Hindari Misinformasi, Gunakan Fitur Fact-Check WhatsApp ini!

0
WhatsApp Web

WhatsApp menghadirkan fitur fact-check atau pengecekan fakta pada bulan Agustus kemarin. Fitur ini berfungsi untuk meneliti kebenaran dari pesan yang akan diforward. Fitur ini bertujuan untuk mencegah tersebarnya pesan misinformasi.

Mengingat misinformasi online dan khususnya di aplikasi media sosial, WhatsApp merilis fitur pengecekan fakta sendiri. Fitur ini telah diluncurkan dalam beberapa negara, yaitu Brazil, Italia, Spanyol, Inggris Raya, AS dan juga Indonesia.

Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan pengecekan kebenaran dari informasi pesan viral yang akan mereka forward ke pengguna lain melalui pencarian Google. Dihararapkan dengan adanya fitur ini dapat menghentikan penyebaran hoax atau berita tidak akurat.

Memanfaatkan fitur pengecekan fakta WhatsApp cukup sederhana, Meskipun, sebnenarnya tidak sepenuhnya sangat mudah karena aplikasi sendiri tidak dapat menyangkat atau menguatkan konten pesannya. Alih-alih mereka mengandalkan Google untuk memberikan hasil pencarian yang dapat membantu pengguna memutuskan apakah konten pesan dapat diandalkan atau tidak.

Kita juga harus tetap berhati-hati mengingat Google tidak selalu berhasil dalam hal memastikan berita palsu. Nah, untuk menggunakannya kamu simak langkah-langkahnya di bawah ini, ya!

Cara Menggunakan Fitur Fact-Check WhatsApp

Fitur pengecekan fakta WhatsApp ini sangat mudah digunakan. Meskipun hanya tersedia pada pesan yang telah diforward dalam aplikasi setidaknya lima kalil. Jika kamu kebetulan menerima satu pesan tersebut, kamu dapat memverifikasi informasi yang dikandungnya hanya dengan mengetuk dua kali ikon kaca pembesar yang muncul di sebelah kanan pesan itu sendiri.

Setelah itu, WhatsApp akan meminta kamu untuk dengan menanyakan apakah kamu ingin meluncurkan pencarian Google dengan mengunggah pesan ke mesin pencari. Cukup klik Search Web dan browser perangkat kamu akan memberi daftar hasil informasi yang berhubungan dengan pesan tersebut. Lalu, kamu akan dapat melakukan riset dan memutuskan sendiri apakah yang kamu baca akurat atau tidak.

Baca juga,


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan