Gadget

iPhone 8 dan iPhone X Tidak Dapat Dukungan iOS 17, Intip Fitur Lainnya

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — iOS 17 turut dirilis dalam perhelatan WWDC 2023. Sistem operasi tersebut dikonfirmasi tidak akan mendukung perangkat iPhone 8, 8 Plus dan X.

Apple menegaskan bahwa pembaruan sistem operasi tersebut mengharuskan smartphone telah menjalankan chipset A12 Bionic atau yang lebih baru. Adapun smartphone yang lebih lama mendapat pembaruan iOS 17 seperti iPhone XR, XS, XS Max dan iPhone SE.

iOS 17 sendiri membawa beragam pembaruan yang lebih baru. Mulai dari fitur transkrip Live Voicemail, mode tampilan StandBy dan autocorrect yang pastinya lebih pintar.

Lebih dari itu, iOS 17 juga membawa fitur Smart Home Lock Screen yang dapat mengubah layar iPhone menjadi layar smart home. Melalui fitur tersebut pengguna dapat menampilkan berbagai informasi termasuk Calendar, Weather, Journal dan Contact Poster.

iOS 17

Mengenal Fitur Baru dari Sistem Operasi iOS 17

Contact Poster

iOS 17

Melansir dari CNET, Contact Poster merupakan tampilan yang menarik untuk foto kontak dan emoji dipadukan dengan font yang tampak apik saat pengguna menerima panggilan.

Paradiva dapat melakukan kostumisasi untuk tampilan Contact Poster serupa dengan kamu mempersonalisasi. Semua foto, font hingga warna dapat diubah sesuai dengan yang kamu inginkan.

AirDrop

Pembaruan lainnya yang ditingkatkan pada iOS 17 ialah peningkatan pada AirDrop. Dengan pembaruan ini, kamu hanya perlu mendekatkan iPhone-mu ke iPhone orang lain untuk berbagi Contact Poster, foto, video atau memulai aktivitas bersama menggunakan Share Play.

Untuk membagikan Contact Poster, Apple menggunakan istilah NameDrop. Dimana fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih info kontak apa saja yang dibagikan. NameDrop juga berfungsi antara iPhone maupun Apple Watch.

Tampilan StandBy

Fitur menarik lainnya yang dibawa oleh iPhone ialah StandBy. Merupakan fitur yang serupa dengan fitur Always On Display milik Android dan Amazon Echo Show.

Fitur ini memungkinkan layar untuk menampilkan waktu, foto, widger dan Live Activities; dimana semuanya hampir dapat dipersonalisasi. Fitur ini merupakan persilangan antara layar iphone 14 Pro yang always on Display maupun mode nightstand Apple Watch.

iOS 17

Saat kamu menggeser layar dalam mode StandBy, Paradiva dapat melihat foto maupun momen favoritmu. iOS 17 juga akan secara otomatis menampilkan secara acar gambar sehingga pengguna daapt memanfaatkan layar dengan sebaik-baiknya.

StandBy juga memungkinkan perangkat untuk menampilkan widget yang dapat dilihat sekilas. Misalnya, kamu dapat melihat weather, Apple Home smart controls atau widget lainnya. Dengan dukungan live activites, pengguna dapat melihat skor olahraga maupun status kalori makanan.

Aplikasi Journal

iOS 17 juga menghadirkan aplikasi terbaru milik Apple yang bernama Journal. Dimana dapat memberi saran yang dipersonalisasi untuk menginspirasi penulisan. Saran ini dapat dikuratori dari informasi di iPhone-mu, seperti foto, lokasi, musik dan olahraga.

Jorunal sendiri memberi kamu opsi untuk memilih momen, seperti “morning visit, Ocean Beach”. Kemudian, kamu dapat memulai untuk menulis.

Paradiva juga bisa menjadwalkan notifikasi untuk mengingatkanmu dan mendapat prompt terbaru. Kamu juga dapat menandai momen-momen penting sehingga dapat merenungkannya nanti.

iOS 17

Live Voicemail

Selanjutnya, sistem operasi iOS 17 juga memiliki fitur live voicemail. Fitur ini memungkinkan kamu untuk melihat voicemail secara langsung di layar, sehingga kamu dapat memutuskan apakah akan menerima panggilan tersebut.

Fitur live voicemail ini didukung oleh mesin saraf iPhone-mu untuk menjaga privasi penggunanya. Live voicemail sepertinya seripa dengan Call Screen pada Google Pixel Phone.

FaceTime iOS 17 dan Messages Check In

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk merekam pesan video di FaceTime. Merupakan fitur yang banyak diminta dan memastikan kamu dapat mendokumentasikan maupun berbagi momen penting, bahkan jika seseorang melewatkan panggilanmu.

Lebih lanjut, Apple juga memperluas dan menyerdahanakan pengguna yang ingin berbagi lokasi melalui fitur Messages. Fitur baru ini disebut Chek In yang memungkinkan pengguna untuk memberi tahu orang tersayang bahaw kamu berhasil mencapai tujuan dengan selamat.

Autorcorrect

Apple juga telah memperbaiki fitur autocorrect menjadi lebih cerdas. Sehingga, dapat memperbaiki lebih banyak kesalahan tata bahasa, mengembalikan kata yang sebelumnya telah kamu ketik dengan lebih mudah. Terlebih lagi, fitur ini memungkinkan kamu untuk menulis kata umpatan!

iOS 17

Selanjutnya, stiker iMessage mendapatkan drawer terbaru untuk menampilkan semua stiker yang kamu gunakan dalam satu tempat. Paradiva dapat menggunakan stiker emoji dalam bubble perpesanan, memutar dan mengubah ukurannya.

Ada juga opsi untuk menggunakan gif dari Live Photo. Stiker ini dapat diakses pada seluru sistem seperti Tapback, Marup dan aplikasi pihak ketiga lainnya.

Fitur lainnya

Lebih lanjut, iOS 17 juga membawa beragam fitur penting lainnya. Di antaranya sebagai berikut.

  • Memanggil Siri hanya dengan menggunakan kata “Siri”, bukan “Hey Siri”.
  • Megunduh peta offline dalam aplikasi Maps.
  • Profil baru untuk Safari dan password-mu.
  • Pengamibilan kode verifikasi satu kali dari aplikasi Mail.
  • Widget interaktif yang ditampilkan secara mendalam selama bagian iPadOS.

iOS 17 sendiri diperkirakan akan mulai diluncurkan sekitar bulan September mendatang. Gimana nih Paradiva? Sudah mulai nggak sabar belum?

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

3 Tips Bikin Catatan Fun dan Aesthetic Pakai Galaxy Tab S6 Lite
Gadget

3 Tips Bikin Catatan Fun dan Aesthetic Pakai Galaxy Tab S6 Lite

Salah satu rahasia dari pengalaman mencatat yang menyenangkan dengan Galaxy Tab S6 Lite adalah pengg..

Apple Capai Kesepakatan dengan OpenAI untuk Sediakan Chatbot di iOS
Gadget

Apple Capai Kesepakatan dengan OpenAI untuk Sediakan Chatbot di iOS

Apple dikabarkan tengah menandatangani kesepakatan dengan OpenAI. Kedua belah pihak telah mencapai k..

Galaxy Ring Diperkirakan Bakal Dijual Mahal
Gadget

Galaxy Ring Diperkirakan Bakal Dijual Mahal

Kabar tersebut dibocorkan oleh Yogesh Brat yang mengungkap harga yang akan datang untuk Galaxy Ring ..

Galaxy Z Fold 6 Slim Kemungkinan Bakal Meluncur Bersama Galaxy S25
Gadget

Galaxy Z Fold 6 Slim Kemungkinan Bakal Meluncur Bersama Galaxy S25

Rumor terbaru menyebutkan bahwa Samsung berencana untuk meluncurkan perangkat Galaxy Z Fold 6 Slim b..

OPPO 12 Series Resmi Debut, Desain Lebih Tipis
Gadget

OPPO 12 Series Resmi Debut, Desain Lebih Tipis

OPPO Reno 12 dan Reno 12 Pro diklaim membawa desain lebih tipis dibandingkan dengan pendahulunya...


;