Profil CEO TikTok Shou Zi Chew, Pernah Lalang Buana ke Hutan Kalimantan

0
CEO TikTok
Foto: Reuters

Gadgetdiva.id — Satu minggu belakangan ini, CEO TikTok Shou Zi Chew menjadi sorotan. Setelah dirinya menghadapi beragam pertanyaan mencecar dari Kongres Amerika Serikat.

Para anggota Kongres AS menyakini bahwa aplikasi yang dipimpinnya ini berpotensi mengancam keamanan nasional bagi negara tersebut. Membuat CEO TikTok Shou Zi Chew harus melawan tuduhan tersebut di depan umum.

Di samping itu, bagaimana sih latar belakang dari CEO TikTok Shou Zi Chew? Seperti apa lika-likunya sebelum menjadi CEO dari perusahaan tersebut?

Mengintip Profil CEO TikTok Shou Zi Chew

Kilas balik sedikit, CEO TikTok Shou Zi Chew lahir dan dibesarkan di Singapura. Dirinya keturunan Tionghoa yang berbahasa Mandarin dan Inggris.

Di usia 12 tahun, hidupnya berubah. Shou diterima di sebuah sekolah elit, sebelum dia menjalani dua setengah tahun wajib militer.

Omong-omong seputar wajib militer, Shou Zi Chew ini menjalankan wajib militernya di sebuah hutan di kawasan Kalimantan selama lima hari. Dia mengungkap kepada The Guardian bahwa pengalaman tersebut merupakan hal yang paling melelahkan selama hidupnya.

CEO TikTok
Foto: Reuters

Kemudian, CEO TikTok ini menyelesaikan studi mereka di London, Hong Kong dan Beijing. Di University College London dia belajar seputar ekonomi. Lalu, dia mengambil gelar MBA di Harvard.

Jauh sebelum menjadi CEO TikTok, dia pernah mangang di Facebook. Kemudian bekerja di Goldsman Sachs, lalu DST Global, sebuah perusahaan modal ventura yang dipimpin oleh pengusaha Rusia.

Selama bekerja di DST Global, Shou berinvestasi di ByteDance dan Xiaomi. Dia menghabiskan lima tahun untuk bekerja di Xiaomi.

Di tahun 2019, dirinya ini diangkat sebagai International Business President Xiaomi. Lalu, beralih ke ByteDance dan menjadi CFO di perusahaan tersebut.

CEO TikTok
Foto: Reuters

Shou kemudian mengundurkan diri dari ByteDance dan berfokus untuk mengembangkan TikTok di tahun 2021. Hingga, saat ini dirinya menjabat sebagai CEO TikTok.

Dia menikah dengan Vivan Kao dan dikaruniai dua orang anak. Keduanya bertemu saat mengemban pendidikan MBA di Harvard Business School.

Gemilangnya karir Zhou di bidang Teknologi ini membuatnya menyabet ranking dalam daftar Fortune 40 under 40 pada 2021.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan