Sekjen Kominfo Mira Tayyiba Sebut 2 Kunci Penting Perempuan Kuasai Teknologi

0
mira tayyiba

Gadgetdiva.id — Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Mira Tayyiba menekankan kapasitas sumberdaya manusia dan penguasaan teknologi digital sebagai aspek penting agar perempuan mengambil peran lebih dalam ekosistem industri digital. Hal ini diungkapnya saat saat mendampingi Menkominfo Budi Arie Setiadi menerima kunjungan peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat I Angkatan LXII Tahun 2023 Lembaga Administrasi Negara.

Menurut dia, kalau mau bicara mengenai peran perempuan dalam ekonomi digital yang pertama sebagai pelaku sektor digital itu sendiri. Ini yang masih menjadi tantangan, misalnya STEM (Sains, Technology, Engineering, Math).

“Tingkat ketertarikan perempuan untuk masuk STEM masih sangat terbatas,” ujarnya di Kantor Kementerian Kominfo, beberapa waktu lalu.

mira tayyiba
Ilustrasi perempuan dan teknologi.

Adapun hal kedua, Sekjen Mira Tayyiba menyatakan perempuan sebagai pengguna teknologi digital perlu meningkatkan kecakapan digital. Menurutnya, saat ini Kementerian Kominfo sudah menyusun Peta Jalan Indonesia Digital. Dalam roadmap tersebut salah satu upaya yang dilakukan adalah pengembangan talenta atau SDM digital melalui pelatihan tingkat dasar hingga lanjutan.

“Misalnya Digital Entrepreneurship Academy (DEA), merupakan salah satu pelatihan dari program talenta digital yang memang fokus kepada perempuan dan 61% pesertanya adalah perempuan,” jelasnya.

Mira Tayyiba Soal Perempuan dan Teknologi

Guna menunjang produktivitas kaum perempuan di ranah digital, Sekjen Mira Tayyiba memberikan saran kepada peserta PKN Tingkat I LXII LAN agar terus memberikan perhatian lebih kepada perempuan untuk bisa memanfaatkan berbagai potensi dari berkembangnya industri digitalisasi di Indonesia.

“Untuk melengkapi policy briefing memang kalau untuk digitalnya sudah tepat, tapi kalau boleh usul digital itu adalah ekosistem yang punya kemampuan digital. Kemudian bisa berwirausaha, misalnya bisnis lebih tinggi maka akses pembiayaan perempuan juga harus dipikirkan,” tuturnya.

Sekjen Kementerian Kominfo menilai kemudahan bisnis untuk UMKM perempuan juga harus dipermudah dengan menanamkan prinsip kemampuan digital. Sehingga untuk merealisasikan ke dalam suatu bentuk usaha seperti e-commerce memerlukan model atau program yang telah disiapkan.

“Jadi akses itu sebaiknya juga dilengkapi dalam policy brief karena ini mengakselerasi ekonomi digital harus ada nilai ekonominya. Bicara soal UMKM pada umumnya, akses pembiayaan dan sebagainya harus menjadi satu ekosistem yang melengkapi bagaimana perempuan dengan keterampilan digitalnya bisa mengakselerasi ekonomi digital,” jelasnya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan