Gen Z di AS Lebih Suka Pakai HP Nokia Jadul, Kenapa?

0
Gen Z

Gagdetdiva.id — Sebuah laporan menyatakan bahwa puluhan ribu ponsel Nokia terjual setiap bulannya selama tahun 2022 di AS. Salah satu pemicunya ialah Gen Z lebih suka menggunakan ponsel jadul tersebut ketimbang smartphone canggih.

Para Gen Z tersebut menyebut hp jadul itu sebagai dumb phone yang hanya dapat digunakan untuk mengirim SMS dan menelepon. Hal ini disebabkan mereka ingin mengurangi screen time dalam smartphone.

Kendati sudah mulai usang dan telah lama ditinggalkan, HP jadul alias ponsel fitur sebenarnya telah lama populer di awal tahun 2000-an. Sebelum iPhone diluncurkan pada tahun 2007.

HMD Global, pembuat ponsel Nokia, menyatakan bahwa mereka telah berhasil menjual puluhan ribu ponsel fitur sepanjang tahun 2022. Ponsel flip dan slide tersebut mencakup kemampuan tambahan seperti GPS dan penyimpan musik.

Meningkatnya permintaan ponsel fitur ini sebagian didorong oleh gerakan yang muncul untuk memutuskan ketergantungan remaa pada media sosial. Gerakan tersebut dilakukan oleh sejumlah organisasi termasuk Klub Luddite.

Klub Luddite merupakan sebuah grup yang didirikan oleh remaja kota New York pada tahun 2022. Mereka menukar smartphone merek dengan ponsel fitur flip.

Tren ini rupanya telah meluas hingga ke influencer. Mereka mendokumentasikan perjalanan mereka mengurangi screen time dengan menggunakan ponsel fitur tersebut.

Sementara itu, perushaan seperti Light dan Punkt memanfaatkan pergerakan tersebut dengan menjual ponsel yang membatasi pengguna di luar teks dan panggilan.

Co-Founder Light Joe Hollier menyatakan bahwa misi perusahaan tela beresonansi dengan kamu muda dalam beberapa tahun terkahir.

“Apa yang kami coba lakukan dengan ponsel Light bukanlah untuk membuat “dumb phone”, tetapi untuk membuat ponsel yang lebih disengaja – ponsel premium dan minimal yang pada dasarnya tidak anti teknologi,” ungkap dia yang dilansir dari CNBC pada Rabu (26/4).

Gimana Paradiva? Kamu tertarik nggak untuk menggunakan HP jadul ini?

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan