Tutorial menggunakan aplikasi Microsoft Teams bareng teman dan keluarga

0
720

Microsoft akhirnya membuat aplikasi Microsoft Teams untuk penggunaan pribadi. Ini artinya kamu bisa menggunakan Microsoft Teams untuk video conference bareng teman dan keluargamu.

Aplikasi Microsoft Teams ini menawarkan berbagai cara untuk berkomunikasi seperti chat, audio-only dan video. Setiap orang yang berpartisipasi harus memiliki aplikasi di perangkat mereka dan kamu juga memerlukan akun Microsoft untuk menggunakannya.

fitur Together Mode

Aplikasi yang dianggap sebagai preview ini telah tersedia untuk pengguna Android dan iOS. Kamu mendapatkan penyimpanan file 10GB untuk “timmu” dan penyimpanan file pribadi 2GB per orang. Nah, berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan aplikasi Microsoft Teams bersama teman dan keluarga kamu.

Cara menggunakan aplikasi Microsoft Teams

Untuk menggunakannya, kamu harus mengunduh aplikasi tersebut terlebih dahulu dari iOS App Store atau Google Play Store. Setelah itu, masukkan akun Microsoft kamu yang telah terdaftar. Nah, bagi kalian yang belum memiliki akun, berarti kamu harus mendaftarkannya terlebih dahulu secara gratis.

Jika tempat kerjamu menggunakan Micorosft Office, kamu akan diminta untuk memilih organisasi atau memnbuat akun pribadi. Klik “Personal” untuk menggunakannya. Dalam tahap ini, kamu akan diberit ahu bahwa orang lain dapat menemukan kamu baik menggunakan nomor telepon atau alamat email Microsoft kamu.

Informasi ini tidak akan dipublikasikan dimanapun, namun mereka yang memiliki salah satunya dan kamu dapat menggunakannya untuk tetap terhubung dengan akun Teams. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk menyinkronkan kontakmu dengan aplikasi Teams. Namun, ini tidak wajib.

Setelah itu, kamu akan masuk ke halaman awal Teams. Klik ikon Pensil atau Kertas untuk memulai percakapan. Teams akan memungkinkan kamu mengobrol melalui chat, audio maupun video.

Serangkaian ikon tersebut memungkinkan kamu mmeriksa berbagai aktivitas, masuk ke kolom chat, mengakses kalender atau file OneDrive kamu. Klik tombol More agar aplikasi tersebut dapat terhubung dengan kamera (memungkinkan kamu untuk mengambil foto atau menyalin kartu nama), melihat daftar panggilan, tugas kamu dan menggunakan Safe untuk menyimpan informasi sensitif dalam bagian file terenkripsi.

Terakhir, ikon tiga baris di samping memungkinkan kamu mengatur ketersediaan dan pesan status, mengarahkan ke pengaturan kamu dan memungkinkan kamu mengatur pemberitahuan di antara fitur-fitur lainnya.

Untuk memulai Chat, klik ikon Chat. Halaman ini akan mencantumkan orang atau sekelompok orang yang barus aja kamu ajak mengobrol. Pilih salah satu untuk memulai percakapan baru.

Untuk memilai sesei baru dengan orang lain, klik ikon pensil atau ketas, lalu kamu akan diundang untuk memasukkan nama orang, nomor telepon atau alamat email. Kamu bisa memperbolehkan Teams untuk mengakses kontak kamu untuk mempermudah. Ohiya, paradiva bisa memulai obrolan grup hingga 20 orang dan menamai grup untuk digunakan kembali.

Setelah kamu mengidentifikasi orang yang ingin kamu ajak chat, pilih Send Invite. Mereka akan mendapat notifikasi bahwa kamu memulai obrolan dan mereka kaan diundang untuk mengunduh Teams dengan asumsi mereka belum melakukannya.

Selanjutnya, saat kamu sudah masuk, kamu akan menerima notifikasi bahwa mereka ingin mengobrol dengan kamu dan kamu dapat menerima atau memblokirnya. Aplikasi obrolan Teams, terutama untuk versi beta berfungsi dengan baik dan memiliki beberapa fitur menarik.

Dua ikon di sebelah kiri yang berada di maessage bar memungkinkan kamu untuk memasukkan foto atau klip audio ke kolom chat. (Catatan: jika kamu membuat klip audio menggunakan aplikasi, kamu harus menahan tombol record sampai aplikasi perpesan kamu selesai).

Di atas area chat, ada ikon video dan telepon yang memungkinkan kamu untuk mengubah chat menjadi sesi video atau sesi audi saja. Tidak ada perbedaan nyata antara keduanya; sesi audi hanya memblokir kamera para peserta.

Saat ini, fitur yang tersedia untuk percakapan video agak terbatas. Tidak ada fitur perekaman (meskipun ada fitur share screen) dan kamu tidak dapat mengubah ukuran atau bahkan penempatan video. Tentu saja, Microsoft menyebut ini sebagai preview; perubahan tambahan mungkin akan datang pada waktunya.

Sementara itu, kemudahan penggunaan Teams dan integrasinya dengan kalender Microsoft dan apliaksi OneDrive dapat membuatnya sangat berguna bagi banyak orang.

Baca juga, Microsoft Teams menyediakan platform baru versi personal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here