iOS 18 Disebut Bakal Jadi Pembaruan Terbesar Apple

0
iOS 18
Foto: Phone Arena

Gadgetdiva.id — Pembaruan sistem operasi iOS 18 diperkirakan bakal menjadi yang terbesar sepanjang sejarah perusahaan. Pembaruan ini kemungkinan akan meluncur dalam perhelatan WWDC bulan Juni mendatang.

“Saya diberitahu bahwa sistem operasi baru ini dipandang oleh perushaan sebagai salah satu pembaruan iOS terbesar-jika bukan yang terbesar- dalam sejarah perusahaan,” ungkap Mark Gurman dalam buletin Power On yang dikutip oleh TechCrunch, Selasa (30/1).

Laporan Gurman sebelumnya menyatakan Apple menyatakan kalau sistem operasi iOS 18 ini diharapakan menjadi pembaruan paling “ambisius dan menarik” selama beberapa tahun terakhir. Salah satu fitur yang akan dibawanya ialah Siri versi terbaru yang berbasis AI.

Dalam pembaruan iOS 18 ini, Apple diperkirakan bakal meluncurkan fitur-fitur baru yang meningkatkan kemampuan Siri dan aplikasi Pesan. Sedangkan, Apple Music diperkirakan bakal mendapatkan playlist yang dapat dibuat secara otomatis serupa milik Spotify.

Tak hanya itu, Apple juga dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk mengintegrasikan fitur AI generatifnya ke dalam alat pengembangan seperti Xcode. Dimana dapat memungkinkan developers untuk menulis aplikasi baru dengan lebih cepat.

Selain itu, iOS 18 juga akan turut mendapatkan pembaruan AI generatif pada fitur-fitur penunjang produktivitasnya. Seperti di antaranya ialah Pages dan Keynotes.

Lebih lanjut, pembaruan ini juga akan menghadirkan dukungan RCS. Perusahaan menyatakan bahwa RCS Universal Profile akan menawarkan pengalaman interoperabilitas yang lebih jika dibandingkan dengan SMS atau MMS.

Perubahan besar ini terjadi setelah adanya tekanan publik terhadap Apple untuk menambahkan dukungan bagi RCS pada iPhone. Perlu dicatat bahwa meskipun perusahaan berencana untuk mengadopsi teknologi tersebut, Apple telah mengonfirmasi bahwa pesan yang dikirim dari pengguna Android ke iPhone akan tetap ditampilkan dalam bubble obrolan berwarna hijau.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan