OnePlus Hanya Akan Pakai Chipset dari Snapdragon Mulai Tahun Depan?

0
OnePlus 12
OnePlus 11

Gadgetdiva.id — OnePlus dan Realme dilaporkan hanya akan menggunakan chipset ekslusif Qualcomm mulai tahun depan dan seterusnya. Berita tersebut diungkap oleh situs Digital Chat Station di Weibo.

Melansir dari Gizmochina, OnePlus 12 akan ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Gen 3. Sedangkan, OnePlus 12R dan Nord 4 atau Nord 5 diharapkan untuk menggabungkan chipset Snapdragon 8 Gen 2 dan Snapdragon 7 Gen 3.

Secara historis, OnePlus telah menunjukkan kecenderungan untuk menggunakan Snapdragon daripada chipset MediaTek. Misalnya, smartphone andalannya, yakni OnePlus 11 dan Ace 2.

Kedua perangkat tersebut mengugnakan prosesor Snapdragon. Namun, beberapa rilis terbaru seperti Nord 3 dan Ace 2V dan tablet pertama OnePlus, yakni OnePlus Pad akan menggunakan chipset MediaTek.

OnePlus 12 kemungkinan akan menjadi ponsel debut dengan chipset Snapdragon 8 Gen 3. Perangkat dikabarkan akan diluncurkan paling cepat pada bulan November tahun ini.

Fitur-fitur ini diantipasi termasuk layar OLED beresolusi 2K dengan kecepatan refresh 120Hz, penyimpanan UFS 4.0 maksimum 1TB dan spesifikasi kamera yang kuat. Selain itu, OnePlus 12 diharapkan akan dapat mendukung kapasitaas pengisian daya yang cepat, baik melalui kabel maupun nirkabel.

Di sisi lain, OnePlus baru-baru ini menunjukkan komitmennya dalam menyuguhkan perfoma tinggi dalam smartphone-nya. Yakni, OnePlus Ace 2 Pro.

Dilaporkan bahwa OnePlus Ace 2 Pro ini ludes sebanyak 150.000 unit hanya dalam waktu 26 sebelum dirilis. Strategi perusahaan bertujuan untuk mengkonsolidasikan kepemimpinannya di pasar smartphone premium dengan memanfaatkan chipset Snapdragon 8 Gen 2.

Namun, ada kekhawatiran mengenai potensi kenaikan biaya dari chipset Snapdragon 8 Gen 3 terutama karena pergeserannya ke proses 4nm N4P TSMC. Langkah ini mungkin mendorong beberapa produsen ke arah kisaran Dimensity MediaTek, tetapi pemain besar mungkin memilih Snapdragon untuk ponsel andalan mereka, memprioritaskan kinerja daripada masalah biaya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan