realme 12 Pro+ 5G vs vivo V30 5G, Mana yang Unggul di Kelas Mid-Range?

0
realme 12

Gadgetdiva.id — Februari 2024 menjadi waktu yang padat untuk persaingan smartphone di Indonesia. Hanya berselang satu hari realme 12 Pro+ 5G meluncur dengan kemampuan fotografi flagship dan desain premium. Untuk menyaingi vivo V30 5G yang hadir lebih dahulu.

Menariknya, kedua smartphone yang hadir di segmen mid-range ini sama-sama mengunggulkan sektor fotografi dan digadang-gadang menjadi dua smartphone midrange terbaik yang ada saat ini.

realme 12+ 5G
realme 12 Pro+ 5G dan realme 12+ 5G

Untuk lebih detail-nya, mari kita lihat perbandingan berikut ini.

realme 12 Pro+ 5G vs vivo V30 5G

Mengingat keduanya menjagokan sektor fotografi, mari kita membahas setup kamera sebagai pembuka. Dalam hal ini, realme 12 Pro+ 5G memiliki spesifikasi kamera yang superior dan secara teknologi jelas mampu jauh mengungguli vivo V30 5G, karena ponsel jagoan dari realme ini telefoto periskop 64MP OmniVision OV64B yang umumnya dipakai hanya di smartphone flagship dengan didukung oleh OIS, untuk kamera utamanya 50MP didukung oleh Sony IMX890 OIS, ada juga 8MP Ultra-Wide Camera.

Dengan spek kamera tersebut mampu menyajikan 3x Optical Zoom, 6x In-sensor Zoom, 3x Portrait dengan hasil yang lebih natural dan juga kemampuan zoom hingga 120x SuperZoom, pendekatan terjauh yang dapat dihasilkan oleh sebuah smartphone hingga saat ini. Sedangkan vivo V30 5G menghadirkan 2 setup kamera di bagian belakang dengan kombinasi 50MP=50MP dengan kemampuan zoom maksimal hanya 20x.

Bukan hanya karena lensa telefoto kelas flagship yang hadir pada smartphone ini, namun setup kamera periskop juga memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil foto pada realme 12 Pro+ 5G.

Dalam hal kamera depan, realme 12 Pro+ 5G unggul karena sokongan sensor Sony IMX615 dengan jaminan kualitas pengambilan gambarnya yang lebih baik, dengan jaminan foto yang lebih jernih dan detail, juga bisa menghasilkan foto portrait dengan efek bokeh yang sangat baik jika dibandingkan Samsung JN1 yang menjadi sensor kamera depan vivo V30 5G.

Lanjut untuk perbandingan desain, realme 12 Pro+ 5G dengan desain premium dan elegan berkat Luxury Watch Design yang terinspirasi dari jam tangan mewah pada housing kamera,untuk penekanan bahwa ini punya kekuatan pada sektor kamera. Untuk materialnya juga menggunakan Premium Vegan Leather yang menambahkan kesan premium dan elegansi seperti produk flagshp.

Tapi untuk vivo V30 5G hadir dengan desain yang terkesan basic, dengan desain housing kamera kotak, dan material fluorite AG glass. Selain desain untuk mendukung ketahanan smartphone lebih baik realme 12 Pro+ sudah hadir dengan IP65 Dust and Water Resistance, dengan ketahanan yang lebih baik terhadap air dan debu dibandingkan vivo V30 5G dengan IP54 Splash and Dust Resistance.

Semakin jelas perbandingan fitur dari kedua smartphone ini , yaitu realme 12 Pro+ 5G sudah memiliki dual stereo speaker yang pastinya lebih baik dibanding, vivo V30 5G masih menggunakan mono speaker. Fitur yang selalu absen pada vivo V Series.

Ponsel ini sama sama didukung oleh android 14, tapi untuk realme 12 Pro+ menggunakan UI terbaru yaitu realme UI 5.0 yang menawarkan beragam fitur baru yang lebih menarik, seperti Smart Image Matting, File Dock, Flash Capsule, dan juga Phonelink.

Terakhir untuk harga realme 12 Pro+ 5G dan vivo V30 5G, keduanya menawarkan harga yang sama pada kedua varian. Namun begitu, realme 12 Pro+ 5G menawarkan harga khusus selama periode flash sale, khusus di hari ini, 3 Maret 2024.

realme 12 Pro+ 5G (8GB+8GB*|256GB) dijual dengan harga khusus di moment Flash Sale pada 3 Maret mulai pukul 00.00 WIB Rp5.599.000 di Tokopedia, TikTok, dan realme.com, serta Rp6.599.000 untuk memori 12GB+12GB*|512GB di Shopee dan realme.com.

Pada varian realme 12 Series 5G, realme juga turut menghadirkan realme 12+ 5G (8GB+8GB*|256GB) yang juga dijual khusus dengan harga khusus Rp3.999.000 selama masa Flash Sale di berbagai ecommerce dan realme.com.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan