Tips cegah penyalahgunaan saat terhubung layanan keuangan digital
- by Jihan Nasir
- Sabtu, 16 November 2019 - 18:36 WIB
Layanan keuangan digital merupakan layanan jasa pembayaran dan keuangan yang menggunakan sarana teknologi digital seluler yang memberikan kemudahan bagi setiap penggunanya.
Walaupun menggunakan teknologi terkini, layanan digital banking di desain sesimpel mungkin, termasuk pada fitur-fiturnya. Untuk itu pengguna dapat memakainya dengan mudah tanpa perlu memiliki pengetahuan khusus tentang penggunaan layanan berteknologi digital ini.
Dengan menggunakan uang digital atau elektronik atau e-money pengguna bisa melakukan transaksi pembayaran dengan cukup menggunakan smartphone, namun pengguna sudah tidak lagi bertransaksi dengan menggunakan uang cash.
Bukan hanya mengubah cara transaksi pembayaran, namun juga dengan adanya layanan keuangan digital ini yang tentunya membuat terjadinya perkembangan jaman dan teknologi yang mampu mengubah pula cara kita menyimpan uang di bank.
Transaksi layanan uang digital ini memiliki manfaat selain memudahkan transaksi, layanan ini juga memiliki manfaat lainnya yaitu mengurangi antrean panjang dan juga pengembalian uang dilakukan secara utuh.
Seperti, layanan perbankan elektronik ini memberikan akses langsung ke server milik bank untuk memperoleh informasi tabungan, melakukan komunikasi, dan melakukan transaksi perbankan.
Dibalik semua itu, menggunakan cara ini memang memudahkan transaksi pembayaran dimana saja melalui smartphone pengguna, tapi mempunyai sejumlah resiko seperti penyalahgunaan, uang tidak dapat dicairkan, wajib terkoneksi internet atau harus memiliki pulsa dan juga rawan terhadap penipuan.
Yang wajib pengguna ketahui, layanan keuangan digital ini pastinya menggunakan nomer telepon atau Sim Card. Nah, untuk layanan keuangan digital seperti SMS atau Mobile Banking. Dompet digital tidak dapat di nonaktifkan secara langsung ketika pelanggan berhenti menggunakan nomer / Sim Card.
Lakukan tips berikut untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan layanan keuangan:
- Bagi pelanggan layanan pasca bayar, pastikan pelanggan sudah melakukan pembayara tagihan berjalan sebelum melakukan penutupan layanan.
- Lapor ke Bank yang bersangkutan untuk menghentikan autodebet rekening atau kartu kredit terhadap layanan pasca bayar.
- Hubungi penyedia layanan perbankan / Fintech untuk menghentikan layanan keuangan Mobile Banking. SMS Banking, atau dompet digital yang terhubung dengan layanan / prabayar.
Baca juga, Telkomsel kenalkan industri digital kreatif untuk generasi millennial
Artikel Terkait
Tampilan sembunyikan jumlah 'Like', Instagram lakukan uji coba ke Indonesia
Aplikasi Instagram baru-baru ini mengumumkan kebijakan sembunyikan jumlah “like” pada..
- by Jihan Nasir
- 4 tahun lalu
- 3,250
Bengini cara senyapkan dering notifikasi Gadget ketika malam hari
Setiap harinya, Gadget bisa dibilang suatu perangkat yang tidak pernah lepas dari genggaman parad..
- by Jihan Nasir
- 4 tahun lalu
- 3,250
GoFood kembali menggelar festival promo MaMiMuMeMo 2
GoFood kembali hadirkan Festival Promo Makan Minum Murah Menang Mobil-Motor Mobile Phone (MaMiMuM..
- by Jihan Nasir
- 4 tahun lalu
- 3,250
Halodoc Gandeng Artis BCL Luncurkan Kampanye #TanyaDokterAsli
Ajak Masyarakat Akses Informasi Kesehatan dari Dokter Tepercaya, Aplikasi layanan kesehatan, Halo..
- by Jihan Nasir
- 4 tahun lalu
- 3,250