Canalys: Penjualan Smartphone Menurun di Q1 2023, Samsung Rajai Pasar

0
swipe gesture

Gadgetdiva.id — Perusahaan riset pasar Canalys merilis laporan terbaru dari penjualan smartphone selama kuartal pertama 2023. Data tersebut menyatakan bahwa penjualan smartphone menurun sebesar 12% dengan Samsung yang berhasil kembali menduduki posisi pertama.

Persaingan di pasar smartphone terus berlanjut sepanjang awal tahun 2023. Beberapa vendor berlomba-lomba mengeluarkan smartphone terbaru yang dibesutnya demi menguasai pasar.

Menurut data Canalys yang dilansir dari Gizmochina, penjualan smartphone mengalami penurunan sebanyak 12% selama kuartal pertama 2023. Tentu saja, tidak setiap periode dalam setahun serupa, jadi perubahan sekitar 10% adalah hal yang wajar. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa konsumen semakin jarang mengganti ponsel mereka.

Laporan Penjualan Smartphone Q1 2023 dari Canalys

Laporan yang sama juga turut menemukan bahwa Samsung berhasil merebut kembali posisinya dalam peringkat teratas dengan pangsa pasar 22%. Posisi tersebut sebelumnya diduduki oleh Apple dengan iPhone 14, kini perusahaan itu menduduki posisi kedua dengan pangsa pasar 21%.

Hal tersebut disebabkan pengenalan seri Galaxy S23 dan redupnya popularitas iPhone 14. Namun, perlu diingat bahwa perubahan ini tidak terlalu kritis. Sebab, Samsung sudah menjadi pemimpin pasar global dalam total penjualan.

Penjualan Smartphone

Kendati, tetap saja raksasa teknologi Korea Selatan ini mencapai kesuksesan penjualan dengan model-model dengan margin rendah dan terjangkau. Oleh karena itu, jika membahas terkait profitabilitas, Apple akan tetap menjadi yang teratas.

Selanjutnya, posisi ketiga dalam daftar diduduki oleh Xiaomi dengan pangsa pasar 11%. Perusahaan berhasil mempertahankan posisinya di peringkat tersebut, meski tampaknya mengalami kerugian bersih sebanyak 2% jika dibandingkan tahun lalu.

Salah satu penyebabnya ialah inflasi dan krisis ekonomi global. Selain itu, pabrikan asal China tersebut sering dikritik oleh para penggemarnya karena penetapan harga dan dituduh tidak menawarkan keseimbangan antara harga-kinerja lama.

Posisi keempat dalam daftar laporan tersebut diduduki oleh Oppo. Kemudian, diikuti oleh Vivo dalam posisi kelima.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan