Gadget

Tren Smartphone di Indonesia Berubah, OPPO Lakukan Hal Ini

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — OPPO Indonesia berfokus untuk menghadirkan smartphone premium dibandingkan low-end alias menengah ke bawah. Hal ini disebabkan turunnya pasar smartphone dan perubahan pola konsumen di Indonesia.

Merujuk pada data dari IDC yang menunjukkan bahwa tren smartphone di Indonesia mengalami penurunan di tahun 2022. Dilaporkan terjadi penurunan sebesar 14,3% secara YoY menjadi 35 juta unit tahun lalu.

Tablet Rasa PC, Ini Keunggulan Huawei MatePad 11 2023

Bahkan, IDC mengklaim bahwa penurunan pasar smartphone ini terjadi pertama kali setelah selama 13 tahun selalu mengalami pertumbuhan. Hal tersebut ternyata menjadi pertimbangan OPPO untuk menyiapkan perangkat flagship.

PR Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto menyatakan bahwa pihaknya melihat adanya pergerakan pola konsumen dari low-end ke perangkat lebih premium. Pola ini berbeda jika dibandingkan dengan tahun lalu.

OPPO Aryo Meidianto PR Manager OPPO Indonesia

“Apa yang kita proyeksikan sekarang dan sudah diamini oleh teman-teman dari IDC adalah kita memproyeksikan ada pergerakan dimana pasar low-end mungkin perkembangannya agak lebih stagnant,” jelas Aryo saat ditemui di pabrik OPPO Indonesia pada Kamis (4/5). 

Aryo melanjutkan bahwa kini konsumen lebih memilih perangkat premium jika dikaitkan dengan krisis ekonomi yang terjadi saat ini. Sebab itu, mereka berkeinginan untuk memiliki smartphone yang memiliki daya tahan lebih lama.

“Pola pergerakan kelas menengah ke atas dan menengah itu akan lebih tinggi. Makanya kita melihat pasar flagship sekarang mungkin lebih terlihat masuk akal dibandingkan kita mengembangkan pasar kelas menengah dan menengah ke bawah,” imbuh Aryo.

Kendati, tidak menutup kemungkinan bahwa ke depannya vendor akan tetap mengembangkan smartphone di kelas menengah dan menengah ke bawah. Perusahaan akan tetap memantau pola pergerakan konsumen dalam menyediakan smartphone.

OPPO Indonesia sendiri kini tengah bersiap untuk meluncurkan smartphone lipat flagship-nya. Yaitu, OPPO Find N2 Flip.

Perangkat tersebut mengusung teknologi New Generation Hinge yang terdapat pada engselnya. Teknologi ini memungkinkan perangkat lebih compact, fleksibel dan tanpa celah saat ditutup.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Google Pixel 7a Terungkap di Geekbench, Ini Spesifikasinya
Gadget

Google Pixel 7a Terungkap di Geekbench, Ini Spesifikasinya

Gadgetdiva.id — Google Pixel 7a kabarnya akan diluncurkan melalui perhelatan I/O 2023 pada..

Tablet Rasa PC, Ini Keunggulan Huawei MatePad 11 2023
Gadget

Tablet Rasa PC, Ini Keunggulan Huawei MatePad 11 2023

Gadgetdiva.id — Huawei MatePad 11 2023 akan meluncur di Indonesia pada 12 Mei mendatang. P..

Perempuan-perempuan Indonesia Dibalik Perakitan OPPO Find N2 Flip
Gadget

Perempuan-perempuan Indonesia Dibalik Perakitan OPPO Find N2 Flip

Gadgetdiva.id —  Tahukah kamu sebagian besar pengerjaan OPPO Find N2 Flip di Indonesia di..

Harga Mulai Rp1Jutaan, Redmi A2 Resmi Dijual ke Pasar Besok!
Gadget

Harga Mulai Rp1Jutaan, Redmi A2 Resmi Dijual ke Pasar Besok!

Gadgetdiva.id – Setelah merilis Redmi A1 tahun lalu, kali ini Xiaomi secara resmi akan menj..


;