Gadget

Canalys Beber Peringkat Top 5 Vendor Smartphone di Dunia Selama Q2 2023

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Perusahaan riset Canalys merilis laporan terbaru terkait pasar smartphone selama Q2 2023. Laporan tersebut terdiri atas peringkat vendor smartphone di Indonesia.

Laporan tersebut dihimpun mulai dari bulan April, Mei dan Juni. Berdasarkan laporan yang diterbitkan oleh Canalys, selama tiga bulan belakangan ini, ada sekitar 258,2 juta unit smartphone yang telah dikirimkan.

Angka ini tak sepenuhnya positif karena menunjukkan penurunan sebesar 10 persen dibandingkan dengan periode tahun lalu. Hal ini tidak terlalu mengejutkan, sebab ada tekanan inflasi dalam skenario ekonomi dan beberapa konsumen cenderung mempertahankan smartphone yang telah mereka gunakan daripada menggantinya dengan yang baru.

Lebih lanjut, laporan dari Canalys juga turut mengungkap top 5 vendor smartphone yang memimpin pasar smartphone di dunia selama Q2 2023. Top 5 tersebut terdiri atas Samsung, Apple, Xiaomi, OPPO dan Transsion.

Melansir dari Gizchina, pasar smartphone dunia selama kuartal ini masih dipimipin oleh Samsung dengan sekitar 53 juta smartphone. Perusahaan tersebut berhasil mempertahankan pangsa pasar mereka sebesar 21 persen.

Saingan terbesarnya di segmen tersebut ialah Apple yang berada di posisi kedua dengan sekitar 43 juta pengiriman smartphone dan pangsa pasarnya sebesar 17 persen. Diikuti oleh Xiaomi yang berada di posisi ketiga dengan 33,2 juta pengiriman smartphone dan 13 persen pangsa pasar.

OPPO berada di posisi keempat dengan 25,2 juta pengiriman smarpthone dengan pangsa pasar 10 persen. Posisi kelima diduduki oleh Transsion yang berhasil mengirimkan 22,7 juta pengiriman dengan pangsa pasar 9 persen.

Mungkin Paradiva bertanya-tanya apa itu Transsion? Yap, mereka merupakan pabriakn China yang bertanggung jawab atas merek seperti Tecno, Infinix dan iTel.

Mereka mampu memanfaatkan pemulihan di pasar Afrika dan baru-baru ini mengembangkan pasarnya di Indonesia. Menariknya lagi, Transsion bahkan menjadi satu-satunya merek dengan pertumbuhan tahunan yang positif sebesar 22 persen.

Kendati demikian, Canalys memprediksi adanya penuruan moderat dalam permintaan smartphone akan berlanjut pada paruh kedua tahun 2023. Banyak hal tak berubah dalam beberapa bulan ke depan, namun masih ada harapan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

3 Tips Bikin Catatan Fun dan Aesthetic Pakai Galaxy Tab S6 Lite
Gadget

3 Tips Bikin Catatan Fun dan Aesthetic Pakai Galaxy Tab S6 Lite

Salah satu rahasia dari pengalaman mencatat yang menyenangkan dengan Galaxy Tab S6 Lite adalah pengg..

Apple Capai Kesepakatan dengan OpenAI untuk Sediakan Chatbot di iOS
Gadget

Apple Capai Kesepakatan dengan OpenAI untuk Sediakan Chatbot di iOS

Apple dikabarkan tengah menandatangani kesepakatan dengan OpenAI. Kedua belah pihak telah mencapai k..

Galaxy Ring Diperkirakan Bakal Dijual Mahal
Gadget

Galaxy Ring Diperkirakan Bakal Dijual Mahal

Kabar tersebut dibocorkan oleh Yogesh Brat yang mengungkap harga yang akan datang untuk Galaxy Ring ..

Galaxy Z Fold 6 Slim Kemungkinan Bakal Meluncur Bersama Galaxy S25
Gadget

Galaxy Z Fold 6 Slim Kemungkinan Bakal Meluncur Bersama Galaxy S25

Rumor terbaru menyebutkan bahwa Samsung berencana untuk meluncurkan perangkat Galaxy Z Fold 6 Slim b..

OPPO 12 Series Resmi Debut, Desain Lebih Tipis
Gadget

OPPO 12 Series Resmi Debut, Desain Lebih Tipis

OPPO Reno 12 dan Reno 12 Pro diklaim membawa desain lebih tipis dibandingkan dengan pendahulunya...


;