Google Bard Luncurkan Model AI Gemini

0
Google

Gadgetdiva.id — Google dikabarkan meluncurkan model AI Gemini yang akan digunakan untuk chatbot-nya yakni, Google Bard. Model AI ini diluncurkan pada Kamis (7/12).

Model AI Gemini terbaru ini merupakan yang tercanggih dari Google. Model ini disebut dapat memberikan kemampuan pada Bard terkait penalaran, perencanaan, pemahaman dan kemampuan lainnya yang lebih canggih.

Gemini ini hadir dalam tiga ukuran, yakni Ultra, Pro dan Nano. Dimana berfungsi untuk menjalankan apa saja. Mulai dari perangkat seluler hingga pusat data.

Peluncuran Gemini pada chatbot Bard ini akan berlangsung dalam dua tahap. Pada tahap pertama, Bard akan di-upgrade dengan versi khusus dari Gemini Pro.

Tahun depan, Google akan mengenalkan Bard Advanced yang akan memberi pengguna akses ke model AI terbaik. Model tersebut dimulai dari Gemini Ultra.

Gemini

Versi Bard dengan Gemini Pro pertama kali akan tersedia dalam bahasa Inggris di lebih dari 170 negara dan wilayah di seluruh dunia. Serta, tersedia di lebih banyak bahasa dan negara. Termasuk Uni Eropa dan Inggris.

Sebelum diluncurkan ke publik, Gemini Pro akan dijalankan melalui serangkaian tolok ukur standar industri dan dalam enam dari delapan tolok ukur tersebut, Gemini menungguli GPT-3.5. Termasuk kinerja yang lebih baik pada MMLU alias tugas pemahaman bahasa multitask yang masif dan merupakan salah satu standar utama untuk mengukur model AI besar.

Menurut TechCrunch, peningkatan ini akan membuat Bard lebih mampu dalam hal-hal seperti memahami dan meringkas konten, penalaran, curah pendapat, serta penulisan maupun perencanaan.

“Ini adalah peningkatan kualitas tunggal terbesar dari Bard sejak kami luncurkan,” ungkap VP sekaligus GM Google Assistant dan Bard Sissie Hsiao dalam konferensi persnya.

Pertama-tama, Gemini akan mendukung perintah berbasis teks di Bard. Lalu, diperluas ke dukungan multimodal seperti teks, gambar atau modalitas lainnya dalam beberapa bulan mendatang.

Di tahun 2024, Bard Advanced akan diluncurkan dan menjadi pengalaman baru yang didukung oleh model Gemini yang paling mumpuni. Dengan Gemini Ultra, AI dapat memahami dan bertindak berdasarkan berbagai jenis informasi seperti teks, gambar, audio, video maupun kode.

Versi AI ini memiliki kemampuan penalaran multimodal. Termasuk juga dapat memahami, menjelaskan dan menghasilkan kode berkualitas tinggi dalam bahasa pemrograman populer. Pembaruan ini tampaknya merupakan hal yang ditunggu-tunggu.

Perusahaan ini mengatakan akan meluncurkan program penguji tepercaya untuk Bard Advanced sebelum membukanya secara lebih luas kepada pengguna pada awal tahun depan. Selain itu, Google akan menempatkan Bard Advanced melalui pemeriksaan keamanan tambahan sebelum diluncurkan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan