OPPO Luncurkan Sistem Operasi ColorOS 14 dengan Desain Aquamorphic, Apa Keunggulannya?

0
OPPO Find N3

Gadgetdiva.id — OPPO resmi meluncurkan sistem operasi ColorOS 14 versi global pada Senin (15/1). Sistem operasi tersebut dibangun berdasarkan Andorid 14.

Sistem operasi ColorOS pertama kali dirilis pada tahun 2013. Kini, sistem operasi tersebut dilaporkan telah digunakan oleh lebih dari 600 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.

ColorOS 14

ColorOS 14 tentu membawa banyak peningkatan dari berbagai aspek dibanding dengan pendahulunya. Mulai dari desain, fitur cerdas berbasis AI, peningkatan efisiensi maupun performa hingga keamanan.

Masih membawa desain Aquamorphic, apa saja sih keunggulan yang dibawanya? Simak ulasannya ya, Paradiva!

Peningkatan Desain Aquamorphic pada ColorOS 14

ColorOS 14 kembali membawa desain Aquamorphic yang terinspirasi dari air. Desain tersebut pertama kali dikenalkan pada sistem operasi ColoOS 13.

Dalam sistem operasi terbaru ini, desain Aquamorphic ini membawa efek suara terbaru, sistem warna dan interaksi. Desain ini diklaim akan memberi pengalaman menggunakan smartphone yang lebih ringkas dan intuitif.

ColorOS 14

Untuk menghadirkan pengalaman suara yang lebih imersif pada ColorOS 14, OPPO bermitra dengan Sonic Minds dan epicsound. Efek suara ini mencakup sepulih set nada dering bertema Aquamorphic untuk panggilan, alarm dan notifikasi. Termasuk di antaranya tujuh desain suara UI yang berfungsi memberikan pengalaman audio untuk seluruh perangkat OPPO.

ColorOS 14

Tak hanya efek suara, ColorOS 14 turut menghadirkan sistem Aquamorphic Coloring yang dapat beradaptasi dengan status maupun waktu pada smartphone. Dengan adanya sistem ini, perangkat dapat mencocokkan warna dengan konteks secara cerdas, sistem pewarnaan dinamis yang dapat membuat penerimaan dan pemahaman informasi jauh lebih efektif maupun intuitif dalam memberikan pengalaman yang nyaman.

Desain Aqua Dynamics terbaru yang diperkenalkan di ColorOS 14 memungkinkan interaksi yang lebih intuitif bagi pengguna. Fitur ini mengintegrasikan interaksi umum ke dalam bentuk gelembung, kapsul, dan panel –lebih dari sekadar status bar biasa– untuk menyajikan informasi yang mengalir dan menyatu secara alami yang minim gangguan.

ColorOS 14

Lebih dari itu, ColorOS 14 juga membawa fitur Always-On Display (AOD) terbaru yang bernama Always-On Display Go Gren. Fitur ini diklaim dapat meningkatkan kesadaran pengguna terhadap perubahan iklim maupu n perlindungan lingkungan.

“Pengguna tentang perubahan iklim dan perlindungan lingkungan, selaras dengan Keyakinan OPPO pada “Teknologi untuk Umat Manusia, Kebaikan untuk Dunia,” tulis OPPO dalam pernyataan resminya yang diterima Gadgetdiva, Senin.

ColorOS 14

AOD Go Green menampilkan tiga set halaman Visi Lingkungan yang masing-masingnya mencakup lima animasi lingkungan yang dapat berubah berdasarkan jumlah langkah harian pengguna. Sehingga, dapat memberi informasi kepada pengguna terkait pengurangan emisi karbon dioksida dengan cara berjalan kaki dibandingkan menggunakan transportasi lain.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan