Ini Alasan Apple Hentikan penjualan Jajaran Seri Apple Watch di Amerika Serikat

0
Apple Watch

Gadgetdiva.id — Apple ingin menghentikan penjualan jajaran Apple Watch mereka di Amerika Serikat pekan ini. Hal tersebut disebabkan karena perusahaan diduga melanggar hak paten.

Rencana tersebut disampaikan pada Senin (18/12). Perusahaan mengumumkan bahwa akan menghentikan penjualan untuk Apple Watch 9 dan Apple Watch Ultra 2 di Amerika Serikat.

Jajaran Apple Watch tersebut akan mulai berhenti dijual secara online pada Kamis. Sedangkan, di toko offline pada hari minggu.

Lantas, apa yang menyebabkan Apple ingin menghentikan penjualan Watch 9 dan Watch Ultra 2? Masalah tersebut bermula saat Komisi Perdagangan Internasional (ITC) memutuskan untuk melarang Apple menjual jam tangan pintar mereka yang dilengkapi dengan fitur pengukur oksigen darah pada bulan Oktober 2023 lalu.

Hal tersebut disebabkan karena Apple diduga melanggar hak kekayaan intelektual atas perusahaan medis Masimo dan anak perusahaannya Cercacor. Mereka menyatakan bahwa Apple telah memburu staf kunci dan mengambil langkah lain untuk mencuri teknologi yang dikembangkannya pada fitur pengukur oksigen darah.

Kemudian, perusahaan tersebut berada di bawah peninjauan Gedung Putih selama 60 hari. Ini artinya, Apple bisa saja menjual dua perangkatnya itu hingga 25 Dsember.

Namun, Apple memutuskan untuk segera menghentikan penjualan Apple Watch 9 dan Watch 12 Ultra untuk memastikan bahwa mereka telah mematuhi perintah ITC.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa kecil kemungkinan pemerintahan Biden akan membatalkan keputusan tersebut. Namun, hal tersebut mungkin saja terjadi.

Sebab, pada pemerintahan Mantan Presiden Brack Obama di tahun 2013 lalu, memveto larangan ITC terhadap beberapa iPhone dan iPad. Merujuk pada masalah sengketa paten serupa antara Apple dan Samsung.

Sektrtaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre menyatakan bahwa pemerintahan Biden tengah melacak kasus perdagangan Apple Watch ini. Ia menyatakan bahwa Perwakilan Dagang AS Katherine Tai memiliki wewenang atas keputusan dari masalah ini.

Katherine dengan hati-hati mempertimbangkan semua faktor dalam kasus ini. Jean-Pierre menyatakan bahwa dia tidak ingin mendahului keputusan apapun yang akan diambil oleh Katherine.

Jika larangan penjualan ITC tidak dibatalkan, Apple berjanji untuk “mengambil semua langkah” untuk melanjutkan penjualan model Seri 9 dan Ultra 2 di AS sesegera mungkin.

Bloomberg melaporkan bahwa para insinyur perusahaan bergegas untuk membuat perubahan perangkat lunak di menit-menit terakhir pada jam tangan itu untuk mengatasi keputusan ITC. Meskipun, tidak ada jaminan bahwa upaya mereka akan mencegah pelarangan tersebut.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan