingga aman saat menjalankan beberapa fungsi perangkat. 

Xiaomi Redmi A1

Dengan chipset yang dibawanya ini, Redmi A1 sudah cukup digunakan untuk menjalankan aplikasi media sosial standar seperti WhatsApp, Twitter dan Instagram. Paradiva juga masih mampu melakukan Zoom

Maupun, saat digunakan untuk menonton Youtube meski ketika resolusinya ditingkatkan sampai dengan 1080p, grafis yang ditampilkan menurun. Membuat layar menghasilkan gambar yang patah-patah, namun tidak mengganggu. 

Xiaomi Redmi A1 hadir dengan dua pilihan warna, yakni Biru dan Hitam. Serta, dua pilihan konfigurasi RAM sebesar 2GB+32GB dan 3GB+32GB. Perangkat dibanderol seharga Rp. 1.149.000. 

Xiaomi Redmi A1

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini