Rencana Apple Ingin Produksi iPhone di India Mulai Tahun Depan

0
Produksi iPhone di India

Gadgetdiva.id — Apple berencana untuk memproduksi lebih dari 50 juta iPhone di India setiap tahunnya. Proyeksi ini ingin dilakukan perusahaan dalam dua hingga tiga tahun ke depan.

Menurut laporan dari The Wall Street Journal sebagaimana yang dikutip oleh The Daily Star, angka tersebut setara dengan seperempat dari seluruh produksi iPhone global. Langkah strategis ini dipandang sebagai bagian dari inisiatif Apple yang lebih luas untuk mengurangi ketergantungannya terhadap China.

Sekaligus juga dapat mendorong diverifikasi yang lebih besar dalam rantai pasokan globalnya. Jika rencana ini terwujud, India dapat memberikan kontribusi sekitar seperempat bagian yang signifikan terhadap keseluruhan produksi iPhone global pada akhir dekade ini.

Komitmen tersebut lantas perkuat oleh investasi substansial yang dilakukan oleh Foxconn di India. Yakni, mencapai sekitar USD 1,5 miliar.

Laporan tersebut juga mengungkap bahwa subisidi terkait produksi oleh Perdana Menteri India Narendra Modi ini juga telah berperan penting dalam memberikan insentif kepada pemasok Apple. Guna memperluas operasi manufaktur mereka dalam negeri.

Selanjutnya, Foxconn juga dilaporkan tengah membangun parbik di Karnataka yang akan mulai beroperasi pada bulan April mendatang. Pabrik tersebut akan memproduksi 20 juta handset seluler setiap tahunnya, khususnya iPhone, dalam dua hingga tiga tahun mendatang.

Sebelumnya, Apple memang dilaporkan tengah melakukan pendirian pabrik besar untuk produksi iPhone di India. Menurut laporan Bloomberg News, produksi iPhone di India menghabiskan lebih dari USD 7 miliar di India pada tahun sebelumnya. Angka tersebut setara dengan 7% produksi iPhone di seluruh dunia.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan