Clubhouse Hadirkan Fitur Audio Spasial Terbaru
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- Senin, 30 Agustus 2021 - 11:43 WIB
Clubhouse resmi meluncurkan fitur audio spasial terbaru. Dimana fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk larut dalam percakapan dan membuat pembicara yang mendengarkan kita terasa lebih nyata. Fitur ini akan tersedia untuk pengguna iOS dan akan diluncurkan pula bagi pengguna Android.
Bagi para pendengar, fitur audio spasial ini dapat meniru cara kita menangkap dan memproses suara ketika berada di ruangan yang sama. Caranya dengan mengatur jarak masing-masing speaker, headset bluetooth atau sistem stereo yang terdapat dalam mobil.
Lebih lanjut, sumber musik atau stereo juga akan diposisikan sedemikian rupa untuk menjaga jarak antar musik itu sendiri. Sementara, bagi para kreator, fitur ini akan membuka lebih banak peluang untuk berkreasi dan bereksperimen dengan kekuatan audio yang ada pada aplikasi.
Cara Kerja Fitur Audio Spasial
Untuk menciptakan pengalaman audio spasial ini, software yang ada di Clubhouse pertama-tama menetapkan posisi untuk setiap pembicara di sebuah “room”, dan secara merata menetapkan posisi tersebut agar seluruh pengguna dapat merasakan pengalaman mendengarkan suara dengan lebih jelas dan maksimal.
Kemudian software ini mengaktifkan HRTF dan beberapa pemroses suara tambahan untuk tiap suara agar suara yang dikeluarkan oleh pembicara terdengar seakan-akan datang dari satu posisi spesifik. Software ini bahkan bisa diaplikasikan ke dalam sumber stereo, misalnya musik, untuk kemudian memberikan pengalaman dan efek stereo layaknya di suatu lingkungan spasial.
Creator Commons
Selain meluncurkan ikon aplikasi baru, Clubhouse juga meluncurkan Creator Commons, sebuah wadah untuk mendukung kesuksesan para creator di Clubhouse. Di sana, para pengguna bisa mendapatkan informasi seputar Clubhouse, dan tips untuk membantu kreator merencanakan dan membuat klub, serta menentukan topik yang menarik untuk dibahas.
Para pengguna juga mendapatkan informasi lengkap tentang bagaimana cara bekerjasama dengan brand serta agensi. Intinya, para pengguna dapat mengakses Creator Commons untuk mengetahui semua yang dibutuhkan oleh seorang kreator untuk mencapai kesuksesan di Clubhouse.
Leah Lammarr Jadi Ikon Terbaru Clubhouse
Leah Lammar ditunjuk sebagai ikon terbaru untuk Clubhose pada September 2021 mendatang. Leah adalah penggagas klub “Hot on the Mic”, salah satu acara komedi paling populer di Clubhouse.
Perjalanan Leah di Clubhouse dimulai pada Desember 2020 lalu ketika dia merasa kesepian setelah putus cinta dan bergabung di Clubhouse untuk konsultasi dan bertanya kepada pakar hubungan asmara.
Saat di atas panggung ia melontarkan beberapa candaan dan dihebohkan dengan gelak tawa dan tanggapan positif dari para pendengarnya. Sejak saat itu, dia menjadikan misinya untuk membantu calon komedian lainnya untuk mengungkapkan apa yang ingin mereka sampaikan dan meningkatkan jumlah pendengar mereka di Clubhouse.
Kegiatan yang secara reguler diadakan di Clubhouse berhasil mendatangkan ratusan bahkan ribuan pendengar dari seluruh dunia. Bahkan, ia berhasil membuat para penggemarnya untuk datang langsung untuk menyaksikan ke sesi pertunjukannya secara langsung.
Leah saat ini menjalin kerjasama dengan sesama creator di Clubhouse, seperti stand-up comedian, Dane Cook, di Cosmopolitan Resort & Casino, Las Vegas, dan tampil di sesi komedian Russell Peters di Tampa Improv, sebuah teater khusus komedi.
Dalam beberapa minggu ke depan, Leah juga dikabarkan akan menjadi bintang utama di sebuah klub komedi, House of Comedy di Phoenix, dan menjadi penampil pembuka di pertunjukkan komedi dari komedian Dane Cook, di kasino Harrah di SoCal.
Di Clubhouse, di mana kini sudah tersedia fitur “tipping” (memberi tip), kerjasama sponsor, serta pertunjukan secara langsung, membuat Leah memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan hariannya dan berkomitmen penuh menjadi komedian.
Clubhouse mengonfirmasi bahwa terdapat lebih dari 700.000 rooms yang dibuat setiap harinya. Angka ini naik dari 300.000 pada Mei 2021 lalu.
Baca juga, Rencana Youtube Hadirkan Fitur Picture-in-picture untuk Pengguna iOS
Artikel Terkait
Rencana Youtube Hadirkan Fitur Picture-in-picture untuk Pengguna iOS
Youtube telah mendukung tampilan Picture-in-picture pada perangkat Android sejak 2018. Kali ini, ..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250
Twitter Lakukan Uji Coba Spaces Berbayar untuk Beberapa Pengguna iOS
Twitter mulai meluncurkan fitur Spaces berbayar pada beberapa pengguna iOS. Perusahaan tersebut m..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250
Sorot Pencarian Visual, Snapchat Tingkatkan Fitur Kamera
Snapchat meningkatkan fitur pencarian visualnya dan menempatkannya di tengah aplikasi. Aplikasi i..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250
Hadir di Indonesia! Samsung BESPOKE Home Appliances Tampil Aesthetic
Samsung Electronics Indonesia resmi memperkenalkan rangkaian Samsung BESPOKE Home Appliances di I..
- by Jihan Nasir
- 3 tahun lalu
- 3,250