Tempe Mendoan Tampil di Google Doodle Hari ini

0
Tempe Mendoan
Foto: Google Doodle

Gadgetdiva.id — Google Doodle hari ini (29/10) menampilkan ilustrasi Tempe Mendoan pada laman beranda pencarian Google. Ilustrasi ini dibuat oleh seorang ilustrator asal Indonesia.

“Hari ini, Doodle merayakan Tempe dan ilustrasinya dibuat oleh seniman tamu Reza Dwi Setyawan yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah Indonesia,” ungkap Google dalam laman Google Doodlenya pada Sabtu, 29 Oktober 2022.

Dalam rangka merayakan umur tempe yang telah mencapai lebih dari 400 tahun, Google Doodle membawa ilustrasi tempe mendoan. Ilustrasi tempe mendoan ini terinspirasi dari kehadiran tempe dalam kesehariannya.

Layaknya kita yang pasti menemukan tempe dalam hampir di setiap sajian makanan Indonesia yang kita temukan. Entah itu di rumah, restoran, kaki lima bahkan acara-acara tertentu.

“Tempe selalu ada di sekitar saya, saya menggambar apa saja yang saya temukan setiap harinya — bagaimana cara kita berinteraksi dan dihadapkan dengan hidangan setiap hari,” tutur Reza.

Seperti yang kita ketahui, tempe merupakan makanan hasil fermentasi yang berasal dari Indonesia. Tempe terbuat dari kedela, kacang-kacangan, biji-bijian dengan proses fermentasi yang sama. Umurnya kini telah menginjak 400 tahun.

Kali ini, Doodle menampilkan ilustrasi Tempe Mendoan yang menjadi salah satu varian dari Tempe goren di Indonesia. Merupakan bagian ikonik dari masakan Indonesia yang telah dinyatakan sebagai Warisan Budaya Takbenda tepat di tanggal 29 Oktober 2021 lalu.

Tempe sendiri pertama kali didokumentasikan pada tahun 1600-an di Desa Tembayat, Klaten, Jawa Tengah. Tercatat dalam Serat Centhini, kompilasi dua belas jilid kisah dan ajaran Jawa, ditulis dalam bentuk syair dan diterbitkan pada tahun 1814.

Ada banyak cara untuk mengonsumsi tempe. Namun, karena memang rasanya yang enak, tempe goreng telah menjadi hidangan tempe yang paling populer. Tempe goreng biasanya dihidangkan dengan berbagai jenis sambal dan kecap manis.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini