HarmonyOS Huawei Diproyeksi Bakal Balap iOS di Tahun 2024

0
Huawei P70
Foto: PhoneArena

Gadgetdiva.id — HarmonyOS Huawei diproyeksi bakal membalap sistem operasi milik Apple yakni iOS di tahun 2024 mendatang. Popularitas sistem operasi tersebut akan terjadi di pasar China.

Proyeksi tersebut muncul setelah melihat popularitas HarmonyOS pada seri Mate 60 yang disampaikan oleh TechInsights. Sedangkan, Android milik Google dan iOS akan terus mendominasi sektor sistem operasi smartphone di pasar global.

Peningkatan adopsi HarmonyOS ini akan disebabkan oleh kembalinya Huawei pada segmen smartphone 5G. Dimulai dari peluncuran Huawei Mate 60 Pro yang mengejutkan di akhir bulan Agustus 2023 silam.

Melansir dari South China Morning Post, TechInsights memperkirkan bahwa Huawei akan mengalami pemulihan yang solid di tahun 2024. Tantangan kurangnya pasokan chipset Kirin 9000s juga akan mulai mereda dalam beberapa bulan ke depan.

Bahkan, HarmonyOS juga diproyeksi akan mencapai tonggak sejarah pada tahun 2024. Apalagi, setelah HarmonyOS Next yang tak akan mendukung aplikasi berbasis Android.

Huawei diperkirakan akan mulai meluncurkan versi preivew development dari HarmonyOS Next pada kuartal pertama tahun 2024. Perusahaan sudah bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar Tiongkok untuk mengembangkan aplikasi asli berdasarkan sistem tersebut.

Selain itu, portofolio smartphone Huawei akan didukung oleh HarmonyOS alternatif Android yang dikembangkan sendiri dan diluncurkan oleh Agustus 2019. Sebelum akhirnya, masuk ke daftar hitam Amerika Serikat.

Kini, pengguna HarmonyOS telah mencapai lebih dari 700 juta perangkat dan lebih dari 2,2 juta pengembang pihak ketiga membuat aplikasi untuk platform tersebut. Laporan tersebut disampaikan langsung oleh CEO Huawei Consumer Business Group Richard Yu Chengdong pada bulan Agustus 2023 silam.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan