Fairphone 5 Usung Desain Ramah Lingkungan, Janjikan Update OS 5 Kali

0
Fairphone 5

Gadgetdiva.id — Perusahaan asal Belanda, Fairphone baru saja meluncurkan smartphone terbarunya, yakni Fairphone 5. Perangkat tampil dengan desian mencolok dan dirancang dari material ramah lingkungan.

Melansir dari Phone Arena, 70 persen material Fairphone 5 menggunakan bahan daur ulang yang ramah lingkungan dan berfokus pada sustainability. Tak ada komponen dari perangkat tersebut yang direkatkan, sehingga kamu bisa memperbaikinya sendiri.

Fairphone 5

Hal tersebut dikarenakan memang perangkat dibuat menggunakan komponen modular yang dapat dibongkar pasang dengan mudah. Penampang belakangnya ini 100 persen menggunakan plastik daur ulang.

Fairphone 5 tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni matte black, sky blue dan transparan. Dilengkpai dengan peringkat IP55 membuat perangkat tahan akan air dan debu.

Spesifikasi Fairphone 5

Di bagian layar, Fairphone 5 mengusung layar OLED dengan ukuran 6,46 inch. Layarnya ini memiliki resolusi 1,224 x 2,700 dengan teknologi refresh rate 90Hz dan kecerahan hingga 880 nits.

Untuk spesifikasinya, Fairphone 5 menggunakan pengaturan kamera ganda. Kamera utamanya menggunakan sensor Sony IMX800 dengan teknologi OIS dan kamera utlrawide dengan sensor IMX858, Masing-masing membawa resolusi 50MP. Kamera depannya membawa resolusi 50MP.

Fairphone 5

Pada bagian dapur pacuya, Fairphone 5 menggunakan chipset Snapdragon 782G. Chipset ini ditemani dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 256GB yang dapat diperluas hingga 2TB menggunakan kartu microSD.

Fairphone 5 sudah menjalankan Android 13 dan berkomitmen untuk memberikan penggunanya pembaruan OS selama lima tahun. Serta, pembaruan keamanan selama delapan tahun dan garansi hingga 5 tahun yang solid.

Fairphone 5 juga telah mendungkung penggunaan dual SIM. Yakni, nano-SIM dan eSIM.

Kapasitas baterai yang dibawa oleh Fairphone 5 sebesar 4.200mAh. Perangkat diklaim dapat bertahan hingga 459 jam dalam mode siaga.

Baterai tersebut ditemani dengan teknologi pengisian daya sebesar 30W. Untuk pengisian selama 30 menit, baterai dapat mengisi hingga 50%.

Fairphone 5 telah tersedia untuk pre-order. Perangkat dibanderol seharga EUR 699 atau sekitar Rp. 11,6 Jutaan dan akan mulai dikirim pada 14 September 2023.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan