ASUS ROG Zephyrus G14 dan Zephyrus G16, Laptop Gaming OLED dengan VRR Pertama di Dunia

0
Laptop Gaming ASUS

Gadgetdiva.id — ASUS mengenalkan dua laptop gaming yang menggunakan layar OLED dengan VRR pertama di dunia. Kedua laptop tersebut ASUS ROG Zephyrus G14 dan Zephyrus G16.

Turut diboyong ke ajang Consumer Electronic Show (CES) 2024, ASUS ROG Zephyrus G14 dan Zephyrus G16 membawa desain yang berbeda dari laptop gaming pada umumnya. Kedua perangkat ini dirancang lebih tipis dan ringan layaknya laptop biasa.

ROG Zephyrus G14 dan Zephyrus G16 membawa dua warna baru, Platinum White dan Eclipse Gray. Untuk ROG Zephyrus G14, laptop hadir dalam dimensi 31.15 x 22 x 1.59~1.63 cm dan berat 1,5 kg.

Sementara, ROG Zephyrus G16 membawa dimensi 35.4 x 24.6 x 1.49 ~ 1.74 cm. Beratnya sebesar 1,85 kg.

ASUS ROG Zephyrus G14 dan Zephyrus G16 ini dibalut dengan sasis (case) alumunium mesin CNC terbaru. Sasis mesin tersebut terbuat dari alumunium yang terpadu sempurna antara pengurangan berat, kekakuan struktural dan peningkatan ruang sasis.

ROG Zephyrus

Keyboardnya dirancang dengan lebih rapat, sehingga nyaman saat digunakan oleh pengguna untuk mengetik. Kemudian, ada pula susunan Slash Lighting yang mengikuti garis diagonal di bagian atas mesin, sehingga dapat dipersonalisasi.

Rangkaian pencahayaan Slash Lighting ini membawa urutan animasi yang menyesuaikan pola unik. Sehingga, pengguna dapat memastikan mereka tak akan berbaur dengan kerumunan.

Layar ROG Zephyrus G14 dan Zephyrus G16

ASUS ROG Zephyrus G14 dan Zephyrus G16 merupakan laptop gaming pertama di dunia yang menggunakan layar OLED dengan VVR. Layarnya tersebut masih mengadopsi ROG Nebula Display.

Laptop ROG Zephyrus G14 memiliki resolusi 3K dengan refresh rate 120 Hz. Sedangkan, Zephyrus G16 yang menggunakan layar 2,5K dengan refresh rate 240 Hz.

ROG Zephyrus

Sebagai panel OLED ROG Nebula Display, layar ini memiliki semua yang dibutuhkan para gamer. Kedua opsi tersebut memiliki rasio aspek 16:10, VESA DisplayHDR True Black 500, dan rasio kontras 1.000.000:1 yang menakjubkan. Dengan warna hitam pekat dari piksel OLED, konten dan game HDR dapat benar-benar bersinar.

Perfroma ROG Zephyrus G14 dan Zephyrus G16

Dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen 8000 Series, dengan dukungan untuk AMD Ryzen AI, Zephyrus G14 siap untuk masa depan dengan dukungan untuk alat produktivitas efek Windows Studio seperti pembingkaian otomatis, koreksi kontak mata, dan efek latar belakang tingkat lanjut dalam panggilan video.

Zephyrus G14 juga dilengkapi dengan GPU Laptop NVIDIA GeForce RTX 4070, dengan akses ke fitur-fitur canggih seperti DLSS 3.5, Frame Generation, dan Ray Reconstruction untuk meningkatkan visual dan responsivitas game di game-game yang paling berat.

Sebaliknya, Zephyrus G16 menggunakan prosesor Intel Core Ultra 9 185H dengan kekuatan komputasi AI 11 TOPS, ditambah dengan GPU Laptop NVIDIA GeForce RTX 4090 untuk performa luar biasa di semua game dan aplikasi kreatif terbaru.

ROG Zephyrus

Dengan dukungan AI khusus untuk alat seperti Omniverse dan Stable diffusion, pengguna dapat melewati antrian panjang di cloud dan menghasilkan gambar secara lokal hanya dalam beberapa detik.

Adapun teknologi Tri-fan, sebuah sistem yang menggunakan kipas tambahan ketiga untuk membantu memindahkan aliran udara di atas komponen yang terpasang di permukaan motherboard serta membantu menarik panas dari GPU, menarik panas lebih jauh dari mesin.

Model Zephyrus G16 yang dilengkapi dengan GPU Laptop NVIDIA GeForce RTX 4080 atau GPU Laptop NVIDIA GeForce RTX 4090 akan dilengkapi dengan ruang uap khusus menggunakan kipas ganda untuk mengakomodasi perangkat keras andalan mereka.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan