Orang Indonesia Kecanduan Main HP, Habiskan Waktu 6 Jam Sehari

0
Aplikasi kencan online
Foto: Unsplash/Rob Hampson

Gadgetdiva.id — Warga Indonesia dinobatkan menjadi warga negara paling kecanduan main HP di dunia. Hal tersebut disampaikan oleh laporan terbaru Data.ai yang bertajuk “State of Mobile 2024”.

Menurut laporan tersebut, tercatat bahwa orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu selama 6 jam per hari untuk main HP. Dari 10 pasar teratas yang dianalisis, rata-rata melampaui 5 jam pada tahun 2023. Angka tersebut naik 6% dari tahun 2022 serta diklaim mencapai yang tertinggi baru.

“Pengguna di Indonesia melampaui 6 jam per hari,” tulis Data.ai dalam laporannya yang dikutip Rabu (17/1).

Peringkat selanjutnya diikuti oleh 5 negara lainnya yang melampaui 5 jam per hari dalam pemakian aplikasi seluler pada tahun 2023. Negara-negara tersebut di antaranya ialah Thailand, Argentina, Arab Saudi dan Brazil.

Indonesia

Dibanding laporan State of Mobile pada beberapa tahun sebelumnya, Indonesia masih menempati posisi paling tinggi dalam menggunakan HP setiap harinya.

Perlu diketahui bahwa analisis ini digunakan oleh apra pengguna HP dan tablet. Adapun sistem operasinya berbasis Android. Ini berarti bahwa pengguna iOS tidak termasuk dalam survei.

Kemudian, laporan tersebut juga menunjukkan bahwa Indonesia berada di peringkat ke-5 dalam hal mengunduh aplikasi. Tercatat bahwa orang Indonesia mengunduh aplikasi sebanyak 7,5 miliar kali sepanjang tahun 2023.

Laporan ini juga mengungkap aplikasi yang paling sering digunakan oleh para pengguna di Indonesia selama berjam-jam di tahun 2023. Aplikasi tersebut di antaranya ialah Youtube, TikTok, WhatsApp dan Google Chrome.

Tercatat bahwa orang Indonesia menghabiskan waktu mencapai 70 miliar jam sepanjang tahun 2023 untuk membuka Youtube, untuk membuka TikTok mencapai waktu 64 miliar jam dan WhatsApp mencapai 59 miliar jam.

Dari sisi pemakaian aplikasi Mobile, Indonesia masih kalah dengan India. Indonesia menduduki peringkat ke-3 dengan total waktu sebanyak 415 miliar jam sepanjang tahun 2023.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan