Korea Utara Bikin Smartphone Samtaesong 8 Mirip Samsung Galaxy

0
Samtaesong 8
Foto: KCTV

Gadgetdiva.id — Korea Utara dilaporkan membesut sebuah smartphone mirip dengan Samsung yang bernama Samtaesong 8. Perangkat tersebut pertama kali ditampilkan pada televisi milik pemerintah setempat, Korean Central Television (KCTV).

Menurut Koreaherald, “Samtaesong” berarti tiga bintang terang yang dikutip dari Kamus Korea Utara. Istilah tersebut mengacu pada pendiri Korea Utara Kim Ilsung, istrinya Kim Jong-suk dan putranya Kim Jong-il. Mereka diduga melakukan perlawanan bersenjata terhadap pendudukan Jepang.

Samtaesong 8
Samtaesong 8 | Foto: KCT

Sementara, Samtaesong 8 sendiri memiliki penampilan dengan desain eksterior menyerupai Samsung Electronics asal Korea Selatan dan Huawei dari China. Perangkat membawa dua kamera ganda di bagian belakang dan satu kamera depan.

Kehadiran Samtaesong 8 ini menjadi pelengkap dari opsi smartphone Korea Utara lainnya, Pyongyang Touch dan Arirang. Belum dapat dipastikan apakah Samtaesong 8 ini diproduksi di Korea Utara atau diimpor dari China.

Sedangkan, dalam sebuah foto yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea yang dikelola pemerintah pada Rabu (12/7), pemimpin Korea Utara Kim Jong-un terlihat menggunakan smartphone lipat. Desainnya menyerupai ponsel Samsung Galaxy atau Huawei.

Samtaesong 8
Smartphone lipat milik Kim Jongun

Di samping itu, dilaporkan pula bahwa 6,5 juta hingga 7 juta warga Korea Utara diperkirakan memiliki akses ke jaringan seluler. Data tersebut dikutip dari laporan tahun 2022 oleh lembaga pemikir nirlaba Stimson Center.

Korea Utara sendiri diyakini mulai mengenalkan jaringan seluler kepada warganya tahun 2022. Akan tetapi, jaringan tersebut tak berkembang hingga tahun 2008 ketika Koryolink diluncurkan. Koryolink sendiri merupakan perusahaan patungan antara perusahaan telekomuniasi Mesir dan North Korea Post and Telecommunications Corp.

Sementara itu, kehadiran smartphone di Korea Utara menyebar dengan cepat di Pyongyang dan kota-kota besar lainnya pad tahun 2013. Sebagian besar ponsel diimpor dari China hingga ponsel pinter pertama yang diproduksi secara lokal, Arirang diperkenalkan pada Agustus 2013.

Smartphone Korea Utara juga telah membawa fitur-fitur berteknologi tinggi. Termasuk kecerdasan buatan dan fitur identifikasi biometrik seperti pengenalan suara dan wajah.

KCTV menyarankan para pemirsa Korea Utara untuk menunggu 1 hingga 2 detik sebelum menjawab panggilan telepon. Hal ini dilakukan supaya menghindari gelombang elektromagnetik, mengatur kecerahan untuk mata dan membatasi screen time untuk anak-anak.

Laporan KCTV menyatakan bahwa jumlah pengguna smartphone sendiri diproyeksikan telah menignkat secara eksponensial. Sebab, smartphone telah menjadi alat sangat penting di Korea Utara.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

Suka dengan artikel di atas? Click to DONATE


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan