Xiaomi HyperOS Bikin Ponsel Jadi Mirip iPhone

0
xiaomi hyperOS
iPhone XR

Gadgetdiva.idXiaomi HyperOS siap diperkenalkan dalam waktu dekat. Kabarnya, banyak fitur baru yang akan disematkan ke dalam produk Xiaomi dan Poco, termasuk beberapa di antaranya terinspirasi dari iPhone atau iOS.

Memang,operating system memiliki pembaruan yang begitu cepat. Makanya vendor smartphone dituntut untuk selalu inovatif. Xiaomi HyperOS diklaim sebagai salah satu sistem operasi yang akan cepat berkembang dan selalu update. Makanya mereka memulainya dengan mengadopsi beberapa fitur iOS yang cukup menarik.

Xiaomi HyperOS
Xiaomi HyperOS

Setidaknya ada 3 fitur iOS yang menginspirasi Xiaomi HyperOS. Di antaranya sebagai berikut:

Animasi di Control Center   Xiaomi HyperOS

Fitur menonjol pertama yang diperkenalkan oleh Xiaomi HyperOS adalah animasi Pusat Kontrol yang didesain ulang. Terinspirasi oleh iOS, Xiaomi membuat tampilan depan layar ponsel menjadi lebih atraktif dengan animasi yang mulus secara visual untuk setiap pergerakannya.

Pengguna kini dapat menikmati pengalaman pusat kendali yang lebih lancar dan intuitif saat mereka mengakses pengaturan penting dengan sentuhan elegan. Peningkatan ini mencerminkan komitmen HyperOS untuk menggabungkan fungsionalitas dengan desain modern dan ramping.

HyperOS memberikan Control Center yang lebih bersih dan elegan. Sistem ini menghilangkan semua nama ikon di Control Center, membuatnya lebih mirip iOS. Selain itu, setelah pengguna menggeser ke bawah untuk membuka Control Center, pengguna tidak perlu lagi menggeser ke samping untuk mengakses semua pengaturan cepat.

Efek Blur yang Lebih Universal

Tambahan penting pada HyperOS adalah integrasi universal efek blur di seluruh antarmuka, termasuk ikon bilah bawah. Terinspirasi oleh bahasa desain iOS yang ramping, fitur ini menambahkan sentuhan kecanggihan di setiap sudut antarmuka pengguna.

Efek blur yang halus namun efektif meningkatkan daya tarik visual secara keseluruhan dan memberikan tampilan yang kohesif dan halus di seluruh sistem operasi. Pengguna HyperOS kini dapat menikmati pengalaman yang lebih halus dan harmonis di berbagai elemen antarmuka.

Kostumisasi Lockscreen ala iOS

Ini merupakan adopsi yang paling kentara di Xiaomi HyperOS dari iOS. Personalisasi layar kunci. Pengguna kini memiliki kemampuan untuk menyesuaikan jam layar kunci dengan berbagai pilihan. MIUI sudah memiliki beberapa fitur jam layar kunci sejak MIUI 12 tetapi ini terbatas pada tiga tampilan jam bergaya MIUI. Ini termasuk menambahkan jam ke wallpaper, membuka kemungkinan baru untuk layar beranda yang dipersonalisasi dan bergaya.

Dengan fitur ini, HyperOS tidak hanya sesuai dengan estetika iOS tetapi juga memberdayakan pengguna untuk mengekspresikan individualitas mereka melalui perangkat mereka.

Dynamic Island di Xiaomi HyperOS

Fitur lainnya yang patut untuk diperhatikan adanya notifikasi ala Dynamic Island iOS yang diadopsi juga di HyperOS. Namun belum ada penamaan untuk fitur tersebut di OS Xiaomi ini. Nantinya Dynamic Island di HyperOS berfungsi untuk mengaktifkan hotspot, mengisi daya ponsel, mengaktifkan Battery Saver, atau mengaktifkan Silent mode.

Selain mengadopsi fitur yang mirip iOS, Xiaomi juga memberikan inovasi baru dalam sistem operasi yang dulu bernama MIUI ini. Ini mungkin cukup rumit untuk diterapkan bagi para penggemar Xiaomi. Pasalnya, ada fitur yang mewajibkan ponsel dimatikan dengan menggunakan PIN atau Pola yang digunakan. Jika terjadi sesuatu hal pada ponsel, maka orang lain tidak akan bisa mematikannya tanpa memasukkan kode PIN.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan