Waspada! Malware Ini Sasar Pengguna iPhone Lewat iMessage

0
iphone
Foto: Unsplash

Gadgetdiva.id — Perusahaan keamanan siber dan anti-virus, Kaspersky baru saja menemukan jenis malware terbaru yang disebutnya Triangulation. Malware tersebut menargetkan pengguna iPhone lewat aplikasi iMessage.

“Kami telha menemukan serangan siber baru terhadap iOS yang disebut Triangulasi,” cuit CEO Kaspersky, Eugene Kaspersky dikutip Senin (5/6).

Malaware tersebut ditemukan perusahaan saat memantau jaringan Wi-Fi miliknya sendiri untuk perangkat seluler. Ditemukan bahwa malware ini dapat menginfeksi ponsel melalui iMessage berisi lampiran berbahaya yang diterima.

Ancaman tersebut tak mengharuskan pengguna iPhone untuk melakukan apapun dan memanfaatkan kerentanan iOS dalam memasang spyware yang mengambil kendali penuh atas perangkat serta data pengguna.

Melansir dari Gadget360, laporan dari Kaspersky menyatakan bahwa lampiran berbahaya yang dikirim melalui iMessage tersebut mengeksekusi kode tanpa memerlukan tindakan appaun dari pengguna. Kemudian, kode jahat tersebut akan menjalankan serangkaian perintah untuk mengumpulkan data pribadi pengguna.

Lebih lanjut, CEO Kaspersky juga menambahkan dalam cuitannya terkait serangan siber iOS yang lebih merinci. Dijelaskannya bahwa spyware mengekstrak informasi pribadi seperti rekaman, mikrofon, foto dari pesan instan, geolokasi dan data lain. Kemudian, mengirimkannya ke server jarak jauh.

Kaspersky menyatakan bahwa malware itu ditemukan pada puluhan iPhone karyawannya dan dapat menargetkan pengguna iPhone lainnya. Dia juga menambahkan bahwa ancaman tersebut telah dinetralkan dan rincian kerentanan telah dikirim ke Apple.

CEO Kaspersky ini juga mencatat bahwa dengan menonaktifkan layanan iMessage akan mencegah perangkat iOS yang rentan dari serangan siber tersebut. Perusahaan juga menambahkan bahwa setelah malware berhasil diinstal pada perangkat, teks awal dan eksploit yang menyertai lampiran iMessage dihapus.

Laporan Kaspersky ini mengatakan serangan tersebut sedang berlangsung dan iOS 15.7 merupakan versi terbaru di antara perangkat yang berhasil ditargetkan.

Sedangkan, iPhone yang menjalankan iOS 16 nampaknya aman dari ancaman. Kendati, Kaspersky menyebut bahwa mereka tak dapat menjamin versi iOS lainnya aman.

Pada hari Jumat (2/6) lalu, Kaspersky juga merilis alat bagi pengguna untuk memeriksa apakah perangkat mereka terinfeksi.

Apple sendiri pada bulan Februari lalu merilis pembaruan yang memperbaiki kerentanan utama. Yakni, dengan iOS 16.3 untuk iPhone dan macOS 13.2 untuk iPad dan Mac.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan