Review Huawei MatePad Air: Tablet Serba Lengkap, Pas Untuk Pengganti Laptop

0
HUAWEI MatePad Air
Huawei MatePad Air

Gadgetdiva.id — Sepanjang tahun 2023, semakin banyak vendor smartphone maupun PC yang merilis tablet berspesifikasi tinggi. Tidak hanya untuk hiburan, kini pasar tablet kian diminati juga sebagai alternatif pengganti laptop. Huawei MatePad Air hadir sebagai salah satu opsi Rp8 jutaan yang pas untuk hal tersebut, hadir sebagai paket lengkap termasuk untuk konsumsi konten hiburan.

Lewat Huawei MatePad Air, Paradiva bisa mendapatkan sebuah perangkat dengan dimensi yang jauh lebih ringan dan kompak, punya kualitas kamera dan layar lebih baik, serta ketersediaan aplikasi yang tentu lebih beragam dibandingkan laptop atau desktop PC. Plus, hadir dengan aplikasi Office setara desktop PC secara built-in.

Dengan segala kelebihannya, apakah ada poin yang harus dikorbankan ketika beralih dari laptop ke tablet seperti Huawei MatePad Air? Temukan jawabannya lewat review Huawei MatePad Air berikut ini!

Desain Huawei MatePad Air

Untuk budget harga yang sama, tidak banyak opsi laptop di pasaran yang hadir dalam desain tipis dengan bobot ringan. Salah satu keunggulan Huawei MatePad Air di sini adalah dimensinya yang pas buat dibawa oleh Paradiva ke mana saja. Sangat mudah untuk masuk ke dalam tas bahkan totebag, nggak bakal bikin capek walaupun beraktivitas seharian.

HUAWEI MatePad Air
Huawei MatePad Air

Nama MatePad Air sendiri bukanlah tanpa alasan. AIR merupakan singkatan dari Aesthetic, Innovation, dan Refreshing. Menandakan kalau desainnya memang diutamakan, dibuat tipis nan stylish. Beratnya cuma kisaran 500 gram aja, dengan ketebalan 6,4mm. Saat dipasangkan Bersama smart cover keyboard pun masih kurang dari 1 kilogram dan masih terasa tipis. Jauh lebih portable dari laptop yang rata-rata masih 1,5 kilogram.

Paradiva bisa membawa dan menggunakan Huawei MatePad Air secara nyaman baik di kantor, di kafe-kafe kekinian, maupun on the go. Bisa tetap produktif di mana saja. Ketika menggunakannya tanpa case, material bodinya juga terasa premium dan solid. Mudah diletakkan maupun disandarkan ke beragam permukaan.

Layar             

Selain portabilitas, kualitas layar Huawei MatePad Air juga dibuat jauh lebih berkualitas, dibandingkan laptop dengan harga setara. Tidak hanya resolusi yang lebih tinggi, juga warna dan kontras lebih baik, pas untuk para kreator maupun Paradiva yang sekadar ingin menonton serial TV favorit.

Berukuran 11,5 inci, dimensi layar Huawei MatePad Air masih cukup luas untuk akses dokumen, nonton film, sampai menjalankan beberapa aplikasi sekaligus baik secara split-screen maupun dalam beberapa window kecil. Buat Paradiva yang hobi multitasking, bakal puas banget pakai tablet ini.

Huawei MatePad Air
Layar Huawei MatePad Air.

Buat nonton drama Korea, gimana? Tentu saja bakal memuaskan berkat panelnya yang punya resolusi tinggi 2.8K, dan sudah tersertifikasi HDR Vivid dengan standar warna DCI-P3 dan refresh rate tinggi sampai 144Hz. Paradiva juga nggak perlu takut bikin mata lelah, karena sudah ada sertifikasi dari TUV Rheinland yang menjamin emisi cahaya biru sangat rendah.

Rasio 3:2 pada layar Huawei MatePad Air bikin penggunanya bisa akses dokumen Excel lebih leluasa. Nah, kalau dirasa kurang, kamu bisa menyambungkan tablet ini ke monitor eksternal menggunakan kabel yang kompatibel seperti USB-C ke HDMI. Dengan keyboard yang masih bisa berfungsi walaupun dilepas dari layar tablet, makin terasa seperti PC desktop, bukan?

Fitur Huawei MatePad Air

Sebelum membahas fitur produktivitas, Huawei MatePad Air sangat cocok bagi Paradiva yang ingin mencari tablet untuk entertainment. Selain layar yang superior, juga sudah dilengkapi dengan empat speaker stereo yang berada di kedua sisi samping perangkat. Bisa hasilkan suara yang sangat lantang serta imersif.

Huawei memperkuat output audionya dengan algoritma Huawei Histen 8.0. Lalu bagaimana untuk kebutuhan meeting virtual? Nah, bagian ini bakal jauh lebih unggul dari laptop dengan segmen harga setara, baik secara kamera maupun audio. Tablet ini sudah dilengkapi dengan mikrofon yang mendukung AI Noise Cancellation, secara otomatis menyaring suara sekitar termasuk ketukan keyboard perangkat.

HUAWEI MatePad Air
Huawei MatePad Air

Untuk visual, ada kamera 13MP di belakang dan kamera 8MP di depan yang punya sudut pandang sangat lebar hingga 105 derajat. Selain jauh lebih berkualitas dan lebih lebar dari webcam laptop standar, Huawei MatePad Air juga membawa fitur FollowCam 2.0. Fungsinya untuk meletakkan wajah kamu secara otomatis di tengah, meski kamu berpindah posisi sekalipun. Pelacakannya cukup akurat dan cepat, sehingga meeting virtual bisa selalu paripurna.

Lalu bagaimana dengan ketersediaan aplikasinya? Huawei AppGallery sudah mulai mengejar dengan menghadirkan sejumlah aplikasi populer termasuk Zoom, Canva, Capcut, sampai e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee. Kalau tidak ada, Paradiva tetap bisa akses via browser, atau menginstall aplikasi seperti GSpace di AppGallery yang bisa menyediakan sejumlah aplikasi Google.

Soal keamanan, jangan khawatir. Aplikasi yang bisa hadir di AppGallery telah melalui sejumlah pengecekan keamanan dari Huawei, sehingga aman untuk digunakan. Paradiva tidak perlu khawatir akan ketersediaan aplikasi, karena dapat diatasi lewat sejumlah alternatif di atas.

Fitur Produktivitas

Selain yang sudah disebutkan sebelumnya seperti fungsi sambungan ke monitor eksternal dan keyboard yang bisa digunakan dengan fleksibel, ada banyak fitur di dalam Huawei MatePad Air yang bisa Paradiva eksplor lebih jauh dalam meningkatkan produktivitas. PC-level WPS Office tentu menjadi salah satunya.

Disebut “PC-level” karena fiturnya sama lengkapnya dengan versi desktop, termasuk pivot table untuk file Excel, custom margin untuk file Word, sampai custom animation untuk file Powerpoint. Sampai meng-install font tambahan dan mencetak dokumen langsung dari Huawei MatePad Air pun bisa dilakukan.

Bersama stylus, keyboard dan mouse, tentunya kamu bisa bekerja secara nyaman menggunakan Huawei MatePad Air, hingga menggunakan pintasan keyboard yang sama dengan PC desktop. Ketika butuh untuk menggambar atau menyentuh elemen kecil pada dokumen, kamu bisa langsung menyentuhnya dengan jari atau memanfaatkan stylus.

Stylus M-Pencil generasi kedua pada Huawei MatePad Air punya latensi hanya 2ms saja, sehingga tarikan garis bakal terasa sangat natural dan responsif tanpa ada delay. Selain WPS Office, aplikasi Canva dan CapCut yang diakses lewat Huawei MatePad Air, juga tetap membawa tampilan mirip desktop. Sehingga bakal tetapt terasa familiar.

Performa Huawei MatePad Air

Buat mendukung kegiatan Paradiva yang paling produktif sekalipun, Huawei MatePad Air bakal bisa melibas semua aplikasi berat yang dibutuhkan. Hal ini berkat dukungan dari chipset Snapdragon 888 octa-core yang dikenal sebagai prosesor flagship, disematkan langsung ke MatePad Air dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB.

Dengan begitu, kamu bisa mengakses beberapa dokumen sekaligus, termasuk aplikasi media sosial sampai beberapa judul game berat termasuk Genshin Impact sekalipun. RAM Huawei MatePad Air tentunya sudah cukup lega untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus.

Kombinasi hardware ini membuat Huawei MatePad Air terasa gegas seperti laptop dengan harga yang lebih mahal sekalipun. Mulai dari membuat sketsa sampai edit video, Paradiva tetap bisa produktif melalui perangkat yang memiliki dimensi lebih portabel satu ini, tanpa perlu mengorbankan performa sama sekali.

Baterai

Kelebihan lain dari menggunakan sebuah tablet Android sehari-hari, adalah masa pakainya yang jauh lebih awet dibandingkan sebuah laptop. Tidak terkecuali Huawei MatePad Air yang secara mengejutkan, bisa membawa kapasitas baterai sangat besar dan mendukung fast charging untuk pengisian daya lebih instan.

Baterai Huawei MatePad Air berkapasitas 8,300 mAh, alias dua kali lipat bahkan lebih jika dibandingkan laptop pada umumnya. Untuk penggunaan harian, tablet ini bisa mendukung produktivitas Paradiva hingga lebih dari satu hari penuh. Bahkan untuk penggunaan ringan, bisa melebihi dua hari, dengan waktu standby yang cukup lama.

Ketika perlu mengisi daya, Huawei memberikan adaptor charger dengan dimensi kompak seperti charger smartphone. Mendukung 40W SuperCharge, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 80 menit saja untuk isi daya hingga penuh. Dalam kondisi darurat, tentu kamu bisa mengisi daya Huawei MatePad Air menggunakan charger smartphone pada umumnya, alias tidak perlu menggunakan charger khusus.

Kesimpulan

Dengan semua kelebihan yang ditawarkan, Huawei MatePad Air pas untuk Paradiva yang ingin menggunakan sebuah perangkat lebih praktis untuk kebutuhan harian, mulai bekerja hingga hiburan. Dibandingkan laptop, tablet Huawei satu ini lebih kompak, punya baterai jauh lebih awet, bisa menggunakan charger smartphone, punya kualitas kamera jauh lebih baik, dan masih punya kemampuan edit dokumen yang setara.

Artinya, Huawei MatePad Air bisa jadi solusi terbaik untuk work from anywhere. Lengkap dengan semua aksesori penunjang produktivitasnya yang sudah disediakan tanpa perlu membelinya secara terpisah—membuat value tablet satu ini lebih baik dibandingkan sejumlah kompetitornya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan