Samsung Pamerkan TV MicroLED Transparan Pertama di Dunia

0

Gadgetdiva.id — Samsung memluncurkan TV MicroLED transparan pertama mereka dalam gelaran CES 2024. TV ini hadir dalam berbagai ukuran, yakni 76 inci, 89 inci, 101 inci dan 114 inci.

TV ini membawa panel transparanyang memungkinkan pengguna melihat melalui layar, mengaburkan batas antara konten dan kenyataan. Guna menghadirkan pengalaman menonton yang lebih imersif.

Transparansi yang dibawa oleh TV MicroLED ini telah melalui proses manufaktur presisi yang mencetak chip pada sepotong kaca. Sehingga, dapat menghilangkan jahitan dan refraksi maupun tampilan layaknya kaca pada panel.

Sementara, dari sisi desain, TV hadir sangat tipis dengan ketebalan sekitar satu sentimeter yang dapat meningkatkan ilusi layar mengambang. Selain itu, kepadatan piksel tinggi dari LED mikro dapat memastikan gambar yang ditampilkan sangat tajam dan jernih.

TV MicroLED Transparan

MicroLED sendiri merupakan teknologi layar yang menggunakan jutaan LED kecil untuk membuat gambar. Setiap LED menyala sendiri, artinya tidak memerlukan lampu latar seperti layar LCD maupun OLED tradisional.

Sehingga, layar dapat menghasilkan kualitas gambar yang superior dengan warna hitam yang lebih pekat, putih yang lebih cerah dan sudut pandang yang lebih lebar.

Panel MicroLED Samsung tidak hanya transparan, namun juga modular. Desain ini memungkinkan pengguna menggabungkan beberapa modul untuk membuat TV dengan rasio aspek, bentuk atau ukuran apapun yang diinginkan.

Salah satu keunggulan utama dari layar MicroLED transparan Samsung dibandingkan dengan panel OLED transparan ialah kecerahannya yang lebih tinggi. Sehingga, tidak terlalu terpengaruh oleh cahaya sekitar.

Fitur ini sangat penting dalam menjaga kejelasan dan visibilitas konten yang ditampilkan pada layar. Terlepas dari kondisi pencahayaan di sekitaranya.

Menurut Gizmochina, TV MicroLED non-transparan Samsung dibanderol sekitar USD 150.000 untuk model 110 inci. Hal ini menunjukkan bahwa versi transparannya diperkirakan hadir dengan harga yang jauh lebih mahal.

Selain TV MicroLED, Samsung juga meluncurkan TV Neo QLED 4K dan 8K 2024 berbasis AI. Ada juga TV OLED S95D dan Tizen OS yang diperbarui.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan