Life

3 April, 50 Tahun Lalu Pertama Kali Perangkat Ini Ditemukan

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Mungkin banyak yang tidak tahu jika tanggal 3 April adalah hari pertama kali perangkat ponsel ditemukan di dunia. Tepatnya, pada 3 April 1973, atau sekitar 50 tahun lalu.

Jika pada 3 April, 50 tahun lalu, ponsel ditemukan dan masih menjadi barang yang mewah dan besar, kini semua berubah. Siapa sangka jika ponsel telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari yang tak terpisahkan.

Ponsel pertama yang ditemukan 50 tahun lalu pada 3 April adalah DynaTAC buatan Motorola. Kala itu, ponsel telah sempurna berkat kecanggihan dari tangan Martin Cooper, seorang karyawan Motorola.

3 april

3 April, 50 Tahun Lalu

Kala itu, ponsel berukuran besar dan berat. Tidak heran jika banyak yang menyebutnya sebagai ‘batu bata’. DynaTAC sendiri merupakan singkatan dari Dynamic Total Area Coverage. Di dalamnya berisi 30 papan sirkuit, tingginya sembilan inci, dan beratnya 2,5 pound. Ini merupakan ponsel pertama yang benar-benar membutuhkan waktu sekitar 10 jam untuk terisi penuh. Setelah 10 jam diisi daya, percakapan hanya bisa berlangsung sekitar 35 menit saja.

Tidak hanya berat dan besar serta memiliki daya tahan yang sebentar, harga DynaTAC pun mahal. Kala itu, harganya sekitar (jika dihitung nilai rupiah saat ini) Rp158 juta.

Meski ditemukan pada 1973, baru 10 tahun kemudian ponsel itu dikomersilkan karena mencari formula untuk membuat ponsel dijual lebih murah. Namun apa daya, harganya tetap mahal.

Yang menarik saat pertama kali ponsel ditemukan 3 April lalu, Cooper melakukan panggilan telepon pertamanya. Kala itu, yang ditelepon adalah ahli telepon seluler di perusahaan pesaing Motorola, AT&T.

“Saya menelepon kamu langsung dari ponsel. Ponsel yang sebenarnya! Personal, bisa digenggam dan dibawa kemana saja,” kata Cooper kala itu.

Siapa sangka, empat dekade kemudian jumlah perangkat selular yang beredar lebih banyak dari populasi manusia itu sendiri. Diperkirakan, pada 2025 nanti, jumlah perangkat selular akan mencapai angka 18 miliar unit, meskipun didominasi oleh smartphone, bukan ponsel.

Smartphone saat ini memang lebih canggih ketimbang ponsel buatan Cooper. Namun meski kini lebih banyak smartphone yang beredar, bukan berarti ponsel tidak lagi ada di dunia ini. 2021 lalu, Pew Research Center menyebut jika masih ada 11 persen pengguna ponsel, setidaknya digunakan oleh orang tua di Amerika dan sekolah.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

Suka dengan artikel di atas? Click to DONATE


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Kisah Kevin, Mantan TKI di Jepang yang Kini Jadi Fotografer Penjelajah Dunia
Life

Kisah Kevin, Mantan TKI di Jepang yang Kini Jadi Fotografer Penjelajah Dunia

Kisah Kevin, mantan TKI di Jepang, yang kini menjadi fotografer penjelajah dunia. Dari perjuangan hi..

SKINFOOD Hadirkan Skincare Berbahan Dasar Wortel
Life

SKINFOOD Hadirkan Skincare Berbahan Dasar Wortel

SKINFOOD menghadirkan seri produk Carrot Carotene, yaitu Carrot Carotene Relief Cream, Carrot Carote..

Paket Murah Dorong Netflix Capai 40 Juta Pengguna Aktif Bulanan
Life

Paket Murah Dorong Netflix Capai 40 Juta Pengguna Aktif Bulanan

Netflix mencapai 40 juta pengguna aktif bulanan dengan paket murah, mendorong pertumbuhan pelanggan ..

Telkomsel dan BiliBili Dukung Komunitas Konten Kreatif dengan Paket Bundling Premium
Life

Telkomsel dan BiliBili Dukung Komunitas Konten Kreatif dengan Paket Bundling Premium

Telkomsel dan BiliBili hadirkan paket bundling premium dengan kuota MAXstream untuk dukung komunitas..

Glasgow College Bikin Kelas Master Taylor Swift untuk Para OrangTua!
Life

Glasgow College Bikin Kelas Master Taylor Swift untuk Para OrangTua!

Gadgetdiva – Sukses musikal Taylor Swift tak hanya menyentuh hati penggemarnya, tetapi juga..


;