Riset Populix Nyatakan 72 Persen Orang Indonesia Doyan Belanja Online

0
Pinjol

Gadgetdiva.id — Survei baru Populix menemukan bahwa sekitar 72 persen masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk belanja online. Survei tersebut dirilis pada Selasa (21/3).

Dari angka 72 persen tersebut, ditemukan bahwa masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk berbelanja melalui smartphone. Sedangkan, ditemukan bahwa 89 persen masyarakat Indonesia kini sudah terhubung dengan internet.

Berdasarkan survei tersebut, dapat disimpulkan bahwa terjadi perubahan perilaku masyarakat dalam berbelanja. Sehingga, membuat sebuah tren baru yang dikenal dengan omnichannel.

Oleh sebab itu, survei Populix kali ini bertajuk Omnichannel Digital Consumption Report 2023. Guna membantu para pelaku bisnis dalam memahami perilaku masyarakat Indonesia.

Belanja Online

Sebagai informasi tambahan, omnichannel sendiri berarti sebuah strategi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan agar dapat menemukan dan terhubung dengan bisnis di berbagai channel.

“Di tengah pesatnya penetrasi internet dan akselerasi digital, para pelaku bisnis perlu terus beradaptasi dengan cara konsumen mengakses informasi dan bertransaksi seiring dengan pergeseran tren pasar yang muncul berkat adopsi internet dan perangkat digital saat ini,” ungkap Co-Founder dan CEO Populix Dr. Timothy Astandu dalam pernyataan resminya. 

Survei Populix Omnichannel Digital Consumption Report 2023

Survei terbaru terkait perilaku belanja online masyarakat Indonesia ini dilakukan terhadap sekitar 1.722 responden laki-laki dan perempuan berusia 17-55 tahun. Berdasarkan survei tersebut, ditemukan bahwa para pengguna smartphone kini lebih banyak menggunakan aplikasi ponsel untuk bertransaksi.

Mereka juga ditemukan semakin aktif dalam mencari informasi sebelum memutuskan untuk membeli produk. Ditemukan bahwa 59 persen dari mereka menyatakan kalau mereka secara aktif mencari review produk melalui smartphone.

Belanja Online

Salah satu yang aplikasi yang paling banyak digunakan masyarakat dalam mencari review adalah TikTok. Adapun tiga informasi review produk yang paling dicari ialah produk, testimoni dari pembeli lain dan harga.

Ditemukan pula bahwa ada konten-konten yang dicari oleh masyarakat di media sosial. Sebnayak 76 persen masyarakat mencari foto atau video yang menghibur, 67 peren mencari review produk, 63 persen mencari informasi kuliner, 62 persen mencari berita viral, 50 persen berbelanja di media sosial, 49 persen mencari inspirasi fashion dan 49 persen mencari inspirasi skincare.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan