News

5 Fitur baru pada Android 11 yang mirip punya iPhone

post-img

Source : gadgetDiva

Google memperkenalkan Android 11 ke publik dengan membawa banyak fitur baru. Sejumlah fitur baru dengan banyak perkembangan ini disebut mirip dengan fitur-fitur milik iPhone.

Sebelumnya, perilisan sistem ini diundur dari tanggal yang sudah ditentukan. Namun, pada hari Rabu (10/6/2020) lalu, sistem ini ditunjukan ke publik untuk pertama kalinya dengna membawa sejumlah fitur baru.

Begini Pola New Normal di Mall Senayan City

Beberapa fitur yang dibawanya tersebut terlihat cukup familiar khususnya bagi para pengguna iOS. Berikut adalah 5 fitur baru dari Android 11 yang serupa dengan fitur milik iPhone.

OS-LEVEL SMART HOME CONTROL

Salah satu perubahan baru yang paling mencolok dari Android 11 adalah ketersediaan kontrol smart home yang bisa memantau rumah kita kapan saja. Melalui menu tombol daya tekan lama Google yang baru.

Mirip dengan sistem iOS, kamu dapat menambahkan kontrol perangkat HomeKit ke menu Control Center Apple di iOS 10. Kamu dapat dengan mudah mengontrol smart device yang telah terkoneksi dengan Google Home dari mana saja di Android.

ONE-TIME PERMISSION

Merupakan fitur yang pertama kali diperkenalkan oleh iOS 13 tahun lalu. Lalu, Android 11 saat ini juga membawa fitur yang serupa. Dimana melalui fitur ini pengguna dapat menyetujui izin untuk hal-hal seperti, mengakses lokasi atau mengakses kamera. Jadi, Android akan memberi akses ke sumber yang terproteksi, namun hanya dalam satu waktu.

Namun, versi miliki Googlde akan jauh lebih berkembang. Kamu dapat memberi izin yang diperpanjang. Akan tetapi, jika kamu telah lama tidak menggunakannya, maka pengaturannya akan direset secara otomatis.

EASY MEDIA SWITCHING CONTROLS

Dengan pola yang sama, Google akan membuat fitur ini lebih mudah digunakan. Jadi, pengguna dapat menggunakan media seperti, Google Home Speakers atau bluetooth melalui menu drop-down notifikasi di Android 11. Hal ini serupa dengan fitur yang dimiliki oleh sistem iOS.

INTERFACE SCREENSHOT

Android menghadirkan fitur screenshot interface yang lebih baru. Tampilan UInya mirip dengan yang diperkenalkan oleh iOS 11. Dimana setelah kita melakukan screenshot, nantinya layar kita akan menampilkan preview hasil tangkapan pada sudut bawah layar.

NATIVE SCREEN RECORDING

Fitur screen recording pada sistem Android 11 akan lebih mudah diakses. Pengguna dapat menggunakannya lewat menu Quick settings. Google sebenarnya telah menampilkan fitur ini dalam beta sebelumnya. Hanya saja fitur ini kembali dihapus sebelum benar-benar diluncurkan.

Baca juga, Google menunda peluncuran Android 11 versi beta


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Twitter tak lagi melakukan ujicoba fitur emoji reaction
News

Twitter tak lagi melakukan ujicoba fitur emoji reaction

Twitter dikabarkan sedang melakukan eksperimen terhadap fitur reaksi yang memungkinkan para pengg..

Begini Pola New Normal di Mall Senayan City
News

Begini Pola New Normal di Mall Senayan City

Memasuki fase New Normal, Mall Senayan City sebagai salah satu mall terbesar di Jakarta telah men..

Sekarang kamu bisa transfer data ke iPhone baru lewat aplikasi Signal
News

Sekarang kamu bisa transfer data ke iPhone baru lewat aplikasi Signal

Paradiva, abis beli iPhone baru? Tapi, bingung cara transfer data dari iPhone yang lama? Nah, sek..

Google Maps tampilkan peringatan terkait COVID-19 saat berpergian
News

Google Maps tampilkan peringatan terkait COVID-19 saat berpergian

Pembaruan Google Maps membawa peringatan terkait COVID-19 bagi para penggunanya. Fitur baru ini s..


;