Gadget

Pakai Fitur Fast Charging di Malam Hari Berbahaya untuk Ponsel, Ini Alasannya

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Seperti yang kita ketahui fitur fast charging pasti ada di setiap smartphone dewasa ini. Namun, ternyata fitur tersebut berbahaya untuk smartphone jika digunakan pada malam hari.

Fitur fast charging memungkinan perangkat kita terisi dalam kurun waktu kurang dari setengah jam, bahkan ada yang kurang dari 15 menit. Faktanya, menggunakan fitur ini dalam semalam dapat membahayakan perangkat kita.

Dilansir dari Gizmchina, hal tersebut dikarenakan fitur fast charging dapat membuat smartphone menghasilkan lebih banyak panas. Hal ini dapat berpengaruh pada perangkat dan baterainya.

Sedangkan, kelebihan suhu panas tidak baik untuk semua komponen perangkat dan kerusakaannya mungkin lebih besar tergantung pada model, jenis pengisian cepat, pengisi daya yang digunakan maupun faktor lainnya.

Meskipun smartphone saat ini memiliki baterai yang memungkinkan kita untuk mengisi daya ponsel di malam hari tanpa masalah, tidak demikian halnya dengan ponsel lama yang memiliki jenis baterai laun yang dapat mengurangi masa pakainya jika kamu mengisi daya lebih dari yang diperlukan, apapun jenisnya.

Bahkan, jika kamu memiliki smartphone saat ini dengan jenis baterai lain, kamu masih dapat terkena risiko tertentu dengan mengisi daya smartphone menggunakan cara ini saat kamu sedang tidur.

Oleh sebab itu, jika kamu ingin merawat smartphonemu, terutama jika kamu mengisinya di malam hari, disarankan untuk menggunakan pengisi daya lambat yang berkualitas baik dan bersertifikat. Bahkan, smartphone saat ini siap mengisi daya dengan aman di segala situasi dan bahkan memiliki fungsi pengisian daya pintar.

Namun, tetap ada risiko jika kamu menggunakan jenis pengisian daya ini sebagai kebiasaan. Meskipun, tidak berbahaya dan kamu tidak akan menyadarinya saat ini.

Rikisiko menignkat jika kamu tidak menggunakan pengisi daya asli atau memilih pengisi daya yang tidak bersertifikat untuk menghemat uang.

Menggunakan pengisi daya yang lambat di malam hari juga merupakan opsi yang lebih baik karena kamu memiliki waktu berjam-jam untuk mengisi daya ponsel hingga penuh. Padahal, justru pada malam hari adalah waktu yang tepat untuk menggunakan jenis pengisian daya yang lebih lambat lainnya.

Dengan cara ini, kamu dapat memanfaatkan waktu yang kamu kamu habiskan untuk tidur agar smartphone-mu dapat mengisi daya lebih lambat dan aman.

 


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

3 Tips Bikin Catatan Fun dan Aesthetic Pakai Galaxy Tab S6 Lite
Gadget

3 Tips Bikin Catatan Fun dan Aesthetic Pakai Galaxy Tab S6 Lite

Salah satu rahasia dari pengalaman mencatat yang menyenangkan dengan Galaxy Tab S6 Lite adalah pengg..

Apple Capai Kesepakatan dengan OpenAI untuk Sediakan Chatbot di iOS
Gadget

Apple Capai Kesepakatan dengan OpenAI untuk Sediakan Chatbot di iOS

Apple dikabarkan tengah menandatangani kesepakatan dengan OpenAI. Kedua belah pihak telah mencapai k..

Galaxy Ring Diperkirakan Bakal Dijual Mahal
Gadget

Galaxy Ring Diperkirakan Bakal Dijual Mahal

Kabar tersebut dibocorkan oleh Yogesh Brat yang mengungkap harga yang akan datang untuk Galaxy Ring ..

Galaxy Z Fold 6 Slim Kemungkinan Bakal Meluncur Bersama Galaxy S25
Gadget

Galaxy Z Fold 6 Slim Kemungkinan Bakal Meluncur Bersama Galaxy S25

Rumor terbaru menyebutkan bahwa Samsung berencana untuk meluncurkan perangkat Galaxy Z Fold 6 Slim b..

OPPO 12 Series Resmi Debut, Desain Lebih Tipis
Gadget

OPPO 12 Series Resmi Debut, Desain Lebih Tipis

OPPO Reno 12 dan Reno 12 Pro diklaim membawa desain lebih tipis dibandingkan dengan pendahulunya...


;