Di tengah pandemi, Kemendag ajak Facebook berdayakan UMKM Indonesia

Di tengah pandemi, Kemendag ajak Facebook berdayakan UMKM Indonesia
News

Di tengah pandemi, Kemendag ajak Facebook berdayakan UMKM Indonesia

Di tengah pandemi, Kemendag ajak Facebook berdayakan UMKM Indonesia

Di tengah pandemi, Kemendag ajak Facebook berdayakan UMKM Indonesia # Sumber : gadgetDiva

Melalui kampanye virtual #TumbuhdiFacebook, Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Facebook menghadirkan penyelenggaraan berbagai kegiatan edukasi, diskusi, hingga festival belanja.

Program yang berlangsung pada Oktober 2020 sampai Januari 2021 ini dihadirkan untuk membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal bertahan di tengah pandemi.

Youtube hadirkan fitur AI Noise Cancellation untuk Storiesnya di iOS

Peluncuran program kolaborasi Kemendag dan Facebook tersebut diselenggarakan secara virtual pada Sabtu (3/10). Turut hadir dalam acara ini Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra dan Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari. 

“Melalui kolaborasi ini, para pelaku UMKM lokal diharapkan akan memiliki keahlian dan wawasan baru untuk bertahan, bertumbuh, bahkan menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dengan bantuan platform daring seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp,” ujar Agus Suparmanto, selaku Menteri Perdagangan

Agus melanjutkan bahwa kolaborasi ini merupakan bentuk konkret pentingnya kerja sama pemerintah dan pihak swasta dalam mendukung program pemerintah ‘Bangga Buatan Indonesia’ dan ketahanan UMKM lokal, serta mendorong pergerakan roda perekonomian tanah air.

Sebagai langkah awal kolaborasi, Kemendag dan Facebook menyelenggarakan pelatihan virtual Akademi Instagram untuk membantu para pelaku UMKM di seluruh Indonesia memaksimalkan penggunaan platform digital dalam mengembangkan usaha mereka.

Sementara itu dalam sambutannya, Syailendra menyampaikan, UMKM berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di banyak negara. Namun, saat ini mereka tengah menghadapi tantangan luar biasa.

“Pandemi Covid-19 menuntut mereka beradaptasi dan bertransformasi ke arah digital. Untuk itu, seluruh rangkaian kegiatan dalam kolaborasi ini diharapkan dapat menginspirasi dan membantu lebih banyak UMKM untuk menerapkan pendekatan digitalisasi dalam upaya tumbuh kembang usaha mereka,” jelas Syailendra.

Sementara itu, Ruben menyampaikan, di tengah situasi pandemi, Facebook memahami bahwa beralih ke platform daring merupakan sebuah keniscayaan bagi para pelaku UMKM. 

“Di sisi lain, kami juga menyadari bahwa adopsi digital bukan hal yang mudah untuk diterapkan karena masih banyak kelompok masyarakat yang belum dapat memaksimalkan penggunaan layanan digital. Untuk itu, kami senang sekali dapat berkolaborasi dengan Kemendag dalam meluncurkan serangkaian kegiatan yang bisa mendorong transformasi digital UMKM Indonesia,” terang Ruben. 

Mendag berharap rangkaian kegiatan dalam kerja sama ini tidak hanya bermanfaat untuk melengkapi para UMKM dengan ilmu-ilmu dan tips-tips praktis, tapi sekaligus dapat memberikan ide-ide segar. “Dengan begitu, pelaku UMKM dapat meningkatkan produktivitas dan penjualan mereka melalui aplikasi digital dari Facebook,” pungkas Mendag

Dalam program kolaborasi ini, akan dilaksanakan 10 kegiatan yang melibatkan pelaku UMKM, perwakilan perdagangan, dan pegawai Kemendag.

Adapun beberapa rangkaian kegiatan tersebut meliputi dua sesi pelatihan virtual Optimalisasi Sosial Media untuk pegawai Kemendag, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC), dan Atase Perdagangan, siaran pers bersama untuk mengumumkan program kolaborasi Facebook Family of Apps dan Kemendag, kelas pelatihan dasar bagi UMKM lokal untuk go digital di masa adaptasi kebiasaan baru dengan memanfaatkan Facebook dan Instagram dalam berbisnis, serta sesi bincang bisnis inspiratif bersama Kemendag, perwakilan Facebook Companies, dan seorang figur publik pengusaha.

Selain itu, akan dilakukan juga serangkaian penayangan konten IGTV series #BanggaBuatanIndonesia, kelas pelatihan lanjutan seputar fitur Facebook dan Instagram Shops, Masterclass Facebook sebagai wadah diskusi dan saling berbagi inspirasi antara sesama pelaku UMKM di Facebook Indonesia Page, bazar virtual yang ditayangkan secara langsung (live) di Instagram, pelatihan Facebook Laju Digital bagi alumni Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI), serta Kolaborasi program #SheMeansBusiness dari Facebook, bersama Kemendag dan Femina untuk mengadakan pelatihan dan bincang-bincang virtual (virtual talk) bagi para perempuan wirausaha Indonesia.

Baca juga, FarmVille akan ditutup Facebook setelah 11 Tahun


author-img_1

Jihan Nasir

Reporter

Artikel Terkait

Gojek berikan beasiswa pendidikan untuk putra-putri mitra driver
News

Gojek berikan beasiswa pendidikan untuk putra-putri mitra driver

Menyambut tahun ajaran baru perkuliahan sekaligus bertepatan dengan hari jadi ke-10 tahun Gojek, ..

Youtube hadirkan fitur AI Noise Cancellation untuk Storiesnya di iOS
News

Youtube hadirkan fitur AI Noise Cancellation untuk Storiesnya di iOS

Youtube baru saja menambah fitur Noise Cancellation dengan teknologi AI untuk para Youtube Creato..

Rayakan Hari Batik Nasional, Snapchat luncurkan Lens Portal Batik
News

Rayakan Hari Batik Nasional, Snapchat luncurkan Lens Portal Batik

Dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional, Snapchat luncurkan Lens Portal Batik. Mengingat hari ..

Gojek gandeng Unilever ciptakan platform B2B, GoToko
News

Gojek gandeng Unilever ciptakan platform B2B, GoToko

Saat ini Gojek dan Unilever umumkan kerja sama strategis melalui GoToko yang baru saja diluncurka..


;